Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Teknologi

2 min read

Semakin berkembangnya zaman dari masa ke masa, perkembangan teknologi pun semakin berkembang pesat.

Gaya hidup yang modern mampu mengubah pola hidup manusia sehingga menjadi lebih dinamis. Manusia pun berusaha menemukan inovasi baru di bidang teknologi. Salah satu gaya hidup modern di masa kini adalah penggunaan internet, yang bisa diakses oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Internet mampu membantu Anda untuk terus berkomunikasi dengan banyak orang dari manapun dan kapanpun, tanpa harus terhalang oleh jarak ataupun waktu.

Ada banyak juga teknologi lainnya yang diciptakan untuk memudahkan segala kegiatan atau pekerjaan manusia. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Teknologi Secara Umum

Pengertian-Teknologi-Secara-Umum


Kata teknologi itu sendiri berasal dari kata “technologia ” atau bisa juga berasal dari kata “techno”. Makna dari kedua kata tersebut adalah keahlian dan pengetahuan. Sehingga pengertian dari teknologi pada umumnya adalah sebuah keahlian atau hal-hal yang juga berkaitan dengan pengetahuan. Arti kata teknologi ini hanya terbatas pada benda yang memiliki wujud saja seperti misalnya peralatan/mesin.


Seiring dengan berjalannya waktu, pemahaman dari kata teknologi ini semakin meluas dan bukan merupakan benda yang memiliki wujud saja.

Maknanya bisa lebih luas lagi dari itu, bahkan bisa juga berhubungan dengan benda-benda yang tak ada wujudnya. Contoh teknologi yang tak berwujud ini diantaranya yaitu metode pembelajaran, bisnis, software, dan lain sebagainya.

Simak Juga: Pengertian Analisis

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian-Teknologi-Menurut-Para-Ahli

Definisi dari teknologi itu sendiri juga dikemukakan oleh para ahli yang pendapatnya sangat beragam.

Berikut ini beberapa pengertian tentang teknologi yang telah diungkapkan oleh para ahli :

M. Maryono

Definisi teknologi menurut M Maryono adalah terapan atau perkembangan dari berbagai jenis benda/peralatan yang digunakan manusia, atau bisa juga berupa sistem yang pada akhinya mampu menyelesaikan seluruh persoalan/masalah yang ada.

Jacques Ellil

Definisi teknologi menurut Jacques Ellil adalah metode yang sifatnya menyeluruh dan rasional serta mengarah, yang di dalamnya terdapat ciri efisiensi di segala aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia.

NN

Teknologi diartikan sebagai sebuah entitas baik yang berupa benda ataupun bukan, yang memang diciptakan dengan sengaja melalui segala proses dalam pemikiran dan perlakuan yang fungsinya adalah untuk mencapai sebuah nilai tertentu.

Macam-macam Teknologi

Macam-macam-Teknologi

Berikut ini macam-macam teknologi di kehidupan manusia saat ini :

1. Teknologi Bidang Ekonomi

Kemajuan ekonomi di berbagai bidang misalnya bidang ekonomi bisa dilihat dari sistem keuangan yang digunakan oleh banyak orang saat ini.

Misalnya, zaman dahulu transaksi pembelian dan penjualan dilakukan secara manual tetapi sekarang mulai beralih ke sistem online, yang dimana pembeli dan penjual tidak harus saling bertatap muka untuk bertransaksi.

Sistem keuangan lainnya yang juga semakin maju dan berkembang di bidang teknologi ini adalah hadirnya e-money, yang semakin memudahkan sistem pembayaran di segala hal.

2. Teknologi Bidang Informasi

Kemajuan yang ada di bidang informasi bisa dilihat dari kemudahan setiap orang dalam menerima informasi, salah satunya melalui jaringan internet dan dari peralatan elektronik seperti gadget.

Contohnya segala jenis informasi yang bisa dilihat secara langsung melalui berbagai situs di jaringan internet tersebut.

3. Teknologi Bidang Pangan

Sistem pertanian atau metode di bidang pertanian yang sekarang digunakan juga sudah lebih canggih.

Sistemnya sangat berbeda dengan zaman dahulu, baik dalam hal menanam, memilih bibit, atau teknik dan cara menanamnya kini sudah jauh lebih modern.

4. Teknologi Bidang Komunikasi

Kemajuan komunikasi bisa dilihat secara langsung dari kemudahan seseorang dalam berkomunikasi.

Contohnya mulai banyak bermunculan aplikasi chatting yang bisa digunakan oleh seseorang dalam berkomunikasi dengan orang yang lainnya, walaupun terpisahkan oleh jarak atau waktu. Jika Anda memerlukan sebuah referensi terkait dengan teknologi dan informasi terbaru, bisa ke Thelastsurvivors.

Sejarah Teknologi

Sejarah-Teknologi

Berikut ini sejarah singkat dari teknologi dari masa ke masa :

1. Masa Pra Sejarah

Teknologi di zaman ini hanya berupa bahan perunggu batu dan juga besi, atau jenis teknologi lainnya yang lebih baik seperti kapak genggam, bejana, pedang dan sebagainya.

2. Abad Pertengahan sampai Era Modern

Teknologi di zaman ini sudah mengalami perkembangan yang dilihat dari banyaknya penemuan di berbagai bidang misalnya penemuan alat-alat seperti navigasi kapal, mesin cetak, aljabar dan sebagainya.

3. Abad 21

Teknologi sudah semakin berkembang di berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, rumah tangga, sosial, informasi dan sebagainya.

Manfaat Teknologi

Manfaat-Teknologi

Berbagai temuan di bidang teknologi yang semakin pesat setiap tahunnya membuat teknologi mampu memberi manfaat untuk banyak orang.

berikut ini beberapa manfaat teknologi bagi kehidupan manusia :

1. Bidang Pendidikan

Sistem pembelajaran yang dilakukan sebelumnya yaitu sistem konvensional yang memberikan materi secara langsung pada siswa.

Namun dengan adanya internet sistem pendidikan yang sekarang bisa dilakukan dengan e-learning system, yang membuat pengajar dan peserta didik tak harus saling berhadapan dalam proses belajar mengajar.

2. Bidang Komunikasi

Masih berkaitan dengan internet, manfaat teknologi di bidang komunikasi ini juga semakin berkembang seperti mulai banyak alat elektronik seperti handphone, tablet dan sebagainya yang semakin memudahkan komunikasi.

Komunikasi bisa dilakukan dengan murah dan cepat, dan tentu semakin mudah.

3. Bidang Bisnis

ATM merupakan mesin pelayanan untuk nasabah yang mampu membuat segala transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan cepat. Mesin ini menjadi salah satu bukti bahwa teknologi dapat dioperasikan dengan otomatis, sehingga perkembangan di dunia bisnis pun semakin cepat.

Kesimpulannya, pengertian teknologi ini pada umumnya merupakan sebuah ilmu yang sering dihubungkan dengan alat/mesin, dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Database

Danar
2 min read

Tips Belajar Pemrograman Dasar

Danar
3 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Danar
3 min read

Cara Cepat Belajar IT

Danar
2 min read

Sejarah Internet

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *