Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Tips Membeli Baju Bayi

2 min read

Sadar atau tidak mungkin Anda pernah merasakan belanja baju bayi, hanya karena melihat bentuknya yang lucu atau unik.

Ternyata ketika dipakaikan ke tubuh si buah hati tidak cocok, atau membuatnya tidak nyaman dan ngamuk.

Agar kejadian itu tidak terulang, ada baiknya Anda mencoba terapkan tips membeli baju bayi berikut ini, sehingga produk yang dibeli benar-benar bermanfaat untuk si kecil.

Tips Membeli Baju Bayi Yang Baru Lahir

Tips-Membeli-Baju-Bayi-Yang-Baru-Lahir

1. Pahami Standar Ukuran

Pakaian bayi punya standar ukuran tertentu, ada penjual yang membuat standar berdasarkan berat badan bayi.

Tapi ada juga yang membuat ukuran berdasarkan umur bayi atau panjangnya, nah Anda harus benar-benar paham standarnya sebelum membeli.

Agar pakaian tersebut pas di tubuh bayi, tidak terlalu besar atau kekecilan.

2. Pastikan Kualitas Jahitannya Bagus

Ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum transaksi beli baju bayi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

☑ Lihat Jahitan Pada Sambungan Pakaian

Coba Anda lihat jahitan di bagian sambungan baju, apakah rapi atau hanya sekedarnya. Ini sangat menentukan kualitas dan ketahanan, kalau tidak rapi dan kuat maka bisa saja setelah sekali pakai jahitan akan lepas dan pakaian bayi Anda jadi sobek.

☑ Lihat Jenis Jahitan Yang Dipakai

Biasanya untuk pakaian, penjahit menggunakan jenis jahitan tikam jejak yang tergolong rapi dan kuat. Setelah itu diberi tambahan obras untuk menambah kekuatan agar baju tidak mudah sobek.

☑ Lihat Sisa Benang di ujung Jahitan

Jahitan yang rapi bisa dilihat dari ujung jahitan yang tidak menjuntai, karena selain bisa membahayakan bayi juga mengindikasikan proses jahit yang tidak maksimal.

Tapi kalau masih bisa ditolerir dengan pemotongan secara instan tanpa merusak jahitan lain, Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya.

3. Pilih Bahan Sesuai Musim

Jangan lupa tips membeli baju bayi  berikutnya yaitu memastikan kapan Anda membeli, kalau musim panas maka sebaiknya pilih baju yang menyerap keringat dan tidak terlalu tebal.

Sedangkan jika musim dingin ada baiknya membeli baju yang berbahan hangat dan tebal, jadi bayi kesayangan bisa memakainya dengan nyaman tanpa merengek karena panas atau menggigil karena kedinginan.

4. Pilih Model Yang Mudah Dipakai

Baju bayi memang banyak modelnya, tapi jangan tergiur model saja perhatikan juga bagaimana cara memakaikannya pada si buah hati.

Berikut ini beberapa rekomendasi model baju yang mudah dipakai sesuai usia bayi:

☑ Bayi Usia 0-3 Bulan

Pilihlah baju dengan kancing di bagian depan, sehingga Anda mudah mengganti ketika waktu mandi atau terkena kotoran. Model lain yang bisa dibeli adalah baju jenis jumper yang akan memudahkan Anda mengganti popok tanpa harus membuka keseluruhan bagian baji.

☑ Bayi Usia 3-9 Bulan

Karena kekuatan kepala dan tubuhnya sudah semakin baik, Anda bisa memilih baju kaos dengan ukuran kepala yang fleksibel. Kemudian jenis pakaian romper atau baju terusan dengan kancing bagian depan.

Model ini sangat nyaman dipakai bayi yang mulai banyak gerak dan aktivitas, seperti duduk dan merangkak.

☑ Bayi 9 Bulan ke Atas

Sudah bisa dikategorikan anak kecil sehingga Anda bisa memilih berbagai model baju yang lucu-lucu dan menggemaskan.

5. Perhatikan Karakteristik Bahan

Jangan lupa untuk memastikan karakter dari bahan baju yang akan dibeli. Untuk keamanan dan kenyamanan bayi sebaiknya memilih bahan katun yang menyerap keringat dan lembut di tubuh bayi.

Jadi kalau dipakai lama tidak akan menimbulkan iritasi pada kulitnya.Bahan selanjutnya yang lebih baik digunakan adalah spandex blend yang mudah kering, fleksibel dan anti kerut.

Ada juga bahan kashmir yang juga dinilai sangat nyaman dipakai oleh bayi, namun harganya memang relatif mahal ketimbang dua bahan sebelumnya.

Dan di Indonesia penggunaan bahan ini masih terbatas, selain karena harganya juga karena ketebalannya yang rentan menyebabkan bayi kepanasan. Apalagi Indonesia terletak di kawasan tropis yang cenderung panas.

6. Hindari Bahan Sintetis

Sebaiknya jangan memilih baju dengan bahan sintetis seperti nilon atau polyester, karena zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Apalagi kalau dipakai dalam waktu lama, akan menimbulkan masalah yang semakin tak terkendali.

7. Pilih Baju Dengan Warna Netral

Kenapa tips membeli baju bayi sebaiknya warna netral? Ada beberapa alasan mengapa baju warna netral lebih baik dipilih ketimbang warna mencolok.

☑ Bisa Dipadu Padankan Dengan pakaian Lain

Warna netral bisa padukan dengan warna lainnya, jadi Anda bisa mix and match berbagai jenis baju dan bawahannya dengan lebih leluasa. Terutama warna merah, putih, coklat, krim, dan warna pastel.

☑ Memberi Aura Nyaman Untuk Si kecil

Percaya atau tidak Anda akan membuat nyaman si kecil ketika membiarkan mereka pakai baju warna netral, sebab warna tersebut menyebarkan aura nyaman dan positif.

Coba buktikan sendiri, ketika bayi pakai baju warna netral dia akan beraktivitas dengan lebih leluasa, beda dengan baju warna warni atau diberi aksesoris tertentu yang akan membuatnya cepat bosan.

☑ Lebih Mudah Dibersihkan

Baju dengan warna netral juga lebih mudah dibersihkan, sebab posisi kotoran yang menempel akan mudah diidentifikasi.

Beda dengan baju dengan banyak warna, dimana kotoran atau noda bisa sembunyi dimana saja jadi saat dicuci hasilnya tidak maksimal. Jika dibiarkan lengket akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Kalau Anda menerapkan tips membeli baju bayi di atas bisa dipastikan baju yang dibeli akan memenuhi kriteria terbaik untuk dipakai oleh si buah hati.

Mulai dari ukuran hingga warna, sebab bayi memang masih sangat sensitif dalam urusan baju. Salah pilih sedikit saja akan berdampak pada kenyamanan dan tumbuh kembangnya.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Mengenal Kitchen Set

Danar
3 min read

Tips Memilih Printer

Danar
3 min read

Kota Malang

Danar
3 min read

Cara Belajar Efektif

Danar
2 min read

Model Baju Ulos

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *