Tips-Mendapatkan-Beasiswa-Di-Luar-Negeri

Tips Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri

Diposting pada

Tips Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri – Biasanya beberapa pilihan universitas yang sangat populer di beberapa negara menerapkan biaya perkuliahan yang cukup mahal. Kondisi ini yang membuat Anda bisa mencoba untuk mencari beasiswa.

Saat ini ada banyak pilihan beasiswa yang bisa menjadi pilihan. Mungkin Anda bisa mencoba beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa di Luar Negeri.

Dilansir dari website penyedia info beasiswa terbaru, beasiswa-id.net berikut 7 tips bagaimana cara mudah mendapatkan beasiswa dari Universitas luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri Dengan Mudah

Tips-Untuk-Mendapatkan-Beasiswa-di-Luar-Negeri

Beberapa cara atau tips mendapatkan beasiswa di Luar Negeri akan membantu Anda untuk mengatasi persoalan biaya yang cukup mahal.

Namun, Anda harus memilih beasiswa dengan ketentuan dan persyaratan yang tidak terlalu rumit, dengan melakukan beberapa tips dibawah ini.

1. Mencari Informasi

Tentu saja tips untuk mendapatkan beasiswa di Luar Negeri adalah dengan mulai mencari informasi yang berasal dari berbagai sumber.

Anda bisa menggunakan informasi yang berada di situs resmi dari universitas atau beberapa organisasi internasional yang sering memberikan beasiswa.

Selain itu, saat ini juga sudah sering dilakukan pameran pendidikan yang menjadi tempat untuk mencari informasi tentang beasiswa.

Bahkan, beberapa universitas terkenal di Indonesia juga akan membantu para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri melalui pengumuman yang sering ditempel di berbagai kampus.

2. Beasiswa Untuk Seluruh Pelajar

Sebaiknya Anda memilih beasiswa yang diperuntukkan bagi seluruh pelajar tanpa terkecuali.

Biasanya beberapa organisasi atau penyedia beasiswa di luar negeri memberlakukan persyaratan khusus. Hal ini tentu saja cukup memberatkan.

Namun, Anda jangan khawatir karena saat ini sudah banyak pilihan beasiswa yang memang ditujukan bagi seluruh pelajar tanpa ada batasan usia, jenis kelamin hingga program studi yang Anda ambil sebelumnya.

Tentu saja Anda juga harus memperhitungkan sumber beasiswa yang ditawarkan oleh organisasi internasional itu.

3. Perhitungkan Waktu

Persiapan dalam mencari informasi dan pengajuan beasiswa biasanya dilakukan 6 bulan hingga 1 tahun sebelum diterima di universitas.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi Anda dalam menentukan dan memilih beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya semakin banyak waktu yang Anda miliki maka akan semakin mudah juga untuk mempersiapkan pengajuan beasiswa.

Namun, kadang beberapa penyedia beasiswa atau organisasi tertentu membutuhkan persyaratan tambahan seperti surat resmi dari universitas bahwa Anda sudah diterima.

Hal ini tentu saja akan membuat waktu pengajuan beasiswa juga akan semakin sedikit. Kondisi ini sebaiknya tidak menjadi hambatan Anda untuk tetap berjuang mengajukan beasiswa.

4. Apply Di Banyak Beasiswa

Anda memiliki kesempatan dan peluang untuk mengajukan beasiswa di banyak tempat. Semakin banyak pilihan pengajuan beasiswa yang Anda lakukan biasanya akan memperbesar peluang.

Biasanya hal ini dilakukan dengan persyaratan tertentu. Pada beberapa pameran pendidikan Anda akan mendapatkan batasan kuota untuk pengajuan beasiswa.

Namun, bila Anda memiliki jaringan yang sangat luas mungkin bisa mencoba untuk mengajukan banyak pilihan beasiswa.

Hal yang harus diingat adalah pengajuan beasiswa yang Anda lakukan tidak melanggar ketentuan yang telah diberlakukan. Bila universitas memberlakukan pembatasan pengajuan beasiswa maka segera patuhi.

5. Informasi Berkas Dokumen

Pastikan bahwa seluruh informasi yang sudah Anda dapatkan tentang berkas dan dokumen sudah jelas.

Biasanya beberapa persyaratan yang ditampilkan di situs resmi juga masih dianggap kurang.

Hal ini membuat Anda harus mencari informasi tambahan bila perlu mendatangi kantor perwakilan dari organisasi atau penyedia beasiswa luar negeri.

Ada beberapa dokumen atau berkas penting yang sering dibutuhkan untuk kelengkapan dalam pengajuan beasiswa.

6. Sesuai Kriteria Dan Kemampuan

Anda harus ingat bahwa pengajuan beasiswa yang dilakukan juga harus kriteria yang telah ditetapkan.

Beberapa organisasi memang memberlakukan beberapa persyaratan khusus agar penerima beasiswa juga tepat sasaran.

Selain itu, pengajuan beasiswa seperti ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan akademik.

Apalagi ini berkaitan dengan perhitungan nilai dari ijazah sebelumnya.

7. Motivation Letter

Ini adalah tips yang paling penting. Banyak organisasi atau penyedia beasiswa luar negeri membutuhkan motivation letter.

Anda harus membuat motivation letter yang baik bahkan berbeda dibandingkan dengan para pengaju lainnya. Pastikan juga bahwa motivation letter ini sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa tips mendapatkan beasiswa di luas negeri. Semoga dengan mengikuti beberapa tips diatas Anda dapat mewujudkan impian untuk menempuh pendidikan ke luar negeri.

Gambar Gravatar
Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *