Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

3 min read

Anda sudah memiliki website hosting untuk memulai bisnis online? Tapi masih bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis Anda? Jangan khawatir, di sini kami akan coba jelaskan teknik yang akan membantu meningkatkan penjualan dengan copywriting.

Mengenal Fungsi Copywriting

Mengenal-Fungsi-Copywriting

Sederhananya, copywriting adalah sebuah teknik tulisan untuk penjualan. Tulisan yang dibuat harus bisa memengaruhi maupun membujuk pembaca tanpa harus memaksa. Tujuannya agar pembaca mau membeli, mendaftar, dan tujuan lainnya sesuai kebutuhan.

Karena bertujuan untuk penjualan, maka penulisan pun harus to the point. Artinya, copywriting tidak boleh Anda buat secara bertele-tele. Penulisan yang singkat dan padat sangat ideal untuk teknik tulisan tersebut.

Dengan penulisan yang singkat dan on point, maka pembaca bisa langsung mengetahui maksud dari tulisan tersebut. Terlebih jika si penulis mampu membuat kata-kata yang menghipnotis dan memengaruhi langsung si pembaca.

Baca juga: Cara Menggunakan TikTok untuk Mempromosikan Website

Jenis Media untuk Menuangkan Copywriting

Jenis-Media-untuk-Menuangkan-Copywriting

Sejatinya teknik copywriting bisa Anda aplikasikan kepada beberapa jenis media. Salah satunya landing page. 

Selain itu, teknik penulisan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk beberapa media lain sebagai berikut:

  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Email Newsletter
  • Iklan online berbayar
  • Headline
  • Artikel blog
  • Dan lain-lain

Teknik copywriting sangat penting di dalam digital marketing atau bisnis online. Bahkan teknik penulisan tersebut merupakan salah satu kunci sukses untuk meningkatkan penjualan. Itulah kenapa teknik ini bisa diaplikasikan pada berbagai media.

Tips Mengoptimalkan Copywriting

Tips-Mengoptimalkan-Copywriting

Web domain yang Anda gunakan untuk landing page belum sempurna tanpa sebuah copywriting. Maka dari itu, buatlah sekarang juga, kemudian optimalkan dengan cara berikut ini:

  1. Mempelajari Apa yang Anda Jual

Sebelum memulai menulis, pastikan Anda tahu apa yang Anda jual. Pelajarilah apa yang ingin Anda jual, entah itu produk maupun layanan. Pastikan Anda memahami setiap detailnya, terutama kelebihannya.

Dengan mengetahui informasi produk atau layanan yang ingin Anda jual, maka Anda tidak akan kesulitan saat mengenalkannya. Dengan begitu, Anda bisa menjelaskan apa kelebihan dan keuntungan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Setelah Anda mengetahui setiap detailnya, maka buatlah ke dalam bentuk deskripsi yang menarik.

  1. Memahami Masalah dan Solusi Konsumen

Tulisan copywriting harus dibuat berdasarkan kebutuhan customer. Maka dari itu, ketahuilah terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan konsumen sebelum menulis.

Pahami juga apa permasalahan konsumen. Kemudian Anda berikan solusi dengan menawarkan produk atau layanan kepada mereka.

Contohnya Anda menawarkan jasa laundry. Pertama-tama, silahkan Anda tulis seputar masalah keterbatasan waktu customer yang tidak sempat mencuci baju karena kesibukannya. Kemudian tawarkan layanan Anda.

  1. Membuat Headline yang Menarik

Headline merupakan salah satu elemen penting di dalam copywriting. Headline yang memikat akan membuat audiens tertarik untuk membaca tulisan Anda hingga selesai.

Tidak dipungkiri bahwa membuat suatu headline yang memikat bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi pemula yang baru belajar membuat copywriting.

Bagi yang baru belajar, Anda bisa melihat headline dari kompetitor lalu memodifikasinya. Cari contoh headline yang relevan dengan bisnis Anda sebanyak-banyaknya sebagai bahan referensi.

  1. Mengombinasikan Headline dengan Lead  

Headline yang memikat saja tidak hanya cukup. Karena headline harus disertai dengan lead yang mendukung penjualan melalui sebuah tulisan.

Lead merupakan paragraf pembuka yang dibuat setelah headline. Lead yang dibuat harus berdasarkan fakta, menunjukkan empati dan membuat audiens penasaran.

Semakin menarik lead yang Anda buat, maka semakin tertarik audiens dengan produk maupun layanan yang Anda tawarkan.

  1. Membuat Informasi yang Spesifik

Buatlah sebuah copywriting yang mengandung informasi spesifik bagi para audiens. Semakin spesifik informasi yang Anda buat, maka akan sangat membantu bagi audiens.

Informasi yang spesifik juga dapat membantu audiens untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang mereka hadapi.

  1. Menciptakan Tulisan yang Bersifat Personal  

Tulisan seperti copywriting bisa membangun kedekatan perusahaan dengan audiens maupun konsumen. Buatlah kata-kata yang dapat membantu membangun keakraban Anda dengan audiens.

Pilih beberapa jenis kata yang bersifat personal. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan kesan yang mendalam. Jika diperlukan, buatlah copywriting dengan konsep story telling agar lebih personal.

  1. Menggunakan Kalimat yang Sederhana

Penulisan copywriting yang baik yaitu menggunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti audiens. Dengan begitu, audiens yang membacanya bisa langsung mencerna maksud dari tulisan tersebut.  

Hindari tulisan yang menggunakan perumpamaan, kata yang jarang digunakan sehari-hari, dan kiasan. Sebaliknya, gunakanlah kata-kata yang bersifat menunjukkan, manfaat, unik, dan relevan dengan produk maupun layanan Anda.

  1. Mengakhiri Tulisan dengan Persuasi

Seperti yang kami jelaskan di atas, tujuan copywriting yaitu untuk mengajak atau membujuk. Tulisan ini dibuat agar audiens mau membeli, mendaftar, dan tujuan lainnya.

Maka dari itu, buatlah persuasi di akhir copywriting yang Anda buat. Gunakan CTA (call to action) berupa tombol, banner, atau formulir yang berisi perintah untuk para audiens yang membaca.

Contoh CTA pada copywriting yaitu seperti “Pesan Sekarang”, “Daftar Sekarang”, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Cara Menarik Konsumen Baru Lewat Upcoming Promotion

Keuntungan Menggunakan Copywriting

Keuntungan-Menggunakan-Copywriting

Teknik copywriting berbeda dengan tulisan lain pada umumnya. Tulisan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan pada domain yang sudah Anda buat menjadi landing page. 

Berikut kami sudah merangkum apa saja keuntungan dari teknik tersebut:

  1. Meningkatkan Konversi Audiens

Copywriting merupakan teknik tulisan yang mampu mengonversi audiens menjadi pembeli atau pelanggan. Pasalnya tulisan ini dibuat untuk membangun ketertarikan audiens pada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Memberikan Informasi Seputar Produk dan Layanan

Teknik tulisan ini juga bermanfaat untuk mengenalkan produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, audiens akan tahu apa saja manfaat dan keuntungan menggunakan produk atau layanan Anda.

  1. Meningkatkan Kualitas Blog

Penilaian sebuah blog dapat kita lihat dari kualitas tulisannya. Semakin bagus dan menarik tulisannya, tentu akan semakin banyak juga pembacanya. Dengan begitu, kualitas blog pun menjadi lebih baik

  1. Menarik Perhatian Audiens

Dengan copywriting, Anda juga bisa meningkatkan peluang keterbacaan promosi yang Anda buat. Artinya, audiens akan tertarik membaca promosi Anda hingga selesai.

  1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari copywriting yaitu untuk meningkatkan prospek penjualan. Bahkan dengan teknik penulisan yang optimal, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

  1. Meningkatkan Pengunjung Landing Page

Teknik copywriting juga mampu meningkatkan pengunjung website. Terutama jika dibuat menggunakan penulisan dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization).

Kesimpulan

Copywriting berperan sebagai sales di dalam ranah digital marketing. Teknik tulisan tersebut mampu mengajak, memengaruhi, hingga membujuk audiens untuk membeli, mendaftar, dan tujuan pemasaran lainnya.

Melihat dari fungsinya, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa teknik tulisan tersebut sangat penting. Terutama bagi para pelaku usaha yang bergelut di dalam dunia digital marketing.

Bagi Anda yang sudah mempunyai landing page dari hosting yang sudah Anda beli, maka aplikasikanlah copywriting pada halaman website Anda. Tujuannya yaitu untuk membantu meningkatkan penjualan. Selamat mencoba. 


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *