Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Server dan Fungsinya

1 min read

Kalau bicara mengenai sebuah website, tentu membahas soal sekumpulan data penting yang tersimpan dalam server. Data-data inilah yang akhirnya bisa membuat website bisa berjalan.

Tak heran kalau dalam setiap pengelolaan website, dibutuhkan server yang mumpuni. Namun meskipun sangat dibutuhkan, apakah Anda sudah cukup paham mengenai pengertian server?

Secara umum, pengertian server adalah sistem komputer yang pada umumnya bertugas untuk menyimpan data. Data yang disimpan dalam server bisa berupa tulisan, gambar, video bahkan sekumpulan kode komputer rumit yang membuat website bisa tampil sesuai keinginan user. Anda tentu pernah mengunjungi website yang down, kan? Itu karena server-nya bermasalah.

Fungsi Server Bagi Website

Fungsi Server Bagi Website

Dari pengertian server di atas, bisa disimpulkan bahwa server memiliki fungsi utama untuk menyimpan data dan informasi dalam jumlah besar. Namun dalam perkembangannya, jenis server ternyata sangat beragam mulai dari web server, mail server, database server, file server, DHCP server, proxy server, FTP server dan game server.

Namun karena kita membahas server yang berkaitan dengan website, berikut beberapa fungsinya yang wajib Anda ketahui:

1. Penghubung dengan Situs Web

Saat membuka sebuah website, mungkin yang Anda lakukan hanya menunggu sampai semua konten tampil. Namun proses ini terjadi sangat rumit pada server.

Dimulai dari browser yang mengirimkan HTTP request pada server. Web server kemudian mengecek keamanan dan baru kemudian memproses dengan bantuan HTTP server sampai akhirnya data kembali dikirim ke browser dan website pun tampil. Semua proses ini menguatkan fungsi server sebagai penghubung dari dan ke browser.

2. Pemeriksa Keamanan

Yang namanya internet, tentu tidak bisa dilepaskan dari arus informasi yang sangat luas dan berasal dari manapun.

Jaringan yang terbuka dan bisa diakses di seluruh dunia ini menjadikan peluang kejahatan dunia maya dalam hal peretasan sangat tinggi. Nah, server pada website berfungsi untuk memeriksa jalur keamanan HTTP request yang dikirim oleh browser.

Untuk itulah ada baiknya memilih penyedia server yang memang benar-benar berkualitas dan dilengkapi sistem pengamanan tinggi dalam mencegah upaya peretasan hingga virus dan malware komputer.

3. Membersihkan dan Menyimpan Konten Web

Fungsi terakhir dari server dan bisa dibilang terpenting adalah menyimpan seluruh script, gambar, video dan konten apapun yang ada pada website.

Karena itulah sebuah server haruslah bisa diakses dari seluruh wilayah yang terkoneksi internet. Tak cuma sekadar menyimpan, server juga bisa melakukan pembersihan atas cache atau module yang tak terpakai.

Hal inilah yang membuat kapasitas server sangatlah besar dan dilengkapi serangkaian program komputer rumit.

Semua demi memastikan website bisa tampil dengan maksimal sesuai keinginan user.

Niagahoster Tempatnya Server Berkualitas

Bisa disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa kualitas layanan hosting dapat dilihat dari spesifikasi server.

Karena bagaimanapun hosting yang bertanggung jawab membuat website bisa diakses dan tentunya memiliki server untuk menyimpan seluruh konten website.

Karena itulah jika ingin memiliki website yang istimewa, wajib pilih hosting terbaik.

Dari banyaknya penyedia layanan hosting di Indonesia, salah satu rekomendasi hosting terbaik yang wajib untuk Anda pertimbangkan adalah Niagahoster.

Sesuai dengan pengertian server di atas, Niagahoster hanya menawarkan server dengan kualitas terbaik. Dengan begitu siapapun bisa memiliki website sesuai dengan keinginan dan mengelolanya maksimal.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *