Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Sepak Bola

2 min read

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga favorit bagi semua orang, baik kaum tua dan muda pun pasti mengetahui olahraga yang satu ini.

Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana sejarah sepak bola itu? Bagaimana cara sepak bola masuk ke Indonesia dan hingga digemari banyak orang seperti sekarang.

Serta bagaimana juga perkembangan sepak bola pada zaman modern saat ini. Silahkan langsung saja simak ulasan dari Cryptowi berikut sampai tuntas.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah-Sepak-Bola-Dunia

Sejarah sepak bola dimulai sejak zaman dahulu, jauh sebelum peradaban maju ada. Sepak bola awalnya diperkenalkan oleh bangsa Romawi Kuno dan dikenal dengan nama episkyros.

Selain itu ada juga yang percaya bahwa sepak bola terinspirasi oleh permainan tradisional masyarakat Tiongkok yang bernama T’su Chu dan juga permainan lainnya yang diklaim sebagai cikal bakal olahraga sepak bola.

Permainan tersebut telah dinilai sebagai cikal bakal dari sepak bola karena permainan yang dimainkan oleh dua tim.

Kemudian kedua tim tersebut akan memperebutkan bola, lalu dimasukkan ke dalam wilayah atau gawang dari lawan.

Dengan model permainan seperti itulah beberapa permainan tersebut dianggap sebagai cikal bakal olahraga sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Masuk ke Indonesia

Sejarah-Sepak-Bola-Masuk-ke-Indonesia

Di Indonesia sendiri, sepak bola sudah masuk sejak abad ke-19 pada masa penjajahan Belanda.

Awalnya kecintaan kolonial Belanda terhadap sepak bola membuatnya memperkenalkan olahraga tersebut kepada masyarakat Indonesia. Lama kelamaan, masyarakat Indonesia juga sangat menggemari jenis olahraga satu ini.

Pada 1930, didirikanlah sebuah badan yang mengatur tentang olahraga sepak bola.

Badan tersebut bernama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ketika badan tersebut dibentuk, antusias masyarakat terhadap olahraga sepak bola pun semakin besar sehingga banyak masyarakat yang menggemari jenis olahraga ini.

Karena besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap sepak bola, maka dibuatlah berbagai macam pertandingan dan perlombaan sepak bola.

Karena pertandingan tersebutlah muncul klub-klub sepak bola, baik dalam skala kecil ataupun dalam skala besar. Saat ini pun Indonesia juga sering mengadakan dan mengikuti pertandingan dengan skala Internasional.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah-Sepak-Bola-Modern

Sepak bola modern dimulai sekitar abad ke-19 di Inggris, awalnya olahraga sepak bola ini dimainkan tanpa adanya peraturan yang pasti.

Lama kelamaan setelah beberapa sekolah privat di Inggris mengadakan pertandingan sepak bola, barulah peraturan permainan dibuat.

Aturan tersebut dikenal dengan istilah Cambridge Rules.

Setelah aturan tersebut muncul, banyak klub-klub lain yang membuat peraturannya sendiri.

Secara garis besar, peraturan yang dibuat hampir semuanya sama.

Salah satu peraturannya adalah dilarangnya penggunaan tangan pada saat permainan sepak bola.

Peraturan inilah yang membuat sepak bola melarang penggunaan tangan dalam permainan.

Sejak saat itu, sepak bola sangatlah berkembang dengan pesat di Inggris.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bermunculan klub-klub bola.

Selain itu, banyaknya jenis pertandingan sepak bola di Inggris membuat masyarakat semakin mengenal dan akrab dengan jenis olahraga satu ini.

Olahraga sepak bola pun semakin lama semakin menyebar luas ke negara-negara lainnya.

Pada 1904 akhirnya dibuatlah sebuah badan yang menaungi sepak bola dunia yang disebut dengan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Negara yang mencetuskan adanya badan ini antara lain adalah Swiss, Belgia, Belanda, Pranciss, Spanyol, Denmark dan juga Swedia.

Sejak saat itulah kompetisi sepak bola antar negara sering dan rutin dilakukan, seperti piala dunia.

Baca Juga: Sejarah Renang 

Sejarah Sepak Bola Purbakala ( Kuno )

Sejarah-Sepak-Bola-Purbakala

Menurut sejarah yang ada olahraga sepak bola pertama kalinya dimulai saat peradaban kuno romawi, yunani dan cina pada masa dinasti Tsin (255-206 SM).

Saat itu sedang mengalami masa musim semi dan musim gugur.

Sekitar abad pertengahan bola yang dimainkan dalam olahraga ini hanya terbuat dari kulit binatang atau usus, dan dimainkan oleh pemain yang jumlahnya tidak terbatas.

Seiringnya jaman hingga abad ke-20 olahraga sepak bola ini kemudian mempunyai beberapa peraturan yang akhirnya bisa dinikmati permainan oleh masyarakat dunia.

Permainan sepak bola kemudian dimainkan dengan berjumlah satu tim terdiri dari 6 pemain, bola yang dimainkan berdiameter 40 cm dan jarring setinggi 10,5 m yang hanya ditancapkan di tengah lapangan dikelilingi tembok.

Saat itu olahraga sepak bola hanya untuk malatih fisik tentara cina, tujuannya supaya fisiknya tetap terjaga dan sekaligus menjadi hiburan ketika ulang tahun kaisar. Adapun permainan sepak bola ini sering disebut juga dengan tsu chu.

 

Dari sejarah sepak bola tersebut dapat dilihat bahwa antusiasme masyarakat dunia terhadap sepak bola sangatlah besar. Hal ini ditandai dengan banyaknya kompetisi-kompetisi sepak bola yang diadakan di setiap negara dan euphoria para penontonnya pun tidak pernah terasa sepi.

Demikanlah bahasan sejarah dari sepak bola semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar Anda dibawah.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Ukuran Lapangan

Danar
4 min read

Sejarah Bola Basket

Danar
7 min read

Sejarah Renang

Danar
3 min read

Sejarah Olahraga

Danar
2 min read

Atletik

Danar
2 min read

6 Replies to “Sejarah Sepak Bola”

  1. waaah keren, sukses selalu kak di tunggu informasi selanjutnya

    perkenalkan saya Jesi Safitri dari ISB Atma Luhur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *