Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Strategi

2 min read

Politik dan perang mungkin dua hal yang Anda pikir paling berhubungan dengan strategi. Strategi dalam berperang dan strategi dalam berpolitik memang kerap didengar.

Namun, masih banyak pengertian strategi baik secara umum maupun dalam penggunaan khusus lainnya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai pembahasan strategi, silahkan simak ulasannya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Strategi Secara Umum

Pengertian-Strategi-Secara-Umum

Secara umum, konsep strategi dimaknai sebagai proses untuk menentukan rencana beserta cara-cara agar dapat merealisasikannya sesuai keinginan.

Strategi memiliki keterkaitan dekat dengan perencanaan tujuan dan perumusan cara yang digunakan dalam waktu tertentu.

Apabila Anda menilik KBBI, terdapat lebih dari satu definisi dari strategi.

Pertama adalah pengertian yang bersifat umum. Strategi merupakan suatu rencana yang disusun dengan cermat guna mencapai sasaran spesifik.

Dalam kehidupan sehari-hari, strategi memiliki peran yang cukup penting.

Setiap orang harus memiliki strategi agar apa yang menjadi tujuannya baik dalam jangka pendek maupun panjang dapat terwujud.

Setiap orang juga membutuhkan strategi agar tidak mudah dibodohi dan agar dapat melakukan sesuatu dengan lebih efektif.

Kedua, makna strategi dikhususkan dalam ranah militer dan negara.

Menurut KBBI, strategi adalah ilmu dan seni yang diaplikasikan untuk menjalankan siasat tertentu dalam peperangan. Ilmu dan seni tersebut dimanfaatkan oleh sumber daya yang dimiliki oleh bangsa.

Selanjutnya, strategi dianggap sebagai ilmu dan seni yang menjadi pedoman para tentara untuk melawan musuh.

Strategi juga dirujuk pada lokasi atau tempat yang sangat pas untuk menyusun siasat berperang yang jitu.

Strategi tidak bersifat stagnan tetapi terus menerus meningkat, beradaptasi dengan kondisi dan kontinyu.

Suatu kelompok yang menerapkan strategi A cenderung akan memodifikasi atau bahkan mengganti total apabila sudah tidak relevan.

Strategi akan terus hadir dalam bentuk yang baru dan lebih cocok dengan situasi yang tengah dihadapi.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Pengertian-Strategi-Menurut-Para-Ahli

1. Carl Von Clausewitz

Konsep strategi menurut Carl Von Clausewitz merujuk pada ranah peperangan. Strategi dianggap sebagai pengetahuan yang digunakan demi bisa menang dalam suatu pertempuran. Dapat disebut juga dengan taktik.

2. Morrisey

Menurut Morrisey, strategi merupakan proses yang dijalani untuk merealisasikan visi dan misi suatu perusahaan, lembaga ataupun instansi.

3. Craig & Grant

Makna yang berbeda datang dari Craig & Grant. Mereka mengemukakan bahwa strategi berisi sasaran dan tujuan yang akan berusaha dicapai dalam kurun waktu tertentu.

4. Pearce & Robinson

Pengertian Strategi berdasarkan Perache & Robinson merujuk pada rencana yang cakupannya besar. Rencana tersebut tersusun dengan mempertimbangkan kesuksesan di masa depan.

5. Kaplan & Norton

Strategi dari sudut pandang Kaplan & Norton merupakan hipotesis dalam model jika-maka. Artinya, strategi memberlakukan apa yang menjadi penyebab dan apa yang sekiranya akan timbul sebagai sebuah akibat.

6. Hill

Dalam pandangan Hill, makna strategi dikerucutkan ke arah pemasaran di perusahaan. Strategi dianggap sebagai rentetan cara yang dikhususkan untuk aktifitas memasarkan produk agar mencapai target.

7. Stoner, dkk.

Terdapat dua poin penting yang dikemukakan oleh Stoner, dkk. Pertama, strategi adalah sesuatu yang ingin dijalankan oleh sekelompok orang. Kedua, strategi merupakan sesuatu yang pada akhirnya diputuskan untuk dilakukan oleh sekelompok orang. Intinya, ada perencanaan dan eksekusi yang terlebih dahulu mempertimbangkan hal krusial.

8. James Quin

Secara singkat, strategi menurut James Quin adalah pola yang diterapkan untuk meraih tujuan yang dirancang oleh perusahaan, organisasi atau kelompok tertentu.

Contoh Dan Konsep Strategi

Contoh-Dan-Konsep-Strategi

Strategi dapat dikatakan sebagai alat untuk merealisasikan tujuan setiap manusia. Konsep semacam ini berlaku dalam skala yang kecil seperti perorangan dan kelompok maupun skala yang besar seperti negara.

Supaya lebih jelas, berikut maksud dari konsep strategi secara detail:


✓  Rencana yang disusun agar suatu kelompok memiliki arah dan bentuk kegiatan yang jelas;

✓  Sudut pandang mengenai apa yang harus dilakukan agar visi dan misi suatu kelompok dapat diwujudkan dalam tindakan yang nyata. Dengan begitu hasilnya dapat terlihat dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar;

✓  Rumusan yang detail dan sistematis mengenai langkah yang harus ditempuh agar mampu bersaing dengan kelompok kompetitor.


Contoh strategi dapat Anda pelajari dari bidang pemasaran. Sebab, strategi memang ada dan dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan.

Berikut penjelasannya:

1. Strategi Mulut ke Mulut

Dalam pemasaran, strategi semacam ini termasuk jenis konvensional. Cara untuk mempromosikan produk dilakukan secara langsung di lapangan. Penjual akan menemui satu per satu individu yang dianggap berpotensi menjadi pembeli.

Apabila berhasil menggaet pembeli, maka penjual akan dimudahkan. Alasannya, pembeli yang merasa puas tersebut pasti akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Sehingga, produk yang dijual semakin populer.

2. Strategi Media Sosial

Media sosial sudah menjadi alat pemasaran di zaman modern ini. Dampaknya sangat positif terhadap peningkatan penjualan produk. Bayangkan saja, hampir semua orang membuka media sosial setiap harinya. Baik itu instagram, twitter ataupun facebook. Lahan yang sangat subur untuk mempromosikan jualan.

3. Strategi Produk Gratis

Semua orang pasti menyukai segala sesuatu yang gratis. Fakta tersebut dapat dijadikan sebagai strategi dalam pemasaran. Caranya, tawarkan sample produk kepada calon pembeli. Biarkan mereka merasakan dan menilai.


Simak juga: √ Pengertian Teknik (Lengkap) Menurut Para Ahli Dan Lainnya


Pengertian Strategi mengarah pada rencana dan cara untuk mendapatkan suatu keinginan. Penggunannya berlaku pada berbagai ranah dalam kehidupan baik yang melibatkan perseorangan, kelompok ataupun negara.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Observasi

Danar
3 min read

Pengertian Implementasi

Danar
3 min read

Pengertian Komunikasi

Danar
3 min read

Pengertian Pendidikan

Danar
2 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *