Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Memilih Layanan VPS Indonesia

2 min read

Ketika Anda ingin beralih dari layanan hosting bersama ke layanan VPS (Virtual Private Server) ada baiknya Anda mengikuti dulu beberapa tips memilih layanan VPS Indonesia yang akan kita bahas kali ini. Sebab jika asal pilih dan terpengaruh dengan harga, bisa-bisa berdampak pada kesuksesan bisnis website yang Anda kelola dikemudian hari.

Perlu Anda ketahui, bahwa VPS ialah server pribadi yang seluruh sumbernya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak oleh penguna lain. Jadi disini, pengguna bisa mengelola secara penuh semua sumber yang ada pada VPS dan melakukan apa saja yang diinginkan.

Dalam teknologi pengembangnya, VPS ialah virtualisasi hardware server fisik yang dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan bantuan software, sehingga dalam satu server fisik terdapat beberapa VPS yang dijalankan sekaligus.

Tips Memilih Layanan VPS Indonesia Untuk Website

Tips-Memilih-Layanan-VPS-Indonesia-

Setelah kita bahas apa itu VPS dan seberapa pentingnya untuk server private, sekarang kita beralih dalam memilih layanan VPS Indonesia termurah untuk Website yang juga perlu Anda perhatikan.

Memang sekarang sudah banyak penyedia layanan yang menawarkan plan dan paket yang tantalizing, namun seringnya dengan kualitas jaringan yang tidak seperti harapan.

Maka dari itu, kita perlu detail dalam memilih layanan yang akan menjadi pendukung kesuksesan bisnis kita.

Lalu pengetahuan memilih layanan VPS seperti apa yang dibutuhkan? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda gunakan dalam pemilihan:

1. Kenali Kebutuhan Website

Sebelum Anda mulai memilih untuk membeli VPS yang digunakan pada website Anda, kenailah terlebih dulu akan kebutuhan website Anda itu. Sebab VPS yang dibeli untuk tujuan e-commerce, memonitoring atau untuk sebuah company profile, tentu sangatlah berbeda sistemnya.

Karena VPS tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja, namun ada banyak hal yang dapat dilakukan. Jadi, selain untuk web hosting,VPS dapat digunakan sebagai penghubung layanan IOT (Internet Of Things)

Dengan mengenali terlebih dulu, akan mampu memposisikan VPS pada skala yang strategis dan berkebutuhan seperti yang Anda inginkan. Jangan terpengaruh pada harga yang murah, namun pilihlah yang bermutu dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan website Anda.

2. Perhatikan Sistem Operasinya

Sistem operasi yang tersedia pada layanan VPS juga perlu diperhatikan, sebab itu adalah faktor penentu yang perlu diketahui terlebih dulu sebelum memilih. Jika VPS yang ingin Anda pasang menggunakan Windows atau Linux, tentu harus menggunakan server yang sesuai dengan sistem tersebut.

3. Teknologi Terbaru

Untuk VPS Indonesia yang akan Anda beli, pastikan layanan yang ditawarkan menggunakan teknologi terbaru, agar website Anda tidak tertinggal dan menjadi berkembang. Alasan memilih teknologi terbaru adalah, sebagai pemermudah Anda dalam memanage website Anda nantinya.

Salah satu yang harus ada dalam teknologi terbaru itu adalah, adanya sebuah fitur untuk melakukan monitoring terhadap CPU, RAM, Inode dan Disk Space. Jadi meskipun website Anda hanya digunakan sebagai company profil, tapi kapasitas pendukung harus tetap ada dalam VPS Anda.

4. Ketersediaan Fasilitas Backup

Pada layanan VPS saat ini memang menawarkan berbagai fitur yang menggugah, tetapi apakah sudah Anda ketahui secara menyeluruh semua layanan yang ditawarkan itu sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, seperti fasilitas dalam backup data.

Untuk itu sebisanya, pilihlah penyedia layanan VPS yang menawarkan sebuah fasilitas yang mampu membackup data. Semua akan memudahkan Anda dalam memaksimalkan kinerja website dan bisnis Anda ke depannya.

5. Sistem Keamanan Data

Selain dari segi infrastruktur pendukung sampai layanan support yang ditawarkan, semua tidak akan membantu banyak jika layanan VPS itu tidak dilengkapi dengan sistem keamanan data, mengingat betapa pentingnya data, jika sampai diretas tentu akan sangat merugikan bagi Anda.

Untuk itu, sebelum memilih, cobalah terlebih dulu bertanya pada penyedia layanan mengenai adanya sistem keamanan data tersebut. Namun jika tidak dilengkapi dengan sistem itu, ada baiknya Anda segera beranjak pada pilihan lainnya.

6. Jangan Terpengaruh Harga

Kebutuhan terhadap dukungan website memang harus maksimal, namun kalau bisa hendaknya diselaraskan dengan harga yang minimalis yang tidak banyak menguras kantung. Kendati demikian banyak pengguna yang masih ragu dengan harga murah, karena disinyalir akan menghadirkan mutu yang kurang baik.

Sehingga banyak yang langsung membeli VPS dengan harga mahal, tanpa memperhatikan excellence-nya terlebih dulu.

Untuk itu sebelum membeli ada baiknya jangan terfokus dengan harga saja, tapi kenali kualitas produk dan sistemnya dulu dengan bertanya pada kenalan yang sudah memakainya atau bisa browsing dulu di internet mengenai sistem dan kualitas VPS tersebut.

Itu tadi beberapa tips memilih layanan VPS Indonesia yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu sebelum membelinya. Dengan memerincikan akan kebutuhan website Anda secara mendetail, bisa menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan terkait jaringan dan keamanan sistem yang tidak stabil.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Model Baju Ulos

Riski M.pd
5 min read

Cara Menata Ruang Tamu

Riski M.pd
3 min read

Jurusan Arsitektur

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *