Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Teknik

3 min read

Teknik tidak selalu berkaitan dengan hal yang rumit dan memusingkan. Bahkan sebenarnya, Anda sering mempraktikannya dalam keseharian.

Teknik juga tidak hanya merujuk pada satu bidang. Penjelasan mengenai pengertian teknik, jenis dan contoh akan membantu Anda untuk menjawab rasa penasaran.

Silahkan simak ulasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Teknik

Pengertian-Teknik-

Apa yang disebut dengan ‘teknik’ sejatinya sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Contoh sederhananya adalah saat seseorang akan menangkap tikus, maka diperlukan jebakan yang disisipi makanan untuk memancing.

Cara tersebut dinamakan dengan teknik yang dapat mempermudah manusia dalam mencapai tujuannya.

Dengan kata lain, teknik adalah suatu cara atau prosedur yang digunakan oleh seseorang agar sesuatu dapat dilakukan dengan cepat dan berhasil.

Dalam KBBI, teknik dimaknai sebagai metode yang dirancang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Teknik yang sederhana dalam kehidupan sehari biasanya didapat dari pengalaman ataupun uji coba.

Sedangkan dalam ranah yang lebih formal misalnya akademis dan industri, teknik dihasilkan dari penelitian para pakar di tiap bidang.

Pengertian Teknik Menurut Para Ahli

Pengertian-Teknik-Menurut-Para-Ahli

1. James Havery

Teknik dalam pandangan James Havery terbagi menjadi dua poin. Menurutnya, teknik adalah suatu prosedur yang rasional agar komponen yang saling berkaitan dapat menjadi satu kesatuan. Selanjutnya, teknik memiliki kegunaan untuk membantu mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

2. Anatol Raporot

Lebih singkat, pengertian teknik dari Anatol Raporot merujuk pada kumpulan dari beberapa perangkat yang saling mempengaruhi satu sama lain.

3. John Manama

Secara mendalam, John Manama memberikan pendapatnya soal teknik. Beliau menganggap bahwa teknik merupakan struktur yang bersifat konseptual dan terbentuk dari beragam fungsi yang memiliki hubungan. Struktur tersebut dikatakan sebagai kesatuan untuk mendapatkan apa yang dituju.

4. Ackof

Inti yang sama dikemukakan juga oleh Ackof. Menurutnya, teknik adalah bagian-bagian yang menjelma menjadi satu kesatuan yang konseptual dan memiliki ketergantungan antar satu sama lain.

Pengertian Teknik Dalam Olahraga

Pengertian-Teknik-Dalam-Olahraga

Segala ranah dalam kehidupan manusia membutuhkan teknik untuk memberikan kemudahan, termasuk olahraga.

Definisi teknik dalam ranah olahraga adalah serangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan lebih sempurna hasilnya.

Setiap cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Teknik dasar tersebut bermanfaat sebagai pedoman seseorang untuk berlatih.

Gerakan yang ada di semua cabang olahraga harus dikuasai dari yang paling mudah dulu. Setelah mahir, barulah lanjut ke gerakan yang lebih kompleks.

Agar lebih memahami, berikut teknik dasar dari cabang olahraga voli:

1. Servis

Permainan bola voli dibuka dengan servis dari salah satu tim. Tahapan untuk melakukan servis wajib diperhatikan agar bola dapat sampai ke area tim lawan. Poin penting dalam teknik servis meliputi sikap badan, lambungan bola voli dan waktu untuk memukul bola.

2. Passing Atas

Gerakan passing atas diperlukan agar bola tetap di atas permukaan tanah. Teknik dasar untuk melakukan passing atas dipengaruhi oleh posisi ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk.

3. Passing Bawah

Terdapat beberapa cara untuk melakukan passing bawah dengan sempurna. Cara tersebut antara lain memperhatikan posisi kaki, posisi lutut, jari-jari tangan dan ayunan tangan.

4. Block

Gerakan block sangat penting agar tim lawan tidak mencetak angka. Teknik dasar dari block antara lain posisi badan dekat dengan net, sikap seperti setengah jongkok yang siap melompat, dan tangan di depan dada yang bersiap untuk membendung bola.

5. Smash

Agar dapat mencetak angka, teknik dasar smash perlu dipraktikkan. Hal yang mempengaruhi antara ain posisi badan, posisi kaki, ayunan kedua lengan, sikap telapak tangan dan lompatan.

Pengertian Teknik Dalam Seni Rupa

Pengertian-Teknik-Dalam-Seni-Rupa

Bidang seni rupa juga memiliki istilah tekniknya sendiri.

Pengertian teknik dalam seni rupa adalah metode yang dilakukan untuk menciptakan berbagai jenis karya seni baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Contoh seni rupa 2 dimensi yaitu lukisan, kaligrafi, mozaik dan poster.

Sedangkan seni rupa 3 dimensi meliputi patung, arsitektur dan vas bunga.

Teknik tersebut dibuat untuk memudahkan pemula dalam belajar.

Selain itu, teknik juga bermanfaat bagi mereka yang sudah mahir untuk lebih menyempurnakan dan mempercepat pengerjaan.

Berikut contoh teknik dasar dalam seni rupa 2 dimensi:

1. Teknik Transparan

Metode ini digunakan untuk menggambar suatu objek. Biasanya, media yang dipakai adalah cat air dan cara penyapuannya cukup tipis-tipis saja. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan terkesan transparan.

2. Teknik Kolase

Kolase merupakan teknik yang cocok diterapkan untuk menghasilkan lukisan abstrak. Metodenya adalah dengan memotong kertas menjadi beberapa bagian untuk kemudian disusun kembali sehingga membentuk objek tertentu. Hasilnya adalah apa yang Anda kenal dengan sebutan mozaik.

3. Teknik Plakat

Teknik ini memanfaatkan meida cat minyak akrilik dan cat poster. Goresannya tebal sehingga menghasilkan gambar berwarna padat.

Pengertian Teknik Sistem

Pengertian-Teknik-Sistem

Teknik sistem adalah sarana yang berguna dalam berbagai hal seperti analisis, rancangan dan dokumentasi. Objeknya adalah subsistem yang keberadaannya saling terkait.

Teknik sistem ini bermanfaat dalam berbagai disiplin ilmu.

Terdapat 3 tahap dalam pembuatan teknik sistem, yaitu:

✓  Proses analisis berkaitan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, ataupun kuesioner;

✓  Proses perancangan merupakan tahap untuk mengolah informasi yang sudah terkumpul. Contoh rancangannya seperti arus program, basis data dan formulir data input;

✓  Proses implementasi adalah tahap eksekusi dari rancangan yang sudah dibuat. Kegiatannya seperti penginstalan program dan pengujian.


Simak juga: √ Pengertian Kreativitas (Lengkap) Secara Umum & Para Ahli


Berdasarkan pengertian teknik dari berbagai sumber, maka dapat disimpulkan satu pernyataan. Teknik mengarah pada penerapan suatu ilmu guna memudahkan aktifitas manusia dalam segala bidang.

Teknik bisa didapat dari pengalaman secara langsung ataupun studi panjang yang membutuhkan pengujian di akhir. Jenis teknik dalam bidang yang berbeda yaitu teknik seni rupa, teknik olahraga, teknik kimia, teknik geodesi dan teknik fisika.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Majas Paradoks

Riski M.pd
3 min read

Contoh Cerpen

Riski M.pd
9 min read

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

One Reply to “Pengertian Teknik”

  1. mantab ka,semoga Allah memberi rahmat dan keberkahan terhadap kaka karena sudah memberi ilmu yang merubah pemikiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *