Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Webcam

2 min read

Webcam merupakan salah satu aksesoris yang sering dipakai oleh para pengguna komputer. Jika Anda juga berminat menambahkan webcam di komputer, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu pengertian webcam, jenis-jenisnya, serta fungsi dari webcam tersebut sebelum membelinya.

Berikut ini Cryptowi akan membahas seputar webcam, silahkan simak ulasannya hingga selesai.

Pengertian Webcam Adalah

Pengertian-Webcam-Adalah

Webcam atau web camera adalah sebuah perangkat keras atau alat yang memiliki bentuk kamera digital, dan biasanya terpasang di komputer atau laptop.

Seperti kebanyakan kamera, webcam bisa digunakan untuk mengirimkan gambar melalui sambungan internet.

Pada awal perkembangannya, webcam dianggap sebagai sebuah alat yang eksklusif. Namun seiring kemajuan zaman, kehadiran webcam tidak lagi terlihat mewah karena saat ini berbagai produk laptop sudah otomatis dilengkapi dengan webcam, meskipun banyak komputer belum memilikinya.

Para pengguna komputer masih harus membeli perangkat webcam sebagai aksesoris yang biasanya dijual terpisah dari komputernya.

Pengertian Webcam Sistem

Pengertian-Webcam-Sistem

Webcam sistem merupakan sebuah peripheral berupa kamera dan digunakan sebagai pengambil gambar atau citra, serta berupa mikrofon sebagai pengambil audio atau suara. Alat ini dikendalikan menggunakan jaringan komputer atau komputer.

Gambar yang webcam ambil akan ditampilkan ke monitor komputer. Karena secara langsung dikendalikan oleh sebuah komputer, maka terdapat port atau interface yang menghubungkan perangkat ini dengan komputer.

Web camera biasanya digunakan untuk berbagai instant messaging program, seperti AIM atau AOL Instant Messenger, Yahoo Messenger, Skype, serta Windows Live Messenger.

Webcam dirancang untuk digunakan sebagai sebuah kamera pemantau atau untuk konferensi dari jarak  jauh.

Pengertian WebcamMax

Pengertian-WebcamMax

Untuk bisa menggunakan perangkat webcam, Anda wajib memasang aplikasi atau program tertentu seperti WebcamMax.

Aplikasi ini benar-benar menarik, karena bisa Anda integrasikan dengan banyak aplikasi untuk chatting seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

WebcamMax memungkinkan Anda untuk merekam dan mengedit video juga, selain menambahkan ribuan efek berkualitas tinggi ke foto atau video yang Anda ambil menggunakan webcam.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai kelebihan seperti:

1. Default Cam

Selama pengaturan, Anda bisa menghubungkan WebcamMax dengan lusinan aplikasi yang berbeda. Anda juga bisa mengubah pengaturannya di bagian Advanced Options.

2. Multiple Feeds dan Picture in Picture

Anda juga bisa menampilkan multiple feeds dengan menggunakan fitur Pi Patau Picture in Picture. Singkatnya, Anda bisa melakukan chat sambil memonitor feed lain di jendela PiP atau menunjukkan video kepada teman Anda menggunakan PiP ketika sedang chatting.

3. Virtual Webcam

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dengan banyak webcam dan bahkan bisa berfungsi tanpa adanya webcam. Aplikasi ini mampu menampilkan gambar, video, dan feed lain di aplikasi chat dan aplikasi lain yang Anda miliki.

4. Efek

Ada banyak efek yang dimiliki oleh aplikasi ini, termasuk background, filter, frame, scene, animasi, distorsi, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan gambar, teks, dan beberapa efek sekaligus di gambar yang Anda ambil.

Selain pengertian webcam, berikut penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis webcam yang sebaiknya Anda ketahui.

Jenis-Jenis Webcam

Jenis-Jenis-Webcam

Setidaknya ada 4 jenis webcam yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. USB Webcam

Yang adalah solusi terbaik bagi pengguna komputer yang masih baru. jenis webcam ini mendukung fasilitas Plug and Play atau PnP serta bisa dikoneksikan ke port USB secara langsung.

Untuk bisa menggunakan webcam ini, komputer Anda harus memiliki USB port.

2. Parallel and Serial Port Webcam

Jenis ini sudah sangat tua serta jarang ditemukan pada jaman ini. Webcam jenis ini juga tidak menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Frame rate yang dihasilkannya pun sama rendahnya, sehingga penggemar webcam ini pun semakin berkurang.

3. Card Based and Firewire Webcam

Firewire merupakan sebuah teknologi berjenis video capture yang sangat diperlukan oleh kamera yang bisa mendukung teknologi ini.

Biasanya, webcam yang memerlukan teknologi video capture ini dijual dengan harga mahal, tetapi mampu menghasilkan frame rate yang tinggi hingga 30 fps.

4. Wireless and Network Camera

Perangkat kamera ini tidak memerlukan fasilitas komputer sama sekali, karena bisa langsung Anda hubungan ke jaringan internet dengan menggunakan modem.

Transfer suara dan gambar bisa dilakukan secara langsung menuju line telepon atau jaringan LAN menggunakan modem.

Fungsi Webcam

Fungsi-Webcam

Setelah memahami pengertian webcam dan berbagai jenis webcam, berikut beberapa fungsi dari webcam yang juga penting untuk diketahui:

1. Komunikasi

Dengan adanya webcam, Anda bisa berkomunikasi dengan kerabat yang tinggal di luar negeri dengan melihat wajah mereka secara langsung. Para penganut hubungan jarak jauh bisa memandang lawan bicara mereka dengan leluasa sambil menceritakan berbagai hal.

2. Belajar

Saat ini, kegiatan belajar bisa dilakukan secara online dan tentunya kehadiran webcam membantu tercapainya kegiatan belajar tersebut. Webinar atau seminar melalui web pun bisa dilakukan.

3. Konferensi

Perusahaan pun bisa mengadakan konferensi jarak jauh, sehingga para karyawan tidak perlu berada di lokasi tertentu untuk mengikuti rapat perusahaan.


Simak juga: √ Pengertian Data (Lengkap) Menurut Para Ahli & Istilah Lain


Sudahkah Anda melengkapi komputer dengan webcam berkualitas? Pastikan webcam yang Anda miliki mampu menampilkan gambar yang berkualitas tinggi demi kenyamanan berkomunikasi.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Teknologi

Riski M.pd
2 min read

Pengertian CPU

Riski M.pd
3 min read

Perangkat Keras Komputer

Riski M.pd
2 min read

Pengertian RAM

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Speaker

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *