Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Teks Cerita Fantasi

3 min read

Harry Potter, The Chronicles of Narnia, dan Legenda Danau Toba digolongkan dalam cerita fantasi.

Tetapi cerita seperti Negeri 5 Menara ataupun Pride and Prejudice tidak termasuk.

Mengapa begitu? Jawabannya, Anda perlu mengetahui tentang pengertian teks cerita fantasi, ciri-ciri, dan strukturnya yang telah dibahas oleh Cryptowi berikut ini.

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Pengertian-Teks-Cerita-Fantasi-

Definisi yang paling singkat adalah cerita yang didasarkan pada fantasi.

Dengan kata lain, pengarang mengandalkan apa yang ada di angan-angan untuk kemudian dituangkan dalam rangkaian peristiwa.

Teks cerita fantasi seringnya tidak membutuhkan logika.

Tokoh dan kejadian yang tertulis tidak berdasarkan pada fakta yang ada di dunia nyata.


Simak juga: Pengertian Laporan ( Secara Umum & Menurut Para Ahli )


Pengertian Teks Cerita Fantasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Teks-Cerita-Fantasi-Menurut-Para-Ahli

1. Nurgiyantoro

Menurut Nurgiyantoro, teks cerita fantasi adalah karangan yang memiliki tema, tokoh, latar, dan plot dengan kebenaran yang diragukan baik dalam sebagian maupun keseluruhan cerita.

2. Huck, dkk.

Definisi lain datang dari Huck. Menurutnya, teks cerita fantasi merupakan cerita yang kaya akan makna. Pengarang tidak hanya menonjolkan kisah yang hebat melainkan juga pesan yang berguna bagi kehidupan.

3. Zoest

Dalam pengertian yang lebih panjang, Zoest membaginya menjadi tiga poin penting. Pertama, teks cerita fantasi memuat semesta yang tidak nyata karena berasal dari imajinasi penulis.

Kedua, cerita tersebut menyuguhkan kejadian yang tidak rasional. Poin terakhir, teks cerita fantasi memiliki semesta yang dibuat mirip dengan dunia nyata dengan dibumbui unsur yang asing dan aneh.

4. Lloyd Alexander

Inti yang hampir sama dikemukakan oleh Lloyd Alexander. Teks cerita fantasi dimaknai sebagai sebuah cerita yang dibangun berdasarkan unsur kemustahilan. Dikatakan mustahil karena tidak sesuai dengan realita kehidupan yang ada.

Unsur-unsur Cerita Fantasi

Unsur-unsur-Cerita-Fantasi

Berdasarkan salah satu pengertian teks cerita fantasi, terdapat satu unsur yang disebutkan yaitu kemustahilan atau irasionalitas.

Unsur lain yang dapat ditemukan dalam cerita fantasi yakni:

✓  Menonjolkan sisi keajaiban dan kemisteriusan

✓  Memiliki tema cerita yang direka oleh penulis tanpa dibatasi oleh kehidupan nyata

✓  Menggunakan gaya bahasa yang lebih ekspresif dan variatif

✓  Memuat karakter yang dibekali dengan keahlian dan kesaktian yang mencengangkan

✓  Menggunakan latar yang khas yang menembus dimensi ruang dan waktu

✓  Memunculkan pesan berbobot yang dikemas dengan menarik dan bumbu fantasi

✓  Terkadang menggabungkan antara hal yang ada di dunia nyata dan dunia khayalan penulis termasuk juga tokoh yang dimunculkan


Struktur Teks Cerita Fantasi

Struktur-Teks-Cerita-Fantasi

Cerita fantasi memiliki kerangka yang memudahkan pengarang dalam menulis.

Berikut 4 struktur utama dari teks cerita fiksi:

1. Orientasi

Kerangka yang pertama disebut dengan orientasi. Ibaratnya, bagian ini adalah pintu untuk menuju dunia yang diciptakan oleh penulis. Dengan membaca orientasi, Anda akan dikenalkan dengan ide yang diangkat dalam cerita, siapa saja tokoh yang akan muncul dan sinopsis mengenai plot cerita.

2. Konflik

Selanjutnya, Anda akan diajak untuk mengetahui permasalahan yang ada di dalam cerita. Bagian konflik meliputi penyebab adanya suatu konflik, klimaks yang terjadi hingga akibat yang ditimbulkan.

3. Resolusi

Kerangka yang ketiga ini berperan sebagai jembatan menuju akhir cerita. Pengarang akan menjelaskan mengenai penyelesaian dari konflik yang terjadi. Resolusi ini nantinya akan memiliki pengaruh pada bagaimana  cerita akan berakhir.

4. Penutup

Karena sudah dijembatani oleh resolusi, maka Anda akan lebih mudah memahami ending. Biasanya, jenis ending yang diterapkan adalah happy ending, sad ending, dan open ending. Namun, open ending lebih jarang dipilih untuk cerita fantasi.

Contoh Cerita Fantasi

Contoh-Cerita-Fantasi


Cucu Seorang Penyihir


Dahulu kala ada dua orang kakak beradik yang hidup di dalam hutan dengan neneknya. Sang nenek adalah penyihir hebat. Dia memutuskan menyepi dari keramaian dan membawa serta kedua cucunya yang telah ditinggal mati kedua orang tuanya.

Sang nenek berniat untuk mengajarkan ilmu sihir kepada kedua cucunya lelakinya, Ayay dan Yunyun. Ayay, si kakak, berusia 15 tahun sedangkan Yunyun, si adik, berusia 10 tahun. Sifat kaka beradik ini sungguh berbeda.

Ayay adalah anak yang ceria dan penuh semangat. Yunyun sangat pendiam, egois, dan mudah iri.

Suatu hari, sang nenek mengajak keduanya ke sungai. Ayay dan Yunyun akan diajari cara menangkap ikan tanpa kail. Sesampainya di sungai, nenek menjelaskan bahwa semua ikan di sungai bisa ditangkap untuk dimakan.

Tapi, ada satu ikan yang saat tertangkap harus segera dikembalikan. Ayay begitu antusias mendengarkan tapi Yunyun sama sekali tidak peduli.

Setelah mengetahui mantranya, Ayay langsung mempraktekkan. “Wah, Ayay dapat satu ikan! Yunyun, ayo cepat keluarkan mantranya.”

“Diamlah, kak! Aku juga bisa!” Kemudian, Yunyun mendekat ke tepi sungai dan mengeluarkan mantra, dan voila! Keluarlah seekor ikan besar berwarna perak dengan ekor berwarna biru. Tanpa pikir panjang, Yunyun langsung menancapkan batang pohon ke tubuh ikan, dan alhasil ikan pun mati.

Tiba-tiba, langit berubah mendung dan angin berhembus kencang. Kemudian, terdengar teriakan histeris dari Yunyun. Sang nenek dan kakak mencoba menerobos angin kencang yang membatasi mereka dengan Yunyun tapi sia-sia. Saat mereda, tubuh Yunyun sudah hilang dan tergantikan dengan tikus kecil.

Ternyata, ikan yang mati ditangan Yunyun adalah ikan yang sudah dilarang oleh neneknya untuk diambil. Kutukan itu tidak bisa disembuhkan. Yunyun hanya bisa tertunduk menangis, sementara nenek dan Ayay hanya terdiam sembari mengelus tikus itu.


Simak juga: √ Pengertian Novel (Lengkap)


Setelah memahami apa itu pengertian teks cerita fantasi, pasti sudah bisa membedakannya dengan jenis teks lain.

Membaca cerita fantasi sangat menyenangkan karena Anda akan diajak menyelami dunia asing yang penuh keajaiban dan misteri. Bukan hanya untuk anak kecil, cerita fantasi juga cocok dikonsumsi oleh orang dewasa.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Contoh Teks Eksplanasi

Riski M.pd
4 min read

Contoh Kajian Pustaka

Riski M.pd
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Riski M.pd
2 min read

Contoh Teks Deskripsi

Riski M.pd
4 min read

Pengertian Puasa

Riski M.pd
2 min read

Contoh Review Jurnal

Riski M.pd
13 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *