Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Tips Belajar Pemrograman Dasar

3 min read

Dari sekian banyak profesi yang ada di Indonesia bahkan dunia, programmer mungkin jadi salah satu yang paling difavoritkan saat ini.

Tak ada kata terlambat untuk belajar pemrograman dasar, sekalipun saat ini mungkin Anda sudah terlebih dahulu terjun dalam sektor bisnis lain.

Bagi seorang pemula proses belajar harus dimulai dari nol atau mulai dari pemrograman dasar. Proses belajar pun bisa dilakukan secara otodidak dengan mengandalkan website-website khusus untuk belajar pemrograman dasar.

Dari sini Anda bukan hanya akan diberi pembekalan library yang cukup lengkap dan praktik mandiri, namun juga tips- tips belajar pemrograman dasar.

Tips Belajar Pemrograman Dasar Secara Otodidak

Tips-Belajar-Pemrograman-Dasar-Secara-Otodidak

Untuk bisa menjadi programmer dalam waktu singkat, Anda tak hanya dituntut membaca dan memahami materi pemrograman dasar. Namun ada banyak tips belajar yang perlu Anda perhatikan dan lakukan dengan baik.

Langsung saja simak beberapa tips belajar pemrograman dasar berikut:

1. Menentukan Bahasa Pemrograman

Dari waktu ke waktu, jumlah bahasa pemrograman yang digunakan programmer untuk menghasilkan sebuah program atau software semakin bertambah saja. Bahkan saat ini sudah ada puluhan bahasa pemrograman.

Namun banyaknya jumlah tersebut tak menjadikan Anda wajib mempelajarinya secara keseluruhan.

Justru Anda lebih dituntut untuk memilih satu atau beberapa bahasa pemrograman yang ingin dipelajari secara mendetail.

Anda bisa memulainya dari bahasa pemrograman paling sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, Anda juga bisa belajar beberapa bahasa pemrograman yang populer, seperti Java, HTML/CSS, dan lain sebagainya.

2. Memilih Website

Salah satu kunci untuk bisa menjadi programmer handal dalam waktu cepat adalah memilih website yang menyediakan library dan tutorial lengkap.

Pemilihan website yang tepat akan sangat menentukan ilmu dan kemampuan yang Anda dapatkan.

Sebab tak sedikit website yang menyediakan modul dan tutorial kurang lengkap. Alhasil Anda pun harus mencari sumber lain agar ilmu yang didapatkan bisa memenuhi standar kebutuhan dunia kerja.

3. Buat Jadwal Secara Teratur

Sebuah kegaiatan yang Anda lakukan setiap hari akan membentuk kebiasaan yang membuat Anda “merasa kurang” jika belum melakukannya. Efek inilah yang membuat Anda harus menyusun jadwal belajar pemrograman secara teratur.

Buat diri Anda terbiasa dengan belajar, meski hanya 1-2 jam per hari. Semakin Anda terbiasa dengan kegiatan belajar, maka Anda akan merasa lebih enjoy dan ilmu pun akan lebih mudah diserap.

Selain itu, dengan membuat jadwal belajar secara teratur Anda bisa menargetkan modul yang ingin dipelajari setiap harinya.

Waktu belajar ini sebaiknya dipisah dengan waktu praktik, sehingga pikiran Anda akan lebih fokus dengan materi-materi pemrograman dasar.

4. Perbanyak Praktik

Selain menyisihkan waktu khsusu untuk belajar, Anda juga harus memiliki waktu khusus untuk praktik. Cobalah praktikkan setiap ilmu pemrograman yang sudah Anda pelajari secara mendetail.

Lakukan praktik berulang kali dan terjadwal. Jika Anda masih merasa kesulitan melakukan praktik mandiri, Anda bisa mulai praktik dengan mengikuti tutorial dari website seperti Pintaar.

5. Jangan Copy-Paste

Satu kesalahan yang akan membuat Anda lambat berkembang adalah membiasakan diri copy-paste. Walaupun hasil praktik yang didapatkan terkesan menakjubkan, namun jika ini didapatkan dari copy-paste, maka bisa dikatakan Anda belum mendapatkan ilmu apapun.

Jadi, tips belajar pemrograman dasar yang sangat ditekankan disini adalah untuk tidak copy-paste. Beranikan diri Anda untuk mengembangkan kreativitas, sebab dari sinilah Anda bisa lebih maju.

6. Coba Perbaiki Sendiri

Saat pertama kali melakukan praktik, kesalahan atau error adalah hal yang sangat wajar. Tak perlu berkecil hati atau putus asa. Justru dari kesalahan/error inilah Anda bisa belajar lebih banyak dengan mencoba memperbaiki sendiri kesalahan yang telah dibuat.

Usahakan untuk mengerahkan kemampuan Anda semaksimal mungkin agar bisa memperbaiki error sendiri. Jika sudah tak mampu, Anda bisa mencari solusi dengan bertanya pada orang lain.

Website Untuk Belajar Pemrograman Dasar

Website-Untuk-Belajar-Pemrograman-Dasar

Dari penjelasan di atas, Anda sangat dituntut untuk menggunakan website terbaik dalam belajar pemrograman dasar.

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda andalkan untuk belajar pemrograman dasar secara otodidak:

1. Pintaar

Salah satu website terbaik dan paling direkomendasikan untuk Anda adalah Pintaar.

Website yang memiliki library lengkap ini memberikan tampilan yang cukup simple dan mudah dimengerti.

Tutorial praktik pun diberikan secara lengkap bukan hanya dalam bentuk konten artikel, namun video bahkan live.

2. W3schools

W3schools juga cukup recommended untuk para pemula. Dari website ini Anda bisa langsung praktik coding dan memperbaiki error sendiri. Dengan library yang begitu lengkap, Anda bisa belajar memperbaiki error lebih cepat.

Pilihan bahasa pemrograman: JavaScript, PHP, HeTML/CSS (HTML5/CSS3), AJAX, XML, ASP, jQuery.

3. Codecademy

Website untuk belajar pemrograman dasar lain agar Anda bisa cepat menjadi programmer handal adalah mencari website yang menawarkan konsep belajar menyenangkan, seperti Codecademy. Bahasa yang digunakan disini cukup santai dan mudah dipahami para pemula.

Pilihan bahasa pemrograman: JavaScript, PHP, HTML/CSS, Python, Ruby, jQuery.

4. Code Avengers

Code Avengers juga mengusung konsep belajar coding yang tak membosankan. Untuk bisa menjadi full expert, Anda harus melewati 3 level pada website ini.

Pilihan bahasa pemrograman: JavaScript, HTML/CSS (HTML5/CSS3)

5. CodeSchool

Rekomendasi website terbaik untuk belajar pemrograman selanjutnya adalah CodeSchool. Tampilan yang nyaman dan mudah digunakan membuat Anda lebih nyaman belajar.

Pilihan bahasa pemrograman: JavaScript, HTML/CSS, iOS, Ruby on Rails.

6. TeamtreeHouse

Terakhir ada TeamtreeHouse yang juga memiliki tampilan simple serta mudah dipahami. Website ini sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin terjun ke dunia coding.

Pilihan bahasa pemrograman: WordPress, HTML/CSS, Android, iOS.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi website yang bisa Anda coba untuk memulai belajar pemrograman dasar dari sekarang dengan kerajinan dan tekat pantang menyerah, semoga Anda menjadi programmer handal. Good Luck!


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *