Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Tips Memilih Printer

3 min read

Printer sudah menjadi bagian dari kebutuhan banyak orang dalam pekerjaan atau urusan sekolahnya. Termasuk para pelajar dan mahasiswa yang memiliki tugas yang berkaitan dengan printer tersebut.

Printer ini menjadi perangkat pendukung bagi para pelajar dan mahasiswa itu sendiri. Bagi Anda yang masih menjadi pelajar/mahasiswa harus mengetahui tips memilih printer yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Jika tidak memiliki printer, Anda juga bisa mencetak tugas tersebut di warnet atau rental komputer.

Akan tetapi, hal itu akan lebih sulit dan boros apalagi jika di sekitar lingkungan rumah tidak ada warnet atau rental komputer. Untuk itu bagi Anda yang akan membeli alat printer, silahkan simak tips memilihnya berikut ini.

Tips Memilih Printer untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips-Memilih-Printer-untuk-Pelajar

Keberadaan printer di rumah akan semakin memudahkan Anda dalam mencetak segala sesuatu, baik yang berkaitan dengan tugas ataupun tidak.

Dalam memilih printer ini tentu Anda memerlukan harga terjangkau tapi kualitasnya baik, berikut ini tips dalam memilih jenis printer yang cocok dan sesuai untuk pelajar dan mahasiswa :

1. Tentukan Jenis Printer

Sebelum memutuskan untuk mulai membeli, ada baiknya Anda menentukan dahulu jenis printer yang seperti apa yang Anda butuhkan.

Ada banyak jenis printer di pasaran, tentu Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan sebagai pelajar atau mahasiswa. Jenis printer yang biasa digunakan yaitu jenis Laser atau Ink Jet dan juga Dot Matrix.

Namun, kebanyakan orang biasanya menggunakan jenis yang paling umum yaitu Laser Jet dan Ink Jet.

Kedua jenis printer tersebut biasanya dipakai untuk mencetak dokumen yang umum digunakan. Sedangkan jenis Dot Matrix banyak dipakai untuk kebutuhan mencetak struk suatu laporan keuangan atau transaksi tertentu.

2. Pilih Printer Berkualitas

Tips berikutnya dalam memilih printer yang tepat dan sesuai adalah dengan cara memilih printer yang kualitasnya bagus.

Jika Anda sudah menentukan jenis printer apa yang ingin dibeli, maka cek kembali bagaimana kualitas printer tersebut terutama pada hasil print-nya. Kriteria paling mendasar dari memilih printer yang tepat adalah hasil dari print tersebut.

Hasil print ini akan memengaruhi hasil cetak pada dokumen/file yang Anda butuhkan nantinya.

Anda bisa melihat apakah kegiatan cetak mencetak ini sering dilakukan, atau Anda memerlukan cetakan dari printer yang jumlahnya cukup banyak. Jika iya, maka Anda bisa memilih printer yang memiliki daya cetak yang tinggi.

Tujuannya supaya Anda bisa menentukan sendiri jumlah pembelian catridge yang dibutuhkan setiap bulannya.

Jangan sampai Anda memilih jenis printer yang harganya murah saja, tetapi hasil cetak dan daya cetaknya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

3. Ukuran Printer yang Praktis

Ukuran printer juga harus menjadi pertimbangan Anda pada saat membeli printer. Sebaiknya pilih ukuran yang praktis dan tidak memakan tempat.

Ukuran printer yang efisien di rumah atau ruang belajar Anda akan terlihat lebih rapi jika ukurannya sesuai, serta desain simpel. Anda juga harus menyimpan printer di tempat yang efektif.

4. Mudah Cara Penggunaannya

Biasanya, ketika Anda membeli printer yang baru di dalamnya sudah terdapat buku petunjuk atau buku manual pemakaian printer tersebut dan dilengkapi dengan driver printer itu sendiri.

Sehingga ketika akan pertama kali menggunakan printer tersebut, harus melakukan instalasi driver untuk printernya. Namun bagi Anda yang tidak disertakan drivernya bisa download printer driver terlebih dahulu.

Buku manual tersebut isinya lengkap, seperti pengenalan akan perangkat printer yang Anda beli tersebut, serta fungsi/cara mengoperasikan printer itu sendiri.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih jenis printer yang cara pemakaiannya mudah dan tidak ribet.

Ada pula jenis printer yang sifatnya all in one tetapi cara pemakaiannya lebih rumit dari jenis printer yang biasa. Ketika membeli printer, Anda bisa meminta penjualnya untuk memperlihatkan bagaimana cara mengoperasikan printer itu.

Pilih juga printer yang mudah dipahami dari buku petunjuknya, sehingga Anda bisa mengoperasikannya sendiri di rumah dengan mudah.

5. Murah dan Berkualitas

Pembelian produk apapun tentu harga akan menjadi pertimbangan utama, begitu juga dengan pembelian printer ini sebaiknya Anda memilih printer yang harganya murah/terjangkau tetapi kualitasnya tetap baik.

Ada banyak jenis printer yang harganya murah tetapi kualitas tetap terjaga, Anda bisa membandingkan merk printer di pasaran dari segi harga dan kualitas ini.

Kualitas bagus pada printer ini bisa dilihat dari bagaimana hasil cetak print-nya, dan bagaimana daya tahan printer itu sendiri. Apakah awet dan bisa dipakai dalam waktu lama atau mudah rusak.

Harga murah dan terjangkau ini maksudnya Adalah sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

6. Pilih Printer Multifungsi

Tips selanjutnya dalam memilih jenis printer yang tepat untuk pelajar dan mahasiswa adalah memilih printer yang multifungsi.

Misalnya printer tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dan bukan hanya untuk mencetak dokumen tertentu saja. Anda bisa memilih printer yang juga memiliki fungsi copy dan scan suatu dokumen.

Printer multifungsi ini tentunya jauh lebih bermanfaat, karena Anda bisa menggunakannya untuk mencetak apa saja bahkan mencetak foto dengan kualitas terbaik.

Meskipun begitu, Anda bisa menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan sebagai pelajar dan mahasiswa yang menggunakan printer.

Bila Anda hanya perlu printer untuk mencetak dokumen yang warnanya hitam putih saja, maka Anda bisa mendapatkan jenis printer yang harganya jauh lebih murah. Namun jika Anda memilih jenis printer yang fungsinya lengkap maka harganya bisa lebih mahal.

Tips memilih printer yang tepat untuk para pelajar dan mahasiswa yang telah dijelaskan di atas, bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika membeli printer. Utamakan printer tersebut berfungsi dengan baik dan membantu Anda dalam menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Domain

Danar
1 min read

Mengenal Kitchen Set

Danar
3 min read

Pengertian VPN

Danar
2 min read

GB WhatsAPP Delta

Danar
3 min read

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *