dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Contoh Review Jurnal

5 min read

Contoh-Review-Jurnal

Jika anda merupakan seorang akademisi atau peneliti tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah jurnal dan review jurnal. Bahkan saya yakin banyak dari anda yang mungkin pernah melihat contoh review jurnal nasional maupun contoh review jurnal internasional yang dilakukan oleh reviewer berpengalaman.

Review sendiri sebenarnya merupakan proses berupa evaluasi dari hasil publikasi yang dikirmkan, jasa pelayanan hingga pertunjukkan seni. Jurnal penelitian sendiri merupakan laporan seoran peneliti terkait hasil penelitian yang telah dilakukan.

Sehingga review jurnal berfungsi untuk memberikan gambaran terkait kualitas suatu jurnal, kelebihan hingga kekurangan. Proses ini merupakan contoh critical review jurnal.

Contoh Review Jurnal Ekonomi

Contoh-Review-Jurnal-Ekonomi

Secara umum, review sebuah jurnal akan terdiri dari

  1. Ringkasan Jurnal (berisi latar belakang dan pendahuluan penelitian. Kemudian pada paragraph selanjutnya dilanjutkan dengan metode penelitian yang digunakan pada jurnal tersebut. Terakhir adalah hasil dan pembahasan yang diperoleh di dalam jurnal tersebut. Umumnya, ringkasan jurnal hanya terdiri dari kurang lebih dua sampai tiga halaman, atau bergantung pada kebutuhan)
  2. Critical Review Jurnal (Bagian Inti)
  3. Kesimpulan dan Saran
  4. Lesson Learned (Hal yang Dipelajari)
  5. Daftar Pustaka

Berikut ini adalah contoh review untuk jurnal bertema ekonomi kota.

Judul Jurnal         : Pemetaan Industri Kreatif di Area Urban Kota Medan dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

Penulis                 : Azela Nasyifa (Fakultas Ekonomi) dan Heru Ardiansyah (Fakultas Ilmu Komputer)

Publikasi              : Prosiding seminar nasional pada acara Call for Paper in Economic Development Risk and Trend for Developing Country

Reviewer              : Astriyani Rifatahari (012987)

CRITICAL REVIEW JURNAL

Critical review jurnal dapat dilakukan setelah jurnal yang dipilih telah diringkas pada bagian di atas. Isi dari jurnal tersebut sudah dapat tergambar kepada pembaca dari judul jurnal yang dibuat oleh penulis yakni  pemetaan industri kreatif di area urban kota medan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan. Jurnal di awali oleh abstrak sebagaimana jurnal pada umumnya. Namun, penulis membuat kekeliruan pada bagian abstrak dimana abstrak tidak diberikan kata kunci sebagaimana aturan pada abstrak umumnya. Selain itu, penulis juga tidak menghapus panduan penulisan abstrak dalam Bahasa Inggris yang diberikan oleh penyelenggara seminar nasional. Bagian ini seharusnya diisi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak sebelumnya.

Dari segi kerapihan penulisan, jurnal ditulis kurang rapi karena ada beberapa bagian paragraph yang tidak diberikan pengaturan rata kanan-kiri (alignment justify). Sehingga beberapa baris terlalu menjorok ke dalam dan keluar. Selain itu drafting jurnal kurang rapi karena terdapat paragraph yang memiliki jarak terlalu jauh sementara yang lain berbeda.

Pada bagian pendahuluan, dijabarkan mengenai latar belakang diangkatnya topik mengenai pentingnya ekonomi kreatif bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pada jurnal ini mengambil sampel lokasi daerah kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di Pulau Sumatera. Kota Medan memiliki wewenang otonomi daerah dengan pertumbuhan ekonomi industri yang pesat namun terjadi stagnasi terhadap ekonomi industri kreatif.

Namun, penulis kurang bisa menjabarkan mengenai seberapa besar peran industri kreatif terhadap sumbangan ekonomi wilayah kota Medan. Padahal apabila hal ini dijelaskan maka penulis telah memberikan dasar penelitian yang lebih jelas bagi para pembaca mengenai peran industri kreatif di Kota Medan. Dengan dijabarkannya hal ini, pembaca juga bisa mendapatkan gambaran seberapa besar peran industri kreatif di Kota Medan.

Bab selanjutnya merupakan metode penelitian yang menjelaskan mengenai metode yang digunakan dalam memetakan peluang industri kreatif di area urban Kota Medan. Metode pemetaan sosial (social mapping) merupakan jenis metode yang digunakan. Penulis juga memberikan definisi mengenai metode pemetaan sosial namun dengan penjelasan yang terlalu bertele-tele. Kemudian penulis juga tidak memberikan keterangan mengenai proses pengambilan data yang mengakibatkan pembaca akan kesulitan untuk mengerti cara pengambilan data.

Bab selanjutnya adalah bagian hasil dan pembahasan yang merupakan bagian inti dari jurnal yang dibaut. Bagian awal bab hasil dan pembahasan penulis menjelaskan mengenai cara dan langkah strategis yang dilakukan dalam pemetaan sosial. Bagian ini seharusnya tidak dimasukkan ke dalam bab hasil dan pembahasan melainkan bab metode penelitian. Selain itu, penulis pada bagian metode penelitian mengungkapkan bahwa penulis menggunakan metode pemetaan sosial untuk mengumpulkan data permasalahan dan kondisi sosial di masyarakat tempat penelitian dilaksanakan. Namun, pada bab hasil dan pembahasan tidak terdapat penjelasan terkait keuntungan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait industri kreatif. Sebaliknya, penulis hanya memberikan tabel yang berisi informasi mengenai jenis industri kreatif dan jumlahnya yang tersebar di kecamatan di area urban kota Medan.

Selanjutnya, pada metode penelitian penulis menjelaskan bahwa menggunakan metode survey singkat yang menggunakan alat bantu kuesioner. Namun, hasil dari kuesioner yang dilakukan tidak ditemukan di bagian hasil dan pembahasan. Hal ini menunjukkan bahwa pada jurnal ini terdapat ketidaksesuaian di dalam metode penelitian dan hasil serta pembahasan yang dituliskan. Sehingga kekurangan mendasar dari jurnal ini adalah tidak ditemukannya hubungan antara pemetaan sosial yang seharusnya mampu memberikan gambaran kondisi sosial industri ekonomi kreatif di masyarakat.

Contoh Review Jurnal Psikologi

Contoh-Review-Jurnal-Psikologi

Judul Jurnal         : Laporan Langsung Psychopaty dan Hubungannya dengan Perbuatan Kriminal serta Antisosial berdasarkan Sampel pada Lulusan S1 Universitas

Tahun                  : 2016

Penulis                 : Saryani Rihati

Publikasi              : Jurnal Ilmu Pengetahuan Perilaku Manusia

REVIEW

Latar Belakang Penelitian

Psikopati merupakan gangguan kepribadian kompleks yang memiliki gejala berupa kedangkalan, impulsive, egosentrisme, kurangnya rasa bersalah dan penyesalan pada individu. Seseorang yang menderita gangguan ini memiliki gejala berupa gangguan antisosial dan tingkah laku criminal. Pada tinjauan ini melihat seseorang dengan gejala psikopat dari dua konteks yaitu non criminal dan pidana. Terdapat beberapa teori mengenai penyebab hingga hubungan antara perilaku antisosial yang berkaitan dengan faktor psikologis, biologis dan faktor sosial.

Teori Utama yang Digunakan

Penulis menggunakan teori utama berupa aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh Sigmund Freud pada karya ilmiah ini. Teori aliran psikoanalisis ini merupakan teori pembentukan kepribadian seorang individu.

Metode Penelitian

Jurnal ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada penelitiannya. Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi menggunakan metode stepwise.

Sampel Penelitian

Penelitian mengambil sampel sebanyak 300 mahasiswa dengan persentase 82% perempuan dan 18% laki-laki di Universitas Panca Husada menggunakan teknik populatif.

Hasil yang Diperoleh

Penelitian berhasil menunjukkan hubungan antara sikap criminal, psikopati serta kecenderungan berpikir yang mendorong sikap antisosial berdasarkan sampel mahasiswa. Rata-rata menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak menunjukkan kecenderungan ciri-ciri psikopat, mode berpikir mengarah ke perbuatan pidana hingga substantive criminal. Sementara untuk mereka yang menunjukkan adanya tendensi sikap criminal dalam berpikir, hingga kognisi terhadap pelanggaran dan kecenderungan antisosial memiliki persentase rendah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya jumlah pemikiran yang mengarah ke perbuatan criminal serta sikap pelanggaran hukum, juga didukung oleh meningkatnya perilaku antisosial dari hasil responden.

Contoh Review Jurnal Pendidikan

Contoh-Review-Jurnal-Pendidikan

Judul Jurnal         : Penelitian terhadap Hubungan Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika

Penulis                 : Azela Nasyifa

Publikasi              : Jurnal elektronik program Pascasarjana Universitas Pendidikan Panca Husada

Link jurnal           : https://drive.google.com/file/d/0B6yNA60bfjhbfjbjhsbfmsbfjs/view?pli=1

Diakses                : 30/12/2016

Reviewer              : Astriyani Rifatahari (012987)

Latar Belakang           

Terdapat hubungan antara proses dengan hasil pembelajaran dari pendekatan saintifik hasil belajar Fisika dengan keterampilan proses sains

Tujuan

Penelitian dalam jurnal bertujuan untuk mengukur hasil belajar yang ditunjukkan siswa dalam mata pelajaran Fisika beserta keterampilan proses sains antar siswa. Sampel diambil dari siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode umum

Sampel

Sampel diambil dari siswa SMAN 3 Jakarta Utara kelas X yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 150 siswa serta mengambil sampel random dari sejumlah 3 kelas.

Metode

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan sifat penelitian quasi experimental design (Eksperimen semu) serta metode post tes only control group design. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif serta analisis inferensial.

Hasil

Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar serta keterampilan proses sains antara siswa yang menjalani metode pembelajaran langsung serta siswa yang mengikuti metode pembelajaran saintifik (F=40,293;p<0,05), perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti metode pembelajaran saintifik dengan metode langsung dengan taraf signifikansi 0,000, p<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran saintifik memberikan hasil belajar serta keterampilan proses sains siswa yang lebih baik ketimbang metode pembelajaran langsung.

Contoh Review Jurnal Politik

Contoh-Review-Jurnal-Politik

Judul Jurnal         : Penelitian terhadap Hubungan Pengaruh Politik Dalam Bidang Pendidikan

Penulis                 : Azela Nasyifa

Publikasi             : Seminar Nasional Politik Indonesia Universitas Panca Husada

Reviewer              : Astriyani Rifatahari (012987)

Latar Belakang           

Politik berhubungan dengan penyelenggaraan negara sehingga pendidikan menjadi salah satu aspek yang terikat dengan politik suatu negara.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara politik dengan pendidikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pembaca bagaimana politik mempengaruhi organisasi pendidikan

Metode

Jurnal ini menggunakan metode penelitian analisis referensi yang tersedia baik dari teori, buku hingga penelitian sebelumnya

Hasil

Pendidikan dan politik memiliki hubungan yang sangat erat. Politik memiliki peran dalam menentukan arah kebijakan pendidikan suatu negara. Bahkan ahli mengatakan bahwa pendidikan memiliki peran sebagai cara melestarikan kekuasaan negara. Penulis kemudian memberikan beberapa poin cara melestarikan kekuasaan negara melalui pendidikan, yang melalui beberapa tahapan seperti moralisme religious, perkembangan nasionalisme hingga lahirnya demokrasi. Jurnal ini berhasil menunjukkan kepada pembaca mengenai betapa dalamnya hubungan politik dengan pendidikan.

KESIMPULAN DARI REVIEW DIATAS :

Itulah beberapa contoh review jurnal untuk berbagai jenis penelitian. Selain contoh review jurnal di atas, terdapat pula contoh review jurnal pertanian yang akan membahas terkait jurnal di bidang pertanian.

Selain itu ada pula contoh review jurnal hukum yang mereview jurnal terkait masalah hukum.

Ada pula contoh review jurnal bahasa inggris yang akan mereview jurnal yang menggunakan Bahasa Inggris.

Tentunya review jurnal Bahasa Inggris membutuhkan skill yang mumpuni di bidang Bahasa Inggris termasuk memahami istilah yang khas pada suatu bidang. Ada pula contoh review jurnal kualitatif yang akan mengecek kualitas dari suatu jurnal penelitian.

dhinda penulis Seorang yang mempunyai hobi membaca dan suka berbagi melalui tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *