Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Olahraga

2 min read

Olahraga merupakan salah satu penerapan pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kebugaran badan.

Untuk sebagian orang, olahraga menjadi sebuah aktivitas yang penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah penjelasan mengenai sejarah olahraga dari Cryptowi.

Sejarah Olahraga di Dunia

Sejarah-Olahraga

1. Masa Prasejarah

Olahraga di dunia dimulai pada masa prasejarah. Olahraga sudah dikenal sejak zaman prasejarah meski aktivitasnya mungkin berbeda dengan olahraga yang berkembang pada saat ini.

Pada zaman dahulu, olahraga hanya dijadikan sebagai cara bertahan hidup terhadap kerasnya lingkungan, baik perubahan cuaca, angin, badai, maupun serangan hewan-hewan buas.

2. Zaman Kuno

  • Masa Cina Kuno

Sejarah olahraga pada masa ini dibuktikan dari penemuan artefak dan bangunan yang menunjukkan adanya kegiatan olahraga di kalangan masyarakat Cina.

  • Mesir Kuno

Sejarah perkembangan olahraga pada masa Mesir Kuno ditunjukkan pada peninggalan sejarah berupa Monumen untuk Faraoh. Olahraga yang berkembang ada masa itu seperti renang, memancing, lempar lembing, gulat, dan lompat tinggi.

Sejarah Olahraga di Indonesia

1. Masa Kerajaan dan Kebudayaan Islam

Olahraga di Indonesia sendiri dikenal masyarakat dan berkembang pada masa kerajaan Hindu-Budha dan masa kebudayaan Islam.

Namun, olahraga yang ada pada masa itu mungkin akan berbeda bentuk dan tujuannya dari olahraga masa kini.

Olahraga pada masa lampau hanya menggunakan alat-alat sederhana dengan gerakan yang sederhana pula. Olahraga masa lampau biasanya olah tubuh yang mengandalkan ketangkasan, misalnya memanah, berburu, dan bela diri.

Masuknya budaya Islam pada waktu itu yang dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, juga telah memengaruhi perkembangan olahraga yang ada di Indonesia.

Beberapa contoh olahraga pada masa kebudayaan Islam adalah pencak silat, keterampilan memainkan senjata, dan menunggang kuda.

2. Masa Penjajahan

Pada masa penjajahan, olahraga modern mulai masuk dan memengaruhi perkembangan olahraga yang ada di Indonesia.

Bangsa Belanda, Jepang, Portugis yang datang menjajah Indonesia mengajarkan beberapa olahraga modern yang mereka bawa dari negara asalnya.

Pada abad ke-19, olahraga dengan sistem Jerman mulai diajarkan oleh orang-orang Belanda yang berada di Indonesia.

Beberapa olahraga modern yang dipengaruhi negara penjajah misalnya sumo. karate, judo, dan kendo.

Pada awalnya, olahraga tersebut hanya berkembang di kalangan pasukan militer saja, namun lama-kelamaan mulai merambah ke sekolah-sekolah dan masyarakat Indonesia.

Beberapa jenis olahraga yang berkembang pada masa penjajahan Jepang di Indonesia antara lain:

  • Taiso atau senam pagi
  • Lari
  • Kyoreng atau olahraga baris-berbaris
  • Kendo atau olahraga bela diri khas budaya Jepang
  • Keahlian dan keterampilan menggunakan senapan atau bayonet dengan menggunakan ujung belati atau pisau

Sejarah Olahraga Sepak Bola

Sejarah-Olahraga-Sepak-Bola

Dengan berkembangnya olahraga khususnya di Indonesia, cabang-cabang baru dalam dunia olahraga pun mulai bermunculan. Salah satu cabang olahraga yang popular di Indonesia adalah sepak bola.

Sepak bola merupakan olahraga yang terdiri dari dua regu dengan beranggotakan masing-masing 11 orang.

Pada tahun 1914, sepak bola mulai masuk ke Indonesia yang dibawa oleh para penjajah masa itu.

Pada tanggal 19 April 1930, terbentuklah organisasi sepak bola Indonesia yang bernama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI dan diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Lahirnya PSSI dikaitkan dengan kepentingan politik untuk menentang penjajahan yang ada di Indonesia saat itu.

Olahraga akan terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Olahraga juga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena manfaatnya yang besar bagi tubuh, sebagai salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Sejarah Olahraga Renang

Renang merupakan olahraga yang melombakan adu kecepatan antar atlet renang dalam berenang. Perlombaan olahraga ini dimulai pertama kali pada tahun 1800 di Eropa.

Rata-rata para perenang dahulu masih menggunakan gaya dada.

Sejak Olimpiade Athena tahun 1896 renang menjadi salah satu cabang yang dilombakan.

Kemudian sekitar tahun 1902 Richard Cavill: memperkenalkan gaya renang dengan gaya bebas. Sedangkan gaya kupu-kupu dalam berenang dikembangkan sekitar 1930.

Sehingga seiringnya jaman ada banyak sekali jenis gaya renang hingga sampai sekarang yang sudah kita kenal seperti: Gaya bebas, Gaya kupu-kupu, Gaya punggung, Gaya dada dan lainnya.

Baca Juga: Sejarah Renang  Lebih Lengkap!

Sejarah Olahraga Basket

Bola basket adalah jenis olahraga bola berkelompok yang masing masing tim beranggotakan lima orang, terdiri dua tim saling bertanding dan berusaha mencetak poin dengan cara memasukan bola ke keranjang atas lawan.

Tepat pada tahun 1891 tanggal 15 Desember olahraga bola basket diciptakan oleh seorang guru yang bernama Dr. James Naismith, tanpa disangka-sangka karena ide muncul hanya dari permainan dari semasa kecilnya.

Kemudian olahraga bola basket secara resmi mengadakan perlombaan yang pertama kalinya pada tanggal 20 Jan 1892 di tempat kerja Dr. James Naismith.

Jika Ingin Mengetahui Lebih Lanjut ( Lengkap dan Detail ) Mengenai Olahraga basket Silahkan Baca: Sejarah Bola Basket

Demikian sudah mengenai bahasan tentang sejarah olahraga, semoga yang telah Anda baca ada manfaatnya, silahkan dishare ke teman-teman Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Bola Basket

Danar
7 min read

Sejarah Renang

Danar
3 min read

Sejarah Sepak Bola

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *