Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Belajar Daring Agar Tidak Bosan

3 min read

Belajar daring (dari rumah) kini mulai menjadi hal yang lumrah, bahkan dianjurkan. Hal ini karena efek negatif yang dirasakan pengajar dan anak didiknya harus beresiko terpapar Virus menjadi alasan yang paling tepat.

Menjalankan aktivitas di rumah saja, tentu menjenuhkan. Perkataan “Di Rumah Saja” memang menjadi jargon yang sepertinya kini mulai terdengar resmi di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, beberapa tips belajar daring agar tidak bosan yang dilakukan dari rumah, tersajikan di bawah ini. Secara lengkapnya, silakan baca ya!

1. Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Jika Anda sebagai sosok insan yang suka dengan musik, tentu belajar dengan mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan. Sambil bersantai ria, alunan musik menyertai kesibukan Anda membuka buku-buku yang terpajang di meja belajar.

Musik, alunan suara merdu yang dapat menenangkan para pendengarnya. Bagi kalangan pencinta musik, tentunya akan lebih dapat berkonsentrasi saat belajar, meski telinga tak pernah berhenti bekerja.

Lagu-lagu santai, bukan musik rock, menjadi teman setia yang dapat menjadikan belajar Anda lebih baik. Meski Anda tidak suka musik, cobalah belajar sambil mendengarkannya. Ketahui hasilnya.

2. Melakukan refreshing

Bagi seorang pelajar, yang notabene ia sudah menjadi Mahasiswa. Belajar dari rumah, sebenarnya merupakan hal yang menjenuhkan sekali. Pasalnya, Mahasiswa suka membebaskan dirinya di luar rumah, menjadi pribadi yang suka dengan hal-hal bebas.

Namun apa jadinya jika terlalu dikekang di rumah?

Anda jangan khawatir, jika Anda sebagai Mahasiswa. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan sedikit refreshing saja, agar bisa kembali belajar di rumah dengan baik.

Oh iya, refreshing bisa dilakukan dari rumah ya! Cari sesuatu yang menyegarkan mata di area rumah. Misalnya melakukan jogging di pagi hari, atau langsung saja menyibukkan diri di rumah dengan apa yang Anda sukai, ingat ya, sehari saja, lalu kembali beraktivitas seperti sedia kala.

3. Memilih Lokasi Belajar yang Tepat

Hal ketiga yang telah kami dapatkan dari Sharingconten.com, Anda bisa melakukan pemilihan lokasi belajar yang tepat. Sebagai seorang Mahasiswa, belajar di alam bebas sepertinya menyenangkan. Pilihlah suasana alam untuk belajar.

Contohnya saja, di halaman rumah. Beri tempat ayunan, atau beberkan tikar di sana. Coba cari halaman yang ada pohonnya ya, biar suasana lebih segar dan menyenangkan.

Di tempat yang lebih terbuka (di halaman rumah), meskipun harus belajar dengan bertatap muka melalui ponsel, tentu tidak menghalangi konsentrasi Anda.

4. Melakukan Aktivitas yang Sama

Ada-ada saja gaya yang bisa dilakukan oleh para Mahasiswa. Tingkahnya yang kadang terlihat nyeleneh, menjadi ciri khas Mahasiswa. Tentu karena di masa tersebut, banyak yang menganggap masa perubahan, di mana banyak hal yang bisa dicoba.

Hal ini tentu bisa menjadi contoh tips belajar daring yang lebih menyenangkan. Dengan melakukan kegiatan yang sama, antar Mahasiswa. Meski jaraknya tak terlihat dalam pandangan langsung.

Pertemuan virtual pun menjadi hiburan tersendiri, dan saat waktunya tiba untuk belajar kembali, Anda belajar dengan perasaan yang senang.

Salah satu contoh, Anda bisa melakukan aktivitas membaca puisi bareng. Dengan waktu yang bergantian, saling menyimak.

Setelah puas, lanjutkan belajar materi pelajaran. Asyik bukan?

5. Belajar Sambil Membawa Makanan Ringan

Terkadang, di saat belajar daring dilakukan bersama kawan-kawan, rasa jenuh melanda dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa mensiasati dengan membawa makanan ringan di samping laptop atau handphone yang sedang Anda gunakan belajar.

Belajar sambil nyemil, salah satu alternatif yang pas agar bisa merasa nyaman dan siap berlama-lama menatap layar kaca.

Jangan lupa bawa minumnya pula ya. Kalau minum, itu untuk kebaikan tubuh. Di mana aktivitas berlama-lama duduk yang tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak, membuat tubuh menerima dampak buruk.

Di antaranya, punggung cepat lelah. Serta terjadinya berak yang kurang lancar. Jadi kalau ada jadwal belajar daring, sebelumnya siapkan makanan ringan dan minumnya.

6. Tidak Menggunakan Sistem Kejar Tayang

Jika sudah membahas belajar daring, hal yang paling sering Anda dengar adalah waktunya pertemuan ke1, 2 dan seterusnya. Jangan samakan dengan proses belajar di kampus, yang mana ada durasi dan lokasi yang berbeda setiap mata kuliah.

Hal ini jika Anda terapkan dalam pelajaran daring, Mahasiswanya akan cepat bosan bin jenuh. Oleh karenanya, yang paling tepat, durasi waktu yang tidak dibatasi saja.

Misalnya, pada waktu yang senggang saja. Sehingga bisa pada ngobrol sepuasnya. Tidak terpaku pada jam pelajaran yang ada di kampus.

7. Menyiapkan Alat Penunjang Belajar

Ada tips lain nih, berdasarkan referensi Airchinaphonenumber.com, jika memang belajar daring kini sudah tidak bisa terelakkan, cara ini sepertinya lebih jitu yaitu berusaha menyiapkan alat penunjang belajar dengan maskismal juga merupakan tips belajar daring agar tidak bosan.

Kalau dalam belajar bertatap muka secara langsung, sudah pasti membawa alat penunjang belajar, jangan biasakan hal ini tidak dilaksanakan saat belajar daring.

Seseorang akan lebih bisa berkonsentrasi, saat orang tersebut tidak jalan ke sana dan kemari. Dengan tetap menyediakan alat penunjang belajar, jika butuh apa-apa, tidak perlu lagi mengambilnya.             

Belajar pun lebih tenang, dan materi bisa masuk. Yang terpenting, Anda akan betah duduk dan mendengarkan materi dengan baik.

8. Menentukan Target

Ada kalanya, belajar dari rumah akan membuat Mahasiswanya semakin malas. Serta tidak mengontrol materi pelajaran yang hendak ia pelajari. Hal ini, membuat prestasi-prestasi rentan turun.

Tetap memerdulikan pelajaran dan bisa memicu semangat dalam belajar (tidak menjenuhkan) bisa dengan menarget IPK dalam 1 semester. Tulis targetmu dengan tulisan yang lumayan besar, lalu letakkan di depan Almari atau meja belajar.

Dengan cara itu, Anda akan lebih semangat dan tidak akan merasa jenuh saat belajar. Prestasi juga tetap Anda dapatkan dengan maksimal, meski harus belajar dari rumah.

9. Mulai Menyesuaikan Diri

Terakhir, tips belajar daring dari rumah adalah dengan menerima kondisi di masa pandemi ini. Dengan cara menyesuaikan diri, dan menyiapkan materi sesuai jadwal.

Menyesuaikan diri di sini, Anda harus tahu apa yang Anda inginkan saat hendak belajar dengan nyaman, bawa diri Anda senyaman-nyamannya. Jangan dipaksakan dengan belajar yang menjenuhkan.

Tips terakhir, merupakan rangkuman dari tips di atas. Jadi cari apa yang Anda inginkan, itu saja poin pentingnya.

Simak juga:: Cara Belajar Efektif

Penutup

Sebagai penutup, kesimpulannya adalah tips belajar daring agar tidak bosan, sebenarnya ada diri Anda. Bagaimana caranya, agar Anda tidak merasa bosan saat menatap layar Laptop terlalu lama. Tips di atas lumayan lengkap, bisa dipraktekkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *