Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Video

3 min read

Video adalah sebuah kata yang sudah muncul sejak puluhan tahun silam dan terus digunakan hingga sekarang.

Ada video Youtube, Tiktok, Instagram, video travelling, pernikahan, dan sebagainya. Hampir setiap orang sudah tahu bentuk video itu seperti apa.

Tapi sebenarnya, apa sih pengertian video? Silahkan simak pembahasannya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Video Secara Umum

Pengertian-Video-Secara-Umum


Secara historis, kata video berasal dari kata kerja latin “videre to see”, yang kemudian digunakan untuk menciptakan istilah baru “viddy”, dan pada akhirnya diubah menjadi kata “video”.

Secara umum, definisi dari video adalah rekaman gambar visual bergerak yang dibuat secara digital atau pada kaset.


Pengertian Video Menurut Para Ahli

Pengertian-Video-Menurut-Para-Ahli

1. Menurut Sukiman

Video adalah media yang dapat memperlihatkan gambar, disertai dengan suara, dan ditampilkan pada saat yang bersamaan.

2. Azhar Arsyad

Video adalah media elektronik untuk merekam, menyalin, memutar ulang, menyiarkan, dan menampilkan media visual bergerak.

3. Cecep Kustandi

Video adalah alat yang dapat memaparkan proses, menyajikan informasi, mengajarkan keterampilan, mempengaruhi sikap, menyingkat atau memperlambat waktu, dan menjelaskan konsep-konsep yang rumit.

4. Arief S. Sadiman

Video adalah suatu media pengirim pesan yang dapat menampilkan suara serta gambar bergerak. Pesan tersebut dapat berupa fakta (seperti berita atau kejadian dan peristiwa penting) maupun fiktif (misalnya sebuah cerita rekayasa) yang bisa mengedukasi atau hanya bersifat informasi.

5. Daryanto

Video merupakan rekaman digital dari sebuah gambar atau kumpulan gambar (seperti film atau animasi).

6. Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo

Video adalah program, film, atau produk media visual lainnya yang menampilkan gambar bergerak, dengan atau tanpa audio, yang direkam dan disimpan secara digital

Pengertian Video Dalam Multimedia

Pengertian-Video-Dalam-Multimedia


Dalam multimedia, definisi video adalah sumber multimedia visual yang menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan gambar yang bisa bergerak.

Video mengirimkan sinyal ke layar dan memproses urutan tangkapan layar yang harus ditampilkan.


Pengertian Video Digital

Pengertian-Video-Digital


Video digital adalah jenis sistem perekaman video menggunakan sinyal digital, yang biasanya dibuat oleh industri komputer.

Video digital dapat disalin berkali-kali, tidak ada penurunan kualitas, dan dapat diedit menggunakan perangkat lunak yang sudah tersedia.

Jenis video ini digunakan tidak hanya untuk televisi digital, tapi juga untuk telepon genggam, sistem konferensi video, dan media distribusi internet.


Fungsi Video

Fungsi-Video

Menurut penelitian, tampilan visual dan suara dari video menarik bagi khalayak luas dan membuat setiap penonton dapat memproses informasi dengan cara yang alami dan efisien, sehingga disimpulkan bahwa fungsi video adalah sebagai berikut:

✓  Menciptakan pengalaman sensorik yang lebih menarik daripada menggunakan materi cetak atau suara

✓  Meningkatkan pengalaman

✓  Menambah wawasan / ilmu

✓  Bisa melihat dunia luar tanpa harus datang ke lokasi

✓  Menyediakan sumber daya yang dapat ditonton dari mana saja dengan koneksi internet, dan dapat diakses di banyak perangkat termasuk laptop, tablet, dan smartphone

✓  Meningkatkan retensi pengetahuan, karena dapat dihentikan dan diputar ulang sebanyak yang diperlukan

✓  Sangat membantu dalam pembelajaran semua mata pelajaran dan bidang pekerjaan

✓  Meningkatkan kemahiran dalam literasi dan komunikasi digital

Jenis-Jenis Video

Jenis-Jenis-Video

Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini:

»  Berita: video yang menyampaikan sebuah berita

»  Cerita video: tujuannya adalah memaparkan sebuah cerita

»  Pendidikan: video yang diambil untuk tujuan pendidikan / pembelajaran

»  Periklanan: jenis video ini paling sering dilihat sebagai iklan TV, yaitu suatu perusahaan mengiklankan produknya secara kreatif untuk memikat calon pembeli.

»  Dokumenter: inilah jenis video yang subjeknya didokumentasikan / direkam (bisa orang atau suatu kejadian) dan biasanya digunakan untuk penelitian atau studi.

»  Presentasi video: video yang dibuat dengan maksud mengkomunikasikan suatu gagasan atau ide kepada seseorang, sekelompok orang, atau suatu organisasi

»  Video acara: video jenis ini adalah salah satu yang paling terkenal, yang direkam selama acara khusus, seperti pesta, resepsi pernikahan, ulang tahun, atau lainnya.

»  Musik video: merupakan sebuah pertunjukan yang direkam dalam bentuk video dan ada sebuah lagu yang sedang dinyanyikan. Video-video jenis ini biasanya memiliki tema, ada pertunjukan tari, dan disertai beragam visualisasi keren.

»  Demo produk: video jenis ini mirip dengan iklan tapi lebih detail. Video demo produk menunjukkan kepada klien bagaimana produk tertentu bekerja dengan mendemonstrasikan dan mendokumentasikannya dalam sebuah video untuk dipelajari klien.

»  Video drone: video yang dibuat menggunakan drone, dengan tujuan mendapatkan pemandangan dari atas dan menggeser lokasi dengan mulus tanpa menggunakan alat berat.

»  Real estat: video ini menunjukkan real estat serta fitur dan keindahannya untuk memikat calon klien agar membelinya.

»  Testimonial: video berisi rekaman pelanggan mengenai suatu produk / layanan yang baru saja dibeli / digunakan.

»  Video travelling: jenis video ini biasanya dibuat oleh blogger atau traveller. Video travelling adalah rekaman dokumentasi suatu perjalanan seseorang atau sekelompok orang pada periode waktu tertentu ke lokasi tertentu. Video ini juga sering dibuat oleh agen perjalanan sebagai bentuk promosi bisnis, yang menampilkan perjalanan ke tempat-tempat wisata, aktivitas apa yang harus dilakukan, serta tarifnya.

»  Walkthrough: video jenis ini biasanya terlihat di game. Seorang gamer membuat video panduan untuk membantu gamer lain saat bermain game, bisa berisi sebuah trik, teknik, dan sebagainya.

Sedangkan jenis video berdasarkan formatnya adalah:

  • MPEG 1
  • MP4
  • MOV
  • AVI (Audio Video Interlaced)
  • MKV (Matroska Video Container)
  • 3GP (3rd Generation Partnership Project)
  • ASF (Advance Streaming Format)

Simak juga: [Lengkap] Pengertian Metode: Para Ahli, Penelitian, Bahasa


Berdasarkan sejumlah pengertian video di atas, dapat disimpulkan bahwa video adalah gambar bergerak yang memiliki suara dan bisa diputar ulang berkali-kali.

Jenisnya sangat beragam mulai dari video travelling, demo produk, hingga dokumenter. Sedangkan fungsi utama dari video adalah membantu manusia menyerap informasi dengan lebih cepat dan menyenangkan.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Majas Paradoks

Riski M.pd
3 min read

Contoh Cerpen

Riski M.pd
9 min read

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *