Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Seni Lukis

2 min read

Tentu Anda pernah melihat lukisan, yang di dalamnya terdapat makna dan arti tersendiri. Hasil gambar atau lukisan tersebut termasuk ke dalam jenis seni tepatnya seni lukis.

Ada banyak jenis, objek dan konsentrasi pada sebuah seni seperti pada seni lukis. Pengertian seni lukis ini yaitu salah satu bentuk turunan dari seni rupa murni, yang dikelola dari bentuk, warna serta tekniknya.

Salah satu jenis seni yang terkenal, dan memiliki nilai yang cukup tinggi secara ekonomisnya adalah seni lukis. Supaya bisa lebih jelas, Anda dapat memahami ulasannya dibawah ini hingga selesai.

Pengertian Seni Lukis

Pengertian-Seni-Lukis-lengkap

Salah satu cabang dari seni rupa yang berupa karya 2 dimensi, melalui media kanvas atau bagian permukaan yang datar disebut dengan pengertian seni lukis.

Isi dari seni tersebut adalah beberapa unsur pokok garis serta warna, yang diwujudkan ke dalam bentuk pewarna dan pembubuh gambar yang lainnya.

Seni lukis juga sering disebut sebagai pengembangan dari sebuah karya yang termasuk ke dalam seni menggambar. Isi dari sebuah lukisan juga bisa berupa apa saja, misalnya wajah, pemandangan, atau bahkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan.

Selain gambar-gambar tersebut, ada juga pelukis yang melukis sebuah gambar abstrak yang menjadi bentuk sederhana dari gambar alam pemandangan.

Ada pula lukisan yang gambarnya hanya berupa ekspresi dari pelukis itu sendiri, yang berupa komposisi seni yang ada tetapi tidak menyerupai bentuk apapun.

Sebuah karya yang dihasilkan oleh seni lukis ini biasanya disebut dengan lukisan.

Corak ataupun gaya yang terdapat pada sebuah lukisan biasanya jauh lebih rumit dari gambar.

Teknik ataupun bahan yang dipakai di dalamnya juga sangat bervariasi. Dibandingkan dengan sebuah gambar, lukisan memang memiliki ciri khas yang lebih luas dan maknanya lebih beragam.

Pengertian seni lukis lainnya yaitu suatu hasil karya yang biasanya berupa ekspresi dari si pelukis, yang dituangkan ke dalam 2 dimensi bidang yang ada.

Arti Seni Lukis Menurut KBBI

Arti-Seni-Lukis-Menurut-KBBI

Sebuah karya yang diciptakan dengan keahlian atau keterampilan yang bisa berupa apa saja misalnya lukisan, tarian, ukiran dan sebagainya adalah pengertian seni.

Sedangkan arti dari seni lukis itu sendiri adalah sebuah gambar yang dibuat dengan menggunakan pulpen, pensil atau bisa juga dengan kuas dan alat lukis lainnya.

Gambar tersebut bisa memiliki warna tapi bisa juga tidak.

Maka sebuah karya dalam bentuk gambar, yang dibuat dengan menggunakan beragam media seperti pulpen, pensil, kuasa dan sebagainya itu merupakan pengertian seni lukis menurut KBBI.

Seni lukis ini memerlukan sebuah keahlian yang tidak sembarangan. Bahkan banyak orang yang belajar melukis dalam waktu yang lama, untuk menciptakan sebuah lukisan yang baik.

Baca Juga: √ [Lengkap] Pengertian Seni

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

Pengertian-Seni-Lukis-Menurut-Para-Ahli

Berikut ini pengertian seni lukis yang lebih luas yang diungkapkan oleh para ahli di bidangnya :

1. Galeria Fasya Art Studio

Seni lukis adalah suatu bagian dari seni rupa atau cabang dari seni rupa dengan wujud atau rupa yang berbentuk suatu karya 2 dimensi, atau yang dikenal dengan nama dwi matra.

Pada dasarnya, pengertian dari seni rupa juga sama saja dengan seni lukis ini. Namun makna dari lukis itu sendiri jauh lebih luas karena lukisan berasal dari suatu gambar yang dikembangkan.

2. Herbert Read

Seni lukis adalah sebuah jasmani yang direfleksikan dari suatu kegiatan rohani, dengan suatu daya yang memiliki kemampuan dalam membangkitkan jiwa atau perasaan dari seni itu sendiri.

3. Soedarso SP (Mike Susanto, 2002:101)

Seni lukis adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh manusia yang dimana karya tersebut menceritakan kembali pengalamannya secara batin, yang ditunjukkan dengan cara yang indah sehingga menimbulkan pengalaman secara batin lainnya bagi orang-orang yang melihat lukisan tersebut, sekaligus menghayati makna lukisannya dengan rasa.

Contoh Seni Lukis

Contoh-Seni-Lukis

Contoh dari hasil karya seni lukis bisa Anda lihat dari masing-masing aliran yang digunakan oleh pelukis. Aliran seni lukis ini meliputi :

1. Aliran Klasikisme

Jenis aliran ini lebih mengacu kepada sejarah di zaman dahulu, terutama sejarah dari zaman Romawi dan sejarah Yunani.

2. Aliran Fauvisme

Merupakan hasil karya yang dihasilkan dari kebebasan pelukis itu sendiri dalam mengekspresikan rasa dan pikirannya.

3. Aliran Futurisme

Aliran yang satu ini adalah jenis aliran pada seni lukis, yang memberi kesan bahwa seolah-olah objek yang ada di dalam lukisan bisa bergerak.

Simak Juga: Pengertian Seni Rupa

Tujuan Seni Lukis

Tujuan-Seni-Lukis

Seni lukis juga memiliki tujuannya masing-masing, yang mampu mengembangkan kembali makna di dalamnya. Berikut ini beberapa tujuan dari seni lukis :

1. Tujuan Religius

Seorang pelukis yang memiliki kemampuan untuk menjadikan lukisannya memiliki makna atau nilai keagungan Tuhan, atau dari para leluhur, dewa dan nenek moyang artinya pelukis ini menggunakan lukisan dengan tujuan religius.

2. Tujuan Magis

Sebuah lukisan dengan tujuan magis biasanya memiliki beberapa mantra yang sifatnya masih primitif, serta mampu memberi kesan misterius pada siapapun yang melihat lukisan itu.

3. Tujuan Simbolis

Lukisan yang memberi tampilan atau memberi simbol mengenai cita-cita kehidupan bagi seseorang biasanya memiliki tujuan simbolis, yang dimana sebuah cita-cita akan diterapkan ke dalam lukisan dengan seorang tokoh ternama di dalam lukisan tersebut.

Apabila seorang pelukis atau orang yang menyukai lukisan memahami makna dari lukisan itu sendiri, maka mereka juga paham mengenai pengertian seni lukis pada umumnya dan mampu mengekspresikan rasa ke dalam lukisan itu.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Seni Rupa

Danar
3 min read

Pengertian Seni

Danar
3 min read

Pengertian Budaya

Danar
2 min read

Tari Merak

Danar
3 min read

Tari Jaipong

Danar
3 min read

Rumah Adat Jawa Tengah

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *