Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Speaker

3 min read

Apa saja yang Anda ketahui tentang speaker? Selain pengertian speaker, Anda tentu ingin tahu berbagai jenis speaker yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik atau film kesukaan Anda.

Berikut ini penjelasan lengkap dari Cryptowi mengenai berbagai jenis speaker, pengertian hingga ke sejarah speaker.

Pengertian Speaker Adalah

Pengertian-Speaker-Adalah

Speaker merupakan suatu perangkat keras yang mampu mengirim sinyal elektrik ke sebuah frekuensi audio dengan menggunakan sebuah penggetar komponen yang bentuknya seperti sebuah membran.

Komponen tersebut menggetarkan udara dan membuat Anda bisa mendengar suara dari speaker.

Pengertian singkat speaker adalah output device atau perangkat keluaran yang akan mengolah sebuah input energi dalam bentuk gelombang listrik lalu mengeluarkannya dalam wujud suara. Seorang ahli bernama Suyanto memberikan keterangan tentang speaker ini.

Menurut Suyanto, speaker merupakan perangkat elektronik yang berasal dari logam serta memiliki magnet, kumparan, dan membran yang melengkapi satu sama lain. Tanpa membran, speaker tidak bisa mengeluarkan bunyi. Demikian pula tanpa bagian yang lainnya.

Pengertian Speaker Bluetooth

Pengertian-Speaker-Bluetooth

Speaker semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu contoh kemajuan speaker adalah adanya speaker Bluetooth.

Jika sebelumnya speaker harus disambungkan ke komputer atau perangkat Anda dengan kabel, tidak demikian halnya dengan speaker Bluetooth.

Speaker Bluetooth adalah perangkat yang sama dengan speaker biasa. Yang membuatnya berbeda dan lebih disukai adalah desainnya yang nirkabel atau tanpa kabel dan bisa disambungkan ke komputer atau smartphone Anda melalui koneksi Bluetooth.

Selain itu, Anda bisa menggunakan speaker jenis ini untuk mendengarkan musik dari berbagai media penyimpanan seperti MMC dan SD Card atau flashdisk. Tidak heran banyak orang lebih menyukai speaker jenis baru ini dibandingkan dengan speaker biasa.

Pengertian Speaker Komputer

Pengertian-Speaker-Komputer

Speaker komputer merupakan suatu perangkat output atau keluaran yang terpasang pada komputer.

Fungsi utama dari perangkat ini adalah mengeluarkan hasil berupa audio atau suara yang telah diproses oleh CPU. Speaker komputer bisa mengeluarkan suara dari video atau musik player Anda.

Speaker komputer terdiri dari berbagai komponen antara lain:

1. Conus atau sekat rongga

Yang menghasilkan suatu gelombang tekanan dari gerakan udara yang bergerak di sekitar kumparan.

2. Membran

Yang menerima sebuah proses induksi yang datang dari magnet kemudian membuat bunyi yang terbentuk dari induksi atau getaran.

3. Magnet

Yang melakukan induksi atau getaran terhadap membrane serta menghasilkan sebuah medan magnet.

4. Kumparan

Yang mengalirkan sebuah energi gerak ke conus. Perubahan di medan magnet menyebabkan kumparan bergerak karena adanya interaksi antara medan magnet dan kumparan.

5. Casing

Merupakan penutup speaker untuk melindungi semua bagian di dalam speaker.

Pengertian Speaker Hi-Fi

Pengertian-Speaker-Hi-Fi

Speaker Hi-Fi merupakan sebuah teknologi yang sangat dicintai oleh banyak orang. Speaker bisa mengeluarkan suara yang tidak enak didengar. Berkat teknologi Hi-Fi, Anda bisa menikmati semua lagu dalam daftar putar dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Hi-Fi merupakan singkatan dari high fidelity yang adalah teknologi baru untuk menghasilkan suara yang jauh lebih jernih dan tingkat distorsi serta kebisingan yang lebih minim. Dengan demikian, suara yang Anda nikmati bisa terdengar seperti suara aslinya.

Dengan menggunakan speaker Hi-Fi, Anda tidak akan mendengar suara yang lain di luar musik atau lagu yang sedang diperdengarkan.

Bayangkan mendengarkan lagu dengan kualitas terbaik. Teknologi Hi-Fi mampu mewujudkan impian tersebut.

Pengertian Speaker Woofer

Pengertian-Speaker-Woofer

Pengertian speaker terakhir yang perlu Anda ketahui adalah speaker woofer. Speaker woofer adalah sebuah speaker yang mampu menghasilkan suara dengan frekuensi yang rendah yaitu antara 40 Hz hingga 1 kHz.

Selain speaker woofer, ada juga speaker yang disebut dengan speaker subwoofer.

Speaker subwoofer merupakan suatu speaker yang menghasilkan frekuensi suara yang bahkan lebih rendah daripada speaker woofer. Frekuensi yang dihasilkan oleh speaker subwoofer hanya berkisar antara 20 Hz hingga 200 Hz saja.

Mengetahui pengertian dari speaker saja tentu tidak cukup. Ada berbagai informasi lain mengenai speaker yang juga wajib Anda ketahui, seperti fungsi dari perangkat keras ini, sejarah tercipta dan berkembangnya speaker, serta bagaimana sebuah speaker bisa mengeluarkan suara.

Fungsi Speaker

Fungsi-Speaker

Setiap jenis speaker memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai contoh, berikut empat jenis speaker yang paling sering digunakan yaitu speaker woofer, speaker midrange, speaker tweeter, dan speaker full-range beserta fungsi yang dimilikinya:

✓  Speaker woofer dan subwoofer berfungsi untuk menghasilkan suara yang berat dan rendah yang disebut dengan suara bass. Speaker jenis ini biasanya digabungkan dengan speaker tweeter dan midrange agar suara yang dihasilkan menjadi berbeda dan menarik.

✓  Speaker midrange berfungsi untuk menghasilkan suara yang terdengar terfokus dan lebih jelas. Speaker midrange bertugas untuk menyempurnakan speaker tweeter dan woofer sehingga speaker ini tidak bisa bekerja sendirian tanpa kedua speaker yang lain.

✓  Speaker tweeter berfungsi untuk menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi dan melengking yang diciptakan oleh pukulan di bagian cymbals drum.

✓  Speaker full range berfungsi untuk menghasilkan suara yang tinggi dan rendah secara bersamaan. Sayangnya, suara yang dihasilkan oleh speaker ini kurang maksimal dibandingkan dengan speaker lain yang disebutkan sebelumnya.

Sejarah Speaker

Sejarah-Speaker

Bagaimana speaker bisa ada hingga saat ini? Speaker pertama kali diperkenalkan pada tahun 1898 dan tetap ada hingga saat ini, bahkan telah mengalami berbagai kemajuan yang sangat kompleks.

Perhatikan perjalanan panjang speaker di bawah ini:

✓  Pada tahun 1898 Horace Short mempublikasikan speaker untuk pertama kalinya dengan model yang sangat sederhana dan komponen utama hanya berupa kompresor udara.

✓  Pada tahun 1910 speaker tersebut dijual kepada Charles Parsons yang kemudian mematenkan hak kepemilikannya.

✓  Pada tahun 1924 Walter H. Schottky mengembangkan speaker ini dengan menambahkan sebuah komponen loudspeaker menggunakan elektromagnetik.

✓  Pada tahun-tahun berikutnya speaker semakin dikembangkan dengan komponen lain yang jauh lebih kompleks seperti amplifier dan lain sebagainya.

Perkembangan speaker yang terbaru adalah terciptanya speaker dengan model jaringan wireless yang membuatnya bisa memutar audio tanpa memerlukan perangkat listrik konvensional.

Speaker wireless atau speaker Bluetooth disukai oleh semua orang tetapi terutama kalangan anak-anak muda.

Cara Kerja Speaker

Cara-Kerja-Speaker

Mengenai cara kerja sebuah speaker, erat kaitannya dengan peranan transduser yang adalah sebuah alat pengubah daya. Transduser dalam speaker memiliki peran untuk mengubah suatu daya listrik hingga menjadi sebuah gelombang suara.

Transduser ini juga akan mengubah kekuatan sinyal dari suatu daya, entah itu dilemahkan atau dikuatkan.

Di dalam speaker, transduser akan memperkuat sinyal dari suatu daya sehingga suara bisa dihasilkan dengan baik dan ditangkap oleh indera pendengaran Anda.


Simak juga: √ Pengertian Scanner: Jenis-Jenis, Fungsi Dan Cara Kerja


Menarik bukan mempelajari pengertian speaker dan informasi lain seputar speaker? Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai teknologi lain dari halaman ini. Jelajahi seluruh informasi yang bisa Anda temukan di sini dan tingkatkan pengetahuan Anda tentang dunia komputer secara mendalam.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Cepat Belajar IT

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Internet

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Internet

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Komputer

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Teknologi

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *