Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Sejarah

2 min read

Sejak kecil Anda pasti sudah mendengar istilah sejarah bukan? Karena hampir semua orang pasti pernah mendengar apa itu sejarah.

Namun ternyata banyak orang juga yang masih belum benar-benar mengetahui apa itu pengertian sejarah.

Maka dari itu, bagi Anda yang mau memahami lebih dalam arti sejarah, silahkan simak ulasan dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Pengertian-Sejarah-Secara-Umum

Secara umum sejarah dapat diartikan sebagai asal-usul, cerita, ataupun peristiwa yang terjadi pada waktu lampau.

Peristiwa yang dimaksud adalah peristiwa yang benar-benar terjadi dan berdasarkan secara fakta.

Biasanya dalam sejarah kejadian di masa lampau diceritakan dan diuraikan secara rinci, agar orang-orang bisa membayangkan kejadian dengan benar-benar jelas.

Berdasarkan pengertian sejarah tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai kejadian di masa lampau.

Hal ini dikarenakan uraian pada sejarah sudah bisa membuat Anda membayangkan dan merasakan apa yang pernah terjadi di zaman lampau.

Pengertian Sejarah Menurut Pendapat Ahli

Pengertian-Sejarah-Menurut-Pendapat-Ahli

Sejarah merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari sisi kehidupan manusia.

Tanpa sejarah manusia tidak akan bisa mengetahui asal usul suatu peristiwa ataupun tidak bisa mengembangkan sesuatu berdasarkan kejadian pada masa lampau.

Ada banyak sekali para ahli yang mendefinisikan apa itu pengertian sejarah.

Beberapa ahli tersebut antara lain adalah:

1. Moh Hatta

Moh Hatta mendefinisikan sejarah sebagai salah satu bentuk perwujudan peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Sejarah merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau dan diakui kebenarannya.

Sehingga biasanya tindakan yang akan diambil selalu berpatokan dan bercermin dari kejadian sejarah, agar tak salah dalam mengambil tindakan

2. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin juga menyampaikan pendapatnya bahwa sejarah merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan yang didapat dengan cara menyusun beberapa potongan kejadian pada masa lampau.

Potongan kejadian-kejadian tersebut nantinya akan disatukan sehingga memiliki cerita yang lengkap serta bisa dijadikan sebagai referensi ilmu pengetahuan.

3. Roeslan Abdulgani

Pengertian dari sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah sebuah cabang dari ilmu pengetahuan yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap kejadian pada masa lampau.

Kejadian pada masa lampau diteliti secara struktular dan teratur. Dengan demikian, hasil penelitian tersebut dapat menjadi sebuah kisah yang bisa digunakan sebagai acuan tindakan pada masa yang akan datang.

4. Moh. Ali

Moh Ali megatakan bahwa sejarah merupakan sebuah kisah dari setiap perubahan yang telah terjadi sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Perubahan tersebut diselidiki dan diteliti secara hati-hati dan terstruktur.

Hal ini dilakukan agar hasil penelitian dari kejadian lampau tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan kehidupan sekarang hingga masa yang akan datang.

5. Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun, sejarah adalah sebuah catatan terdahulu dari manusia, kelompok atau organisasi masyarakat terdahulu tentang apa saja yang pernah terjadi.

Hal tersebut memuat bagaimana peradaban manusia pada masa lampau, bagaimana sifat dan watak masyarakat masa lampau dan seluruh hal yang berhubungan dengan kehidupan pada masa lampau.

6. Aristoteles

Sejarah menurut Aristoteles adalah sistem yang berasal dari hasil penelitian kejadian pada masa lampau yang tentu saja sudah benar-benar terjadi.

Kemudian sistem hasil penelitian tersebut disusun secara rapi dan  berbentuk kronologi kejadian yang lengkap

7. Rochiati Wiriatmaja

Beda halnya dengan Rochiati Wiriatmaja, beliau berpendapat bahwa sejarah adalah tentang disiplin ilmu yang dijanjikan berdasarkan etika, moral, nilai kultural dan spiritual untuk memberikan pedoman kajian demi keseimbangan hidup.

Poin yang dapat diambil dari pendapat beliau yaitu kita sebagai manusia dapat mengambil pelajaran tentang hal sesuatu yang pernah terjadi pada masa lalu baik dari segi moral, etika maupun juga spiritual.

8. Sartono Kartodirdjo

Menurut Sartono Kartodirdjo bahwa sejarah ialah berupa bentuk yang menggambarkan sesuatu pengalaman kolektif pada masa lampau.

Kemudian dalam penyampaian cerita sejarah tersebut bisa menggunakan dengan pengungkapan cara verbal, supaya lebih mudah untuk dipahami.

9. Drs. Sidi Gazalba

Pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah peristiwa kejadian masa lalu pada manusia dan mahluk lainnya berupa fakta dan tafsiran penjelasan yang menggambarkan kejadian tersebut, serta disusun secara ilmiah supaya dapat mudah dipahami.

Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Pengertian-Sejarah-Menurut-KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia setidaknya ada tiga poin mengenai pengertian dari sejarah, diantara lain:

1. Sejarah merupakan asal-usul atau keturunan berupa silsilah (bagan atau catatan yang menggambarkan).

2. Sejarah ialah kejadian yang benar-benar sudah pernah terjadi pada masa lalu.

3. Berupa pengetahuan atau penjelasan tentang kejadian (peristiwa) yang sudah benar terjadi di masa lampau.

Begitulah setidaknya sedikit penjelasan yang berada pada KBBI, semoga dapat membantu lebih jelas lagi pengertian dari sejarah.

Berdasarkan beberapa pengertian baik secara umum dan penjelasan dari KBBI ataupun pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan kejadian di masa lampau. Kejadian tersebut dapat diteliti dan dianalisis sehingga bisa dijadian sebagai salah satu acuan untuk kehidupan di masa mendatang.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Pencak Silat

Danar
3 min read

Sejarah Paskibra

Danar
2 min read

Nilai Nilai Pancasila

Danar
2 min read

Urutan Pangkat TNI

Danar
3 min read

Penyimpangan Sosial

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *