Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Pramuka

2 min read

Praja Muda Karana atau yang sering disingkat dengan Pramuka, merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilaksakan di sekolah.

Namun kegiatan ini juga dilakukan oleh organisasi atau komunitas tertentu yang tergabung ke dalam Pramuka itu sendiri. Menurut sejarah pramuka, kegiatan ini diawali dengan tujuan untuk mengembangkan keahlian atau karakter diri.

Sejak awal abad ke 20, Pramuka sudah ada dan sudah banyak diterapkan dalam segala kegiatan yang ada khususnya di sekolah-sekolah.

Kegiatan ini bahkan menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler di sekolah mulai dari SD sampai SMA. Silahkan simak ulasan lengkapnya dari Cryptowi dibawah ini.

Sejarah Berdirinya Pramuka

Sejarah-Berdirinya-Pramuka

Nama dari pendiri dari gerakan Praja Muda Karana ini adalah Baden Powell yang hingga saat ini ditetapkan sebagai Bapak Pandu Sedunia, karena ialah yang mendirikan kegiatan Pramuka dan mengembangkannya hingga menjadi sekarang ini.

Awalnya, Baden Powel mengikuti acara kemah di tahun 1907 silam, yang dilakukan selama 8 hari.

Mulai dari situlah segalanya berubah, ada banyak pemikiran baru dari Baden Powel yang akhirnya menghasilkan kegiatan atau pergerakan baru bernama Pramuka.

Baden Powel dikenal sebagai orang yang memang cerdas sejak kecil, ia juga mahir memainkan berbagai alat musik.

Pada saat usianya sudah dewasa, ia mengikuti kegiatan militer sehingga ia memiliki pengalaman sebagai tentara.

Sikap disiplin, tegas dan terampil menjadi ciri kha di dalam dirinya yang kemudian ia jadikan ciri khas di dalam gerakan Pramuka itu sendiri.

Pengalaman hidupnya itu dituangkan ke dalam buku yang ditulisnya, dan kemudian buku tersebut menjadi asal muasal sejarah berdirinya pramuka di dunia.

Simak Juga: Sejarah PMR (Palang Merah Remaja)

Sejarah Pramuka di Dunia

Sejarah-Pramuka-di-Dunia

Pada awal abad ke-20, sejarah Pramuka di dunia ini dimulai. Pada tahun 1907 silam, Baden Powel telah menjadi seorang Letnan Jendral tentara Inggris dan kemudian ia membuat sebuah kegiatan berkemah dalam konteks Pramuka di salah satu pulai di Negara Inggris.

Tahun berikutnya ia pun menulis buku yang isinya adalah tentang prinsip dasar dari kepramukaan.

Setelah buku tersebut terbit, maka munculah gerakan Pramuka yang kita kenal sampai saat ini. Sejak itu, mulailah bermunculan organisasi Pramuka yang juga dikenal di negara lainnya selain Inggris, termasuk di Negara Indonesia.

Awalnya gerakan Pramuka hanya terbatas oleh laki-laki saja, dan baru di tahun 1912 lah perempuan diperbolehkan mengikuti gerakan ini karena diprakarsai oleh istri Baden Powel.

Baru di tahun 1916, organisasi ini terus berkembang, yang ditandai dengan berdirinya organisasi Pramuka yang dimana organisasi ini juga dibantu oleh buku The Jungle Book dalam mempelajari Pramuka.

Anak-anak remaja 17 tahun, dikumpulkan oleh Baden Powel untuk organisasi kepramukaan lainnya. Organisasi itu berdiri di tahun 1918.

Baden Powel juga terus menciptakan buku, di tahun 1922 ia menerbitkan buku yang isinya menceritakan tentang seorang pemuda yang terus mengayuh sampan hampir di sepanjang hidupnya, sampai kemudian pemuda itu menemukan kebahagiaan dalam hidup.

Buku itulah yang menjadi inspirasi dalam mengembangkan gerakan Pramuka.

Simak Juga: Sejarah Paskibra

Sejarah Pramuka di Indonesia

Sejarah-Pramuka-di-Indonesia

Lalu bagaimana dengan sejarah Pramuka di Indonesia?

Sejarah ini dibagi menjadi tiga masa di Indonesia, yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Belanda

Pada masa kolonial Belanda, gerakan Pramuka juga dibawa oleh Belanda ke Indonesia.

Pada saat itu namanya masih Pandu-pandu Hindia Belanda, yang menurut beberapa tokoh saat itu organisasi tersebut bisa membentuk karakter masyarakat Indonesia yang masih dijajah.

Maka bertambahlah organisasi lainnya, yang menjadi semangat bangsa Indonesia saat itu.

Terutama setelah lahir Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia semakin yakin dengan kemerdekaan mereka dengan banyaknya organisasi tersebut.

Organisasi yang ada memberi kesadaran pada Bangsa Indonesia bahwa Indonesia bisa bersatu dengan gerakan-gerakan yang ada.

Dibentuklah Persatuan Antar Pandu Indonesia di tahun 1931, yang berubah menjadi BPPKI di tahun 1936.

Kemudian organisasi itu membuat acara kemah yang diberi nama PERKINO atau Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem.

PERKINO inilah yang menjadi cikal bakal atau awal mula dari dibentuknya Jambore sampai saat ini.

2. Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Jepang

Gerakan Pramuka masih terus bertahan sampai di masa penjajahan Jepang.

Ketika Tentara Jepang menyerang Belanda, saat itulah Kepanduan Indonesia ditarik ke organisasi yang didirikan oleh Jepang seperti PETA, Keibondan dan Seinendan.

Selain itu, Jepang juga tidak memperbolehkan adanya partai atau organisasi yang didirikan di Indonesia.

Kepanduan Indonesia dianggap sebagai gerakan yang berbahaya karena hal itu bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Namun PERKINO II tetap dijalankan di Indonesia, dengan tujuan untuk mengusir tentara Jepang dari Indonesia.

3. Sejarah Pramuka Indonesia Zaman Kemerdekaan

Organisasi Pandu Rakyat Indonesia kembali didirikan pada tahun 1945 setelah merdeka di Kota Solo. Organisasi ini juga menjadi sebuah wadah yang dimana beberapa anggotanya merupakan anggota dari Kepanduan Indonesia.

Ada sekitar 100 organisasi Kepanduan Indonesia di tahun 1961, dan dibagi menjadi tiga federasi organisasi.

Ketiga federasi dari Kepanduan Indonesia ini diantaranya yaitu Persatuan Putera Puteri Indonesia, Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia dan juga Ikatan Pandu Indonesia.

Gerakan Pramuka ini baru diperkenalkan secara resmi pada bangsa Indonesia, di tanggal 14 Agustus 1961 yang kemudian tanggal tersebut dijadikan hari Pramuka di Indonesia.

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, kita memang harus mengenal sejarah Pramuka sejak awal di Indonesia.

Kita juga akan lebih menghargai setiap organisasi kepanduan yang ada di Indonesia, karena dengan dibentuknya organisasi tersebut maka terbentuklah karakter yang ada di setiap orang serta memberi pengalaman yang berharga bagi Indonesia.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Penyimpangan Sosial

Danar
3 min read

Sejarah Akuntansi

Danar
2 min read

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Danar
3 min read

Batas Wilayah Indonesia

Danar
3 min read

Zaman Neolitikum

Danar
3 min read

Zaman Megalitikum

Danar
3 min read

One Reply to “Sejarah Pramuka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *