Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Sistem Operasi

2 min read

Sistem operasi dibutuhkan oleh setiap perangkat, seperti komputer, smartphone, dan device lainnya untuk menjalankan fungsi secara optimal dan melayani pengguna.

Artinya, perangkat yang tidak memiliki sistem operasi tidak bisa digunakan. Sebegitu pentingnya, kira-kira apa ya pengertian sistem operasi?

Mari simak bahasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Sistem Operasi Adalah

Pengertian-Sistem-Operasi-Adalah

Sistem operasi dalam pengertian yang paling umum adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi lain pada perangkat komputasi/komputer.

Namun kata “komputasi” atau “computer” di sini bukan hanya PC desktop dan laptop tradisional.

Karena ponsel cerdas, tablet, TV pintar, konsol game, jam tangan pintar, dan router wifi juga merupakan perangkat komputer.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Sistem-Operasi-Menurut-Para-Ahli

Definisi sistem operasi cukup beragam, dan beberapa ahli mendefinisikannya seperti berikut ini:

1. Abraham Silberschatz

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras dan memungkinkan program lain berjalan.

2. Chris Hoffman

Sistem operasi adalah rangkaian inti perangkat lunak pada perangkat yang menyatukan semuanya.

3. Galvin (2002)

Sistem operasi bertugas menangani perangkat input dan output menggunakan driver perangkat yang ditulis oleh pembuat perangkat keras untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak.

4. Gagne (2003)

Sistem operasi adalah software yang berkomunikasi dengan hardware dan memungkinkan program lain untuk dijalankan.

5. Iim Rusyamsi

Sistem operasi adalah sebuah antarmuka antara pengguna komputer dan perangkat keras komputer.

6. Suyanto

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang melakukan semua tugas dasar seperti manajemen file, manajemen memori, manajemen proses, menangani input dan output, serta mengendalikan perangkat periferal seperti drive disk dan printer.

7. O’Brien

Sistem operasi adalah program yang setelah pertama kali dimuat ke komputer oleh program boot akan mengelola semua program aplikasi lain di komputer.

8. Ali Zaki

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mendukung fungsi dasar komputer, seperti penjadwalan tugas, menjalankan aplikasi, dan mengontrol periferal.

9. Feri Indayudha

Sistem operasi pada dasarnya adalah kumpulan perangkat lunak yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Jenis Sistem Operasi

Jenis-Sistem-Operasi

Beberapa sistem operasi yang banyak digunakan adalah:

1. Sistem Operasi Batch

Dalam sistem operasi batch, operator mengumpulkan pekerjaan dari pengguna yang berbeda dan mengubahnya menjadi batch dengan kebutuhan serupa.

2. Sistem Operasi Pembagian Waktu

Dalam sistem operasi pembagian waktu, setiap tugas diberi tanggal waktu agar semua tugas dapat diselesaikan sesuai jadwal. Sistem ini juga dikenal sebagai sistem multitasking.

Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan setiap tugas disebut kuantum. Setelah interval waktu ini selesai, sistem operasi beralih ke tugas berikutnya.

3. Sistem Operasi Terdistribusi

Salah satu karakteristik utama dari sistem ini adalah menyediakan kecepatan yang tinggi.

Manfaat lainnya adalah memungkinkan setiap pengguna untuk mengakses file atau perangkat lunak yang sebenarnya tidak ada di sistemnya tapi ada di beberapa sistem lain yang terhubung dengan jaringan yang sama.

4. Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan adalah sistem operasi yang mengelola sumber daya jaringan yang mencakup fungsi khusus untuk menghubungkan komputer dan perangkat ke jaringan area lokal (LAN).

5. Sistem Operasi Real Time

Sistem operasi ini adalah komponen perangkat lunak yang dengan cepat beralih antar tugas, memberikan kesan bahwa banyak program sedang dijalankan pada waktu yang sama pada satu inti pemrosesan.

Contoh Sistem Operasi

Contoh-Sistem-Operasi

✓  Contoh sistem operasi berbasis batch: penggajian dan laporan bank

✓  Sistem operasi pembagian waktu: Multics dan Unix

✓  Sistem operasi jaringan: Microsoft Windows Server 2003, Microsoft Windows Server 2008, UNIX, Linux, Mac OS X, Novell NetWare, dan BSD.

✓  Sistem operasi real time: sistem medis, eksperimen ilmiah, sistem senjata, sistem kontrol industri, sistem kontrol lalu lintas udara, robot, dan sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi-Sistem-Operasi

Sistem operasi memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

✓  Mengelola sumber daya komputer, seperti unit pengolah pusat, memori, disk drive, dan printer

✓  Membuat antarmuka pengguna

✓  Menjalankan dan menyediakan layanan untuk perangkat lunak aplikasi

Macam Macam Sistem Operasi

Macam-Macam-Sistem-Operasi

1. MS-DOS

MS-DOS adalah kependekan dari Microsoft Disk Operating System, yaitu sistem operasi baris perintah non-grafis yang dikembangkan untuk komputer yang kompatibel dengan IBM dengan mikroprosesor x86.

Sistem operasi ini menggunakan antarmuka baris perintah bagi pengguna untuk memasukkan perintah navigasi, membuka, dan memanipulasi file di komputer.

2. Sistem Operasi Windows

Windows adalah sistem operasi yang dirancang oleh Microsoft untuk digunakan pada prosesor Intel x86 dan AMD standar. Sistem operasi ini menyediakan antarmuka yang dikenal dengan GUI.

Sistem operasi Windows dirancang baik untuk pengguna pemula yang hanya menggunakan komputer di rumah maupun untuk para profesional yang sedang dalam pengembangan.

3. Sistem Operasi LINUX

OS Linux adalah proyek sistem operasi open source yang didistribusikan secara bebas dan dikembangkan berdasarkan UNIX. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Linus Torvalds.

Pada dasarnya, sistem ini merupakan perangkat lunak di komputer yang memungkinkan aplikasi dan pengguna melakukan beberapa tugas tertentu di komputer.

4. Sistem Operasi Solaris

Solaris atau SunOS adalah nama dari sistem operasi varian Unix yang pada awalnya dikembangkan untuk keluarga prosesor berbasis Scalable Processor Architecture (SPARC) serta untuk prosesor berbasis Intel.

Pasar workstation UNIX sebagian besar didominasi oleh sistem operasi ini pada masanya. Seiring pertumbuhan internet, Solaris menjadi server yang paling banyak dipasang untuk situs Web.


Simak juga: √ Pengertian VPN (Lengkap) Para Ahli & Manfaat, Contoh


Tidak banyak orang yang dapat menjelaskan apa pengertian sistem operasi. Padahal dengan mengetahui definisi, fungsi, serta contohnya, Anda bisa mengetahui sistem operasi apa yang Anda miliki dan dapat membantu memilih software/hardware mana yang paling kompatibel dengan perangkat Anda.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *