Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Perbedaan Fungsi Domain Dan Hosting

2 min read

Di era yang serba internet seperti saat ini, memiliki sebuah blog atau website pribadi tentu hal yang biasa. Entah untuk promosi bisnis atau cuma sekadar branding diri dan sumber penghasilan. Keberadaan website sangatlah penting, hanya saja jika Anda ingin membuat website, tentu harus tahu dua komponen utamanya termasuk apa beda fungsi domain dan hosting.

Yap, domain dan hosting memang dua hal mendasar yang harus Anda penuhi ketika membuat website. Tanpa domain dan hosting, tentu sebuah website atau situs jelas tak bisa diakses dan menjadikan keberadaan Anda atau bisnis Anda di internet tak terdeteksi.

Supaya lebih memahami mengenai dua komponen mendasar ini, Anda tentu harus tahu apa sih beda fungsi domain dan hosting.

Inilah Beda Fungsi Domain Dan Hosting Yang Harus Anda Pahami

Inilah-Beda-Fungsi-Domain-Dan-Hosting-Yang-Harus-Anda-Pahami

Jika disuruh membandingkan dengan pengertian yang lebih sederhana, hubungan antara domain dan hosting ini sama seperti sebuah rumah dan alamat lengkapnya.

Tanpa alamat, sebuah rumah atau bangunan jelas tak dapat didatangi, begitu pula jika ada alamat tapi rumahnya tak ada, sudah pasti tidak berguna. Seperti itulah domain dan hosting dalam website.

Dimana jika hosting bisa disebut sebagai ’rumah’ bagi website, maka domain adalah alamat dari ’rumah’ tersebut.

Website tanpa hosting, jelas tak dapat diakses, sementara website tanpa domain, akan sulit ditemukan. Supaya lebih jelas, berikut penjelasan lengkapnya:

Domain

Domain adalah nama dari website Anda. Seperti yang Anda tahu, setiap komputer yang terhubung dalam jaringan internet punya pengenal masing-masing yang disebut dengan alamat IP (IP address).

Alamat IP inilah yang jadi petunjuk lokasi server yang menyimpan file-file website.

Pada umumnya, alamat IP ini punya format deretan angka tetapi dianggap kurang efektif dan sulit dihapal.

Karena hal itu, akhirnya diciptakan sebuah sistem penamaan website lewat nama domain misalkan saja nama bisnis, identitas diri Anda atau kata-kata unik yang sesuai dengan branding Anda sendiri.

Lewat sistem penamaan domain ini, Anda bisa mengingatnya dengan mudah dan tinggal menuliskannya pada kolom tautan di peramban supaya bisa menuju website yang dimaksud.

Ada dua jenis domain yang umum dipakai yakni domain gTLD (domain global seperti .com, .net, .org)dan domain ccTLD (domain Indonesia yang diatur PANDI seperti .co.id, .my.id, .id).

Hosting

Berbeda dengan domain.

Hosting adalah tempat Anda menyimpan data-data dalam website. Agar aman, hosting ditempatkan dalam sebuah server.

Kendati berfungsi menyimpan data, hosting dan server berbeda. Dimana kalau server, punya perangkat hard disk, RAM dan prosesor.

Tanpa sebuah hosting, website jelas tak akan bisa diakses dan dilihat isinya oleh pengguna internet.

Dalam perkembangannya, ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda pahami dengan dua di antaranya paling populer yakni shared hosting dan cloud hosting.

Seperti namanya, shared hosting adalah layanan hosting yang digunakan dalam beberapa website alias berbagi, sehingga harganya lebih murah dan tentunya akan mempengaruhi kecepatan performa website.

Sementara untuk cloud hosting, merupakan layanan hosting yang tersimpan dalam sebuah server dan terkoneksi lewat cloud berbasis internet.

Lantaran terhubung dalam cloud, jumlah server dalam cloud hosting bisa lebih dari satu sehingga kalau ada masalah, server lain yang terhubung bisa jadi cadangan.

Agar Maksimal, Website Wajib Pakai Hosting Unlimited

Agar-Maksimal,-Website-Wajib-Pakai-Hosting-Unlimited

Meskipun memang beda fungsi domain dan hosting ini cukup mencolok, tetap saja kedua komponen ini sangat penting dalam menjalankan sebuah website.

Agar maksimal, Anda tentu harus memilih hosting dan domain yang sama-sama berkualitas. Salah satunya adalah dengan menggunakan hosting unlimited.

Seperti namanya, layanan ini memungkinkan wesbite berjalan tanpa batasan diskspace.

Dengan demikian, Anda bisa menyimpan file-file standar website jauh lebih banyak dan bikin lega. Tampilan website pun akan jauh lebih kaya dalam hal konten berkualitas.

Kesimpulan:

Bagaimana? Sudah cukup memahami bukan apa beda fungsi domain dan hosting? Maka Anda bisa langsung membuat website saat ini juga. Ingat, pastikan memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas yang tidak terbatas supaya website Anda makin eksis di dunia maya.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *