Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Seni Rupa

3 min read

Banyak orang yang sering mendengar istilah seni rupa, namun mungkin belum terlalu paham mengenai pengertian seni rupa secara mendalam.

Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni yang dapat dirasakan dengan indera penglihatan dan peraba.

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai pengertian serta macam-macam seni rupa beserta fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian-Seni-Rupa-Menurut-Para-Ahli

Seni rupa atau fine art merupakan suatu karya seni yang berfokus pada segi keindahan secara visual dan sentuhan.

Hasil karya seni rupa dapat memberikan kepuasan dan hiburan tersendiri bagi siapapun yang melihat atau menyentuhnya.

Beberapa ahli dari dalam ataupun luar negeri juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian seni rupa yaitu seperti berikut.

1. Kottak

Kottak berpendapat bahwa seni rupa merupakan suatu karya seni atau hasil ekspresi yang memiliki kualitas yang menggambarkan keindahan alam dan berbagai hal lainnya melebihi kenyataan yang ada dengan klasifikiasi objek atau subjek terhadap kriteria yang bernilai estetis.

2. Haukin

Seni rupa menurut pendapat Haukin merupakan sebuah bagian dari ekspresi jiwa atau imajinasi manusia yang diwujudkan ke dalam sebuah benda dengan tujuan untuk dipertunjukkan atau dipamerkan kepada khalayak luas.

3. La Mery

Pengertian seni rupa menurut pendapat La Mery yaitu suatu penglihatan yang dilakukan secara simbolik dengan menekankan pada segi estetis atau keindahan, sehingga bentuk atau wujudnya menjadi lebih indah daripada objek aslinya.

4. Sudarmaji

Menurut pendapat Sudarmaji, definisi dari seni rupa adalah segala sesuatu atau hal yang diwujudkan melalui media berupa warna, bidang, volume, garis, dan gelap terang yang mengandung unsur manifestasi batin dan pengalaman estetis (keindahan).

5. Kumala Devi Chattopadhayaya

Kumala berpendapat bahwa seni rupa merupakan suatu luapan ekspresi yang menjembatani antara seniman dengan para penikmat seni, sehingga penikmat seni dapat memahami apa yang dirasakan oleh seniman.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur-Unsur-Seni-Rupa

Untuk bisa dinikmati oleh siapapun yang melihat atau merabanya, seni memiliki beberapa unsur penting.

Beberapa unsur yang terdapat pada seni rupa antara lain:

✓   Titik merupakan unsur terpenting yang menjadi dasar dari segala ide atau gagasan seni yang akan diciptakan.

✓   Garis merupakan unsur dari seni rupa hasil dari penggabungan titik. Garis terdiri dari berbagai macam yang dapat membentuk atau menggambarkan suatu watak dan ciri khas untuk menjelaskan maksud dari karya yang diciptakan apakah karya tersebut bersifat lentur, kaku, keras, dan sifat-sifat lainnya.

✓   Bidang merupakan hasil pengembangan dari garis-garis yang digabungkan hingga membentuk beberapa sisi.

✓   Bentuk merupakan unsur seni rupa yang dapat memberikan sentuhan agar karya seni menjadi lebih hidup, indah, dan sempurna.

✓   Ruang merupakan unsur seni rupa yang bersifat semu atau nyata untuk membedakan dimensi yang dihasilkan apakah karya tersebut merupakan seni rupa 2 dimensi atau 3 dimensi.

✓   Warna mampu menciptakan keindahan melalui perpaduan warna yang digunakan oleh si pembuat karya untuk menggambarkan emosi dan suasana hati yang dirasakan.

✓   Tekstur dibedakan menjadi dua macam yaitu nyata dan semu. Tekstur semu memberikan kesan yang tidak sama antara indera penglihatan dan peraba, sedangkan tekstur nyata memberiikan kesan yang sama antara indera penglihatan dan peraba.

✓   Gelap terang merupakan unsur yang membuat hasil karya seni menjadi semakin indah dan nyata yaitu dengan memperhatikan intensitas cahaya pada objek karya seni.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam-Macam-Seni-Rupa

Seni rupa dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan wujud, massa, dan fungsinya.

Macam-macam seni rupa ini memiliki artian yang berbeda-beda seperti berikut ini.

1. Wujud

Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibagi menjadi dua bagian yaitu seni 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi hanya dapat dilihat dari satu arah seperti lukisan, sketsa, dan ilustrasi.

Sementara itu, seni rupa 3 dimensi yaitu berupa patung dan gedung yang dapat dilihat dari berbagai sisi.

2. Masa

Ada 3 macam seni rupa berdasarkan masa atau waktu yaitu seni tradisional, modern, dan kontemporer.

Seni rupa tradisional bersifat statis sehingga pola yang digunakan tetap sama atau tidak berubah, sedangkan seni rupa modern sudah mengalami perubahan dengan berbagai sentuhan kreativitas dan kontemporer bersifat kekinian yang tercipta di waktu tertentu.

3. Fungsi

Berdasarkan fungsinya, seni rupa terbagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan terapan.

Seni rupa murni adalah sebuah karya seni yang dibuat untuk menuangkan imajinasi, ide, atau gagasan penciptanya, sedangkan seni rupa terapan yaitu karya seni yang digunakan untuk memudahkan aktivitas keseharian, sehingga lebih cepat, praktis, dan efisien.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi-Seni-Rupa

Seni rupa memiliki 2 fungsi yaitu fungsi individu dan fungsi sosial. Beikut ini penjelasan mengenai kedua fungsi dari seni rupa.

1. Fungsi Individu

Seni rupa berfungsi sebagai sarana untuk memuaskan kebutuhan individu. Dengan seni, seseorang dapat mengekspresikan dirinya dan mendapatkan kepuasan batin dari karya seni yang diciptakan.

2. Fungsi Sosial

Selain untuk kepuasan diri sendiri, seni rupa juga berfungsi sebagai sarana untuk memperoleh kepuasan batin bagi masyarakat. Seni rupa bisa dijadikan sebagai sarana peribadatan atau kegiatan keagamaan, sarana komunikasi dalam bermasyarakat, dan sarana pendidikan bagi masyarakat.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Jenis-Jenis-Seni-Rupa

Seni rupa dibagi menjadi 3 jenis yaitu seni rupa murni, seni desain, dan seni kriya.

➧  Seni rupa murni berupa seni lukis, seni grafis, kaligrafi, patung, dan keramik yang memfokuskan pada nilai keindahan (estetis).

➧  Seni rupa desain berhubungan dengan proses kreatif dalam merancang suatu bentuk karya seni yang terdiri dari desain interior, desain busana, desain visual, dan arsitektur.

➧  Sementara itu, untuk jenis seni rupa kriya diciptakan dengan mengandalkan keterampilan tangan yang memperhatikan nilai seni dan memiliki fungsi tertentu. Seni kriya terdiri dari kriya keramik, kriya logam, kriya bambu, kriya rotan, dan seni pahat atau ukiran kayu.

Dari penjelasan di atas, pengertian seni rupa dan macam-macam beserta fungsinya dapat dijadikan sebagai referensi. Hasil karya seni rupa memiliki bentuk atau wujud yang nyata yang dapat dilihat atau diraba, sehingga dapat dinikmati oleh khalayak.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Seni

Danar
3 min read

Pengertian Seni Lukis

Danar
2 min read

Pengertian Budaya

Danar
2 min read

Tari Merak

Danar
3 min read

Tari Jaipong

Danar
3 min read

Rumah Adat Jawa Tengah

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *