Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian WLAN WMAN WPAN

2 min read

Apa yang membedakan antara LAN dan WLAN? Apakah pengertian WLAN? Di halaman ini, Anda bisa menemukan pengertian dari WLAN, WMAN, dan WPAN.

Anda juga bisa mempelajari contoh dari WLAN dan apa yang membedakan WLAN dari Wi-Fi. Silahkan simak pembahasannya berikut ini hingga selesai.

Pengertian WLAN Adalah

Pengertian-AWLAN-Adalah

WLAN merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network yang adalah suatu jaringan dengan cakupan area lokal yang mengirimkan transmisi media menggunakan gelombang radio. Untuk menghubungkan pengguna dengan pengguna lain, WLAN memanfaatkan jaringan nirkabel.

Dengan tanpa menggunakan kabel, WLAN yang menghubungkan beberapa pengguna juga disebut sebagai jaringan wireless. WLAN menggunakan frekuensi radio untuk koneksi, point access, dan transmisi data berupa transceiver dua arah yang berfungsi di 2,4 GHz sampai 5 GHz.

Teknologi ini bersifat fleksibel dan memungkinkan para penggunanya untuk menciptakan suatu jaringan tanpa menggunakan kabel. Biaya yang diperlukan untuk pembuatan jaringan ini pun lebih murah dibandingkan dengan jaringan yang dibuat dengan kabel.

Proses pemasangan jaringan ini pun sangat praktis dan mudah karena pengguna tidak perlu memasang kabel yang rumit. WLAN juga sudah ada di setiap laptop dan smartphone sehingga pengguna tinggal menggunakannya saja.

Pengertian WLAN Menurut Para Ahli

Pengertian-WLAN-Menurut-Para-Ahli

Ada banyak pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari WLAN. Beberapa diantaranya adalah:

1. Priyambodo

Wireless adalah standar jaringan yang tidak menggunakan kabel dan berfungsi untuk menyempurnakan berbagai komponen pada jaringan internet sehingga komputer bisa terhubung atau terkoneksikan dengan internet tanpa ribet tetapi dengan mudah.

2. Onno W. Purbo

Wireless adalah standar yang kerap digunakan sebagai sebuah alat bantu untuk komunikasi jaringan yang bisa digunakan tanpa kabel. Hal ini mendasari spesifikasi IEEE dan biasanya jaringan ini dibagikan atau digunakan bersama-sama oleh komunitas tertentu.

3. Doni Kurniawan

Wireless merupakan suatu teknologi lama yang telah diterapkan pada netbook dengan Pentium 3 dan akan diterapkan di netbook generasi terbaru. Tujuan dari penerapan teknologi ini adalah supaya teknologi ini dapat menjadi semakin maju dan lebih berkembang.

Pengertian WMAN

Pengertian-WMAN

Sedangkan mengenai WMAN, ini merupakan singkatan dari Wireless Metropolitan Area Network yang adalah suatu jaringan nirkabel yang lain yang cakupan areanya hingga 50 kilometer atau 31 mil. Jaringan jenis ini memungkinkan beberapa bangunan untuk tetap terhubung satu sama lain.

Jaringan WMAN seringkali digunakan untuk menghubungkan beberapa kampus milik satu universitas, beberapa gedung milik perusahaan yang sama, atau rumah sakit yang terbagi menjadi beberapa blok. Jaringan WMAN bergantung pada cahaya inframerah atau gelombang radio untuk transmisi data.

WMAN memiliki konektivitas nirkabel yang kuat sehingga jaringan jenis ini sering dimanfaatkan sebagai cadangan jaringan kabel. WMAN biasanya berada di tengah WLAN dan WWAN. Jaringan WMAN diatur agar bisa menghubungkan beberapa titik LAN.

WMAN memiliki tujuan utama untuk menyediakan koneksi tanpa kabel antara lebih dari satu node LAN yang berfungsi penuh dan independent. Selain pengertian WLAN dan WMAN, perhatikan penjelasan mengenai WPAN di bawah ini.

Pengertian WPAN

Pengertian-WPAN

WPAN merupakan jaringan lain yang juga nirkabel. Kata WPAN merupakan singkatan dari Wireless Personal Area Network yang berarti jaringan nirkabel dengan cakupan area sangat sempit, kurang lebih 20 meter saja. Jaringan ini dirancang untuk digunakan sebagai sebuah jaringan personal.

Penggunaan jaringan WPAN sudah sangat luas. Peralatan mobile seperti smartphone, laptop, serta PDA biasanya sudah dilengkapi oleh jaringan ini. Pemanfaatan jaringan WPAN yang paling sering terjadi adalah sinkronisasi antar gadget dengan laptop atau PC.

Contoh WLAN

Contoh-WLAN

Jaringan WLAN bisa digunakan dalam berbagai cara. Sebenarnya, pemanfaatan jaringan ini sama dengan penggunaan jaringan LAN dengan kabel.

Ada beberapa bentuk pemanfaatan jaringan WLAN yang bisa Anda coba, yaitu:

✓  Melakukan transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

✓  Berbagi printer sehingga satu printer bisa digunakan oleh beberapa pengguna pada waktu yang sama. Namun untuk bisa melakukan hal ini, printer Anda juga wajib tersambung ke jaringan WLAN.

✓  Membagikan koneksi internet dengan cara salah satu perangkat harus menjadi sumber internet kemudian sumber tersebut wajib terkoneksi ke sebuah jaringan wireless.

✓  Mengatur peralatan tertentu seperti audio video misalnya mengatur sound system atau TV. Anda bisa mengatur berbagai peralatan tersebut dengan mudah menggunakan gadget atau komputer Anda.

Perbedaan WLAN Dan Wi-Fi

Perbedaan-WLAN-dan-Wi-Fi

Selain memahami pengertian WLAN, Anda juga perlu mengetahui perbedaan antara jaringan ini dengan Wi-Fi.

Perbedaan yang paling penting adalah WLAN merupakan konsep komunikasi menggunakan jaringan wireless yang bisa dilakukan oleh beberapa mesin.

Sedangkan Wi-Fi merupakan implementasi dari jaringan WLAN.

Wi-Fi sebenarnya adalah sebuah merek dagang yang bisa digunakan di berbagai perangkat selama perangkat itu memenuhi standar yang ditetapkan. Wi-Fi digunakan di banyak perangkat agar bisa terhubung ke WLAN dan internet.

Sederhananya, Wi-Fi adalah penerapan praktis dari jaringan WLAN. Jaringan Wi-Fi menyediakan beberapa keunggulan tapi juga menawarkan berbagai hal yang persis sama dengan yang ditawarkan oleh jaringan WLAN. Apakah jaringan yang ada di smartphone merupakan jaringan WLAN?

Jaringan pada smartphone bukan jaringan WLAN tetapi jaringan WAN. Dibandingkan dengan jaringan yang dimiliki oleh smartphone, WLAN menawarkan lebih banyak keuntungan data karena pengiriman bandwidthnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan akses tanpa kabel.


Simak juga: √ Perangkat Keras Komputer: Pengertian, Macam & Fungsinya


Sekarang Anda tentu sudah memahami berbagai perbedaan antara jaringan WLAN, WMAN, WPAN, dan bahkan Wi-Fi. Bagikan informasi yang Anda dapatkan disini sehingga orang lain pun akan bisa mendapatkan ilmu yang sama mengenai teknologi ini.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Sound Card

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Scanner

Riski M.pd
2 min read

Cara Cepat Belajar IT

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Internet

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Internet

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *