Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Internet

3 min read

Di era digital seperti saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Internet berguna untuk melakukan berbagai hal seperti berkomunikasi jarak jauh, bekerja, media untuk belajar, dan sarana hiburan.

Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah internet dan perkembangannya? Mari simak penjelasan selengkapnya tentang internet berikut ini.

Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah-Internet-di-Indonesia

Interconnection networking atau yang biasa disebut dengan internet adalah jaringan komunikasi yang luas dan menghubungkan antar jaringan komputer ke seluruh dunia.

Internet terbagi menjadi berbagai macam topologi dengan menggunakan media telekomunikasi seperti satelit atau telepon.

Di Indonesia, internet berkembang dengan sangat pesat yang dimulai sekitar tahun 1980.

Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang sejarah perkembangan internet di Indonesia.

1. Periode Tahun 1980-an

Pada tahun 1980, jaringan komputer mulai masuk ke lima universitas di Indonesia yaitu Universitas Terbuka, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Bandung, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun, perkembangannya mengalami kendala karena adanya keterbatasan infrastruktur.

Kemudian pada tahun 1986, radio amatir mulai populer dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi.

Para pelajar Indonesia yang menempuh studi di universitas luar negeri saling bertukar informasi dengan membentuk mailing list dan terus berkembang.

Mailing list juga menjadi bagian dari sejarah penting perjalanan internet yang berkembang di Indonesia.

2. Periode Tahun 1990-an

Setelah komunitas radio amatir mulai dipopulerkan pada tahun 1980, pada awal tahun 1990 mulai dilakukan komunikasi antara Indonesia dengan Kanada dengan menggunakan gelombang radio.

Tokoh yang memprakarsai komunikasi melalui gelombang radio ini yaitu Onno W. Purbo yang pada waktu itu sedang berada di Kanada.

Ia menggunakan alat berupa walkie-talkie dan PC atau XT untuk berkomunikasi dengan teman-temannya yang tergabung dalam komunitas radio amatir Indonesia.

Berawal dari situ, mereka terus melakukan berbagai percobaan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi jaringan internet hingga muncul ISP Indonesia pada tahun 1994 dan Radio Pocket pada tahun 1995-1996.

3. Periode Tahun 2000-an

Pada periode tahun 2002-an ini berbagai mailing list banyak dikembangkan untuk kepentingan pendidikan, salah satunya yaitu Jaringan Informasi Sekolah (JIS).

Pada periode ini tepatnya pada tahun 2003 dikenal sebagai era blogging, karena banyaknya masyarakat yang tergabung dengan komunitas blogger.

Pada tahun 2004 menjadi era di mana media sosial mulai berkembang di Indonesia.

Sejarah Internet di Dunia

Sejarah-Internet-di-Dunia

Sejarah perkembangan internet di dunia dimulai pada tahun 1969 dengan diciptakannya Advance Research Project Agency Network atau yang disingkat dengan ARPANET.

Jaringan komputer ARPANET ini diciptakan dan dikembangkan oleh ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek tersebut menghasilkan perangkat lunak berbasis UNIX yang bisa dipadukan dengan hardware komputer.

Jaringan ini terus dikembangkan dan diperbaiki untuk membantu manusia dalam berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Berikut ini merupakan perjalanan dari sejarah internet di dunia.

1. Periode Tahun 1957

Rusia untuk pertama kalinya memperkenalkan dan meluncurkan satelit buatan mereka pada tahun 1957, tepatnya tanggal 4 Oktober 1957.

Saat itu, satelit buatan Rusia ini berhasil menggegerkan dunia, sehingga Amerika Serikat memutuskan untuk menciptakan “Space Race” sebagai bentuk persaingan dengan Rusia (Uni Soviet).

2. Periode Tahun 1958-1959

ARPANET yang diciptakan oleh Dewan Pertahanan Amerika Serikat ini pada awalnya hanya digunakan untuk kepentingan militer dan menjadi cikal bakal lahirnya internet. Tujuan dibuatnya ARPANET tak lain dan tak bukan adalah untuk menyaingi Rusia.

3. Periode Tahun 1984

Pada awal perkembangan ARPANET, hanya mencakup 4 lokasi saja yaitu University of California, Stanford Research Institute, the University of Utah, dan U.C Santa Barbara.

Namun, banyak universitas lainnya yang ingin mencobanya, sehingga pihak ARPA membaginya menjadi jaringan MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan riset akademis.

4. Periode Tahun 1960-an

Banyak yang menyebutkan bahwa pada periode tahun ini menjadi awal mula berkembangnya jaringan internet. Pada periode ini, seorang bernama Paul Baran melakukan pengembangan konsep switching packet.

Pada tahun 1961, terciptalah konsep world wide web atau yang biasa dikenal dengan sebutan www yang digagas oleh Leonard Kleinlock.

5. Periode Tahun 1970-an

Pada periode ini, seorang bernama Vin Cerf membangun sebuah kelompok kerja yaitu International Network Working Club yang membantu dalam peningkatan teknologi jaringan komputer.

Karena keberhasilannya dalam membangun kelompok kerja tersebut, ia mendapatkan julukan sebagai Bapak Internet Dunia.

Pada tahun 1972, jaringan ARPANET juga mulai mencakup banyak tempat, salah satunya The New York Times.

Sementara itu, pada tahun 1973 makin banyak universitas yang tersebar di seluruh dunia memiliki jaringan ARPANET, hingga muncullah istilah internet.

6. Periode Tahun 1980-an

Pada periode ini, masyarakat mulai memiliki PC atau Personal Computer yang menjado kebutuhan dan gaya hidup pada saat itu.

Internet juga mulai dipakai secara lebih luas untuk berkirim pesan elektronik (email) dan File Transfer Protocol (FTP). Domain name system mulai muncul dan diperkenalkan pada tahun 1983, seperti .net atau .com untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan internet.

7. Periode Tahun 1990-an

Pada periode ini, untuk pertama kalinya Tim Berners Lee memperkenalkan sistem HTML (HyperText Markup Language) dan tahun 1992 internet sudah mulai menyediakan konten video dan audio. Sekitar tahun 1993, website dan web browser juga mulai banyak bermunculan.

8. Periode Tahun 2000 – Sekarang

Tahun 2000 menjadi puncak dari perkembangan internet, karena pada tahun 2003 muncul media sosial yaitu MySpace dan Skype, serta website besar seperti WordPress. Lalu, pada tahun 2004, muncul pula media sosial yaitu Facebook bersamaan dengan kemunculan Mozilla Firework.

Sementara itu, Youtube dan Reddit mulai muncul pada tahun 2005, hingga sampai saat ini banyak media sosial yang bermunculan seperti Twitter, WhatsApp, Path, Line, Instagram, dan lain sebagainya.

Penjelasan tentang sejarah internet dan perkembangannya di atas dapat membuat Anda paham bagaimana perkembangan internet di Indonesia ataupun di dunia. Karena perkembangannya yang semakin pesat, pengguna internet juga harus lebih bijak sehingga tidak memberikan dampak yang negatif.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Teknologi

Danar
2 min read

Tips Belajar Pemrograman Dasar

Danar
3 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Cara Cepat Belajar IT

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *