Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Web Hosting

2 min read

Mungkin kita sering mendengar istilah web hosting ketika membicarakan website. Tetapi tahukah Anda apa itu web hosting? Apa perannya bagi website? Mari sekarang kita belajar tentang apa itu web hosting.

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah pengertian web hosting. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk belajar mengenai pengertian web hosting.

Pengertian Dan Jenis Web Hosting

Pengertian-Dan-Jenis-Web-Hosting

Web hosting merupakan salah satu unsur terpenting dalam website. Anda harus memiliki akses ke web hosting terlebih dahulu untuk membuat atau mengelola suatu website.

Web hosting merupakan komputer yang terhubung internet dan digunakan untuk menyimpan data agar bisa diakses secara online.

Web hosting merupakan istilah yang ditujukan untuk aktivitas maupun layanan penyimpan informasi pada website yang akhirnya dapat ditampilkan agar bisa diakses oleh pengguna. 

Dalam pembuatan website, web hosting mempunyai peran yang cukup sentral. Peran web hosting berguna dalam membuat website agar pengguna internet yang ingin mengakses website menjadi lebih mudah dan lancar.

Contohnya adalah, ketika Anda mempunyai bisnis yang Anda iklankan pada website Anda. Web hosting akan memudahkan calon konsumen untuk mengakses lapak jualan online/website Anda tanpa halangan dalam dua puluh empat jam. 

Web hosting juga berfungsi untuk menyimpan data yang Anda miliki di dalam website. 

Selama ini banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan berbagai jenis web hosting untuk Anda.

Jenis web hosting tersebut di antaranya Shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

Setiap jenis hosting tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar lebih terperinci, Anda dapat melakukan riset kecil dengan mencari kelebihan dan kekurangan di antara tiga jenis hosting tersebut.

Tips Memilih Web Hosting

Tips-Memilih-Web-Hosting

Setelah mengetahui jenis hosting, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih web hosting.

Web hosting yang bagus tidak selalu mahal. Anda bisa memilih web hosting murah yang dapat Anda sesuaikan dengan budget Anda.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih web hosting adalah:

1. Disk space

Disk space mempunyai peran seperti hard disk. Disk space merupakan ruang penyimpanan yang akan Anda gunakan untuk menyimpan data pada server. Semakin besar data yang ingin Anda simpan di website, semakin besar pula disk space yang Anda butuhkan.

2. Bandwidth

Bandwidth merupakan besaran hitungan transfer data yang ada di antara server dengan komputer yang mengakses. Apabila semakin banyak yang mengakses maka bandwith yang digunakan semakin besar pula. Untuk itu, pastikan Anda memilih web hosting dengan bandwith yang mampu menampung jumlah pengunjung bulanan-rata-rata.

3. Webmail

Webmail merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola email pada server hosting. Fungsinya adalah mengelola email yang masuk dan kelur. Selain, itu webmail berguna untuk menyimpan email.

Dengan webmail ini, Anda bisa berkirim email menggunakan nama domain Anda, misalnya [email protected] Hal ini tentu membuat pesan email Anda lebih terlihat profesional.

4. Cpanel

Cpanel merupakan control panel server pada hosting yang berguna untuk mengelola dan mengatur fitur pada server hosting. Dengan adanya Cpanel ini, pengguna hosting dapat mengatur konfigurasi pada website dengan mudah, di antaranya untuk membuat addon domain, subdomain, akun email, mengatur file, dan sebagainya.

5. Data Center

Data center adalah lokasi penyimpan server hosting yang dilengkapi infrastruktur yang berguna menjaga server dari gangguan. Data center masih dapat dibagi menjadi beberapa level yang disebut tiers. Di mana setiap tiers mempunyai perbedaan infrastruktur pendukung.

6. Gratis Domain

Sama halnya dengan web hosting, domain juga merupakan unsur penting pada website. Jika web hosting ibarat rumah, makan domain ibarat alamat untuk menuju suatu website. Contohnya: “domiananda.com”.

Beberapa penyedia web hosting memberikan domain gratis di tahun pertama saat melakukan pembelian paket web hosting tertentu. Bagi Anda yang membuat website pertama kali, memilih layanan web hosting yang menyediakan gratis domain tentu sangat membantu dan lebih hemat.

Membuat Website Itu Mudah

Membuat-Website-Itu-Mudah

Setelah mengetahui tips memilih web hosting yang sesuai dengan keinginan, selanjutnya Anda dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan website sebagai sarana periklanan produk Anda. 

Hari ini, membuat website mudah. Bahkan, Anda dapat belajar secara otodidak. Untuk merasakan kemudahan itu, pastikan bahwa Anda memilih layanan hosting yang didukung Auto Install WordPress, CS 24 jam, dan menyediakan konten edukatif seputar mengelola website yang bisa Anda pelajari secara otodidak.

Selain itu, pastikan juga bahwa web hosting yang Anda pilih menyediakan disk space dan bandwidth sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa, ketersediaan fitur kecepatan dan keamanan juga penting diperhatikan.

Demikian penjelasan serba-serbi tentang web hosting. Kita telah membahas tentang pengertian web hosting, fungsi web hosting pada website, jenis web hosting, tips memilih web hosting, dan hal-hal lain tentang website. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda seputar web hosting.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tips Membeli Baju Bayi

Riski M.pd
2 min read

Cara Belajar Efektif

Riski M.pd
2 min read

Tata Ruang Kantor

Riski M.pd
3 min read

Metode Pembelajaran

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *