Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Scanner

2 min read

Anda pasti sering mendengar tentang scanner. Tapi tahukah Anda apa pengertian scanner, berbagai jenis scanner, fungsi dari scanner, manfaat yang ditawarkan oleh scanner, serta bagaimana cara kerjanya?

Semua keterangan tersebut bisa Anda temukan secara rinci di bawah ini.

Pengertian Scanner Adalah

Pengertian-Scanner-Adalah

Scanner merupakan suatu alat pemindai yang dikategorikan sebagai perangkat input yang dipasang di komputer. Scanner adalah sebuah perangkat yang fungsi utamanya adalah untuk menduplikat suatu objek seperti sebuah mesin fotokopi tetapi hasil yang diberikan adalah dalam wujud digital.

Scanner mampu menduplikasi suatu objek dengan menggunakan suatu sensor cahaya yang dimilikinya. Sensor ini berada dalam scanner dan mampu mendeteksi gambar, tulisan,serta struktur dari objek yang Anda scan kemudian mengirimkannya ke komputer Anda berupa data digital.

Perkembangan scanner dimulai sejak tahun 1975 yaitu ketika program Omni-Font OCR diciptakan. Program ini mampu mengenali teks dalam sebuah objek yang sedang di scan kemudian menerjemahkan teks tersebut menjadi sebuah data yang juga berbentuk teks.

Sejak saat itu, scanner terus berkembang seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang ada sekarang. Saat ini, scanner bahkan bisa mendeteksi objek berbentuk tiga dimensi serta film negative. Ada berbagai jenis scan dalam berbagai ukuran dan bentuk yang bisa Anda temui dewasa ini.

Jenis-Jenis Scanner

Jenis-Jenis-Scanner

Hingga saat ini, ada beberapa jenis dari scanner yang bisa Anda temui di pasaran dan digunakan oleh berbagai kalangan.

Apa saja jenis scanner yang paling populer?

1. Handy scanner

Scanner jenis ini sangat unik karena memiliki bentuk seperti postcard. Handy scanner bisa digunakan di mesin kasir untuk mengetahui berapa harga dari suatu barang yang diwakili oleh barcode yang menempel pada barang tersebut.

2. Print Scan Copy atau PSC

Print scan copy adalah sebuah perangkat yang hadir dengan beberapa fungsi sekaligus. Anda bisa menggunakan alat ini sebagai sebuah scanner tapi Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai mesin fotokopi atau sebagai printer. Scanner jenis ini sangat disukai oleh banyak pengguna.

3. Flatbed scanner

Flatbed scanner adalah sebuah scanner yang ukurannya sama dengan ukuran kertas folio. Scanner ini tampak seperti sebuah mesin fotokopi. Hanya saja, ukuran dari flatbed scanner ini lebih kecil dibandingkan dengan ukuran mesin fotokopi.

Selain memahami pengertian scanner dan beberapa jenis dari scanner, ada baiknya Anda juga mempelajari fungsi dan manfaat yang diberikan oleh scanner, yang bisa Anda temukan di bawah ini.

Fungsi Scanner

Fungsi-Scanner

Scanner bukan sekadar alat untuk membuat duplikasi data. Ada banyak fungsi lain yang disediakan oleh alat yang praktis dan sangat membantu ini.

Berikut beberapa diantaranya:

1. Menyalin berkas atau data

Fungsi awal dan utama dari scanner adalah untuk membantu Anda menduplikasi suatu berkas penting. Alat ini sangat berguna dalam membantu Anda menyelamatkan data penting yang keberadaan fisik nya bisa terancam oleh berbagai hal seperti air dan api.

2. Mendokumentasikan data-data berharga

Anda bisa saja mengambil foto dari berkas atau data penting Anda. Tetapi bentuk digitalnya tidak bisa sama persis dengan data ketika masih berbentuk fisik. Dengan mendokumentasikan data menggunakan scanner, data yang Anda simpan akan persis sama dengan data fisiknya.

Manfaat Scanner

Manfaat-Scanner

Beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan scanner antara lain adalah:

1. Lebih mudah dalam mengelola berkas-berkas digital

Anda bisa mengelola berkas fisik yang ada, tetapi jauh lebih efisien dan menghemat waktu dengan mengelola berkas secara digital. Scanner membantu Anda untuk mengelola serta mengkategorikan berkas Anda dengan cepat dan mudah.

2. Bisa mengamankan berkas yang sangat penting

Berbagai ancaman fisik siap menyerang berkas-berkas konvensional Anda. Tetapi dengan menggunakan scanner untuk membuat salinan digitalnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan ancaman apapun karena berkas digital Anda bisa disimpan penyimpanan manapun.

Cara Kerja Scanner

Cara-Kerja-Scanner

Bagaimana scanner melakukan tugasnya dalam menduplikasi data? Perhatikan cara kerja sebuah scanner berikut ini:

✓  Data yang akan Anda pindah harus diletakkan di permukaan kaca pada alat pemindai.

✓  Sewaktu scan head atau bagian yang akan memindai objek tersebut melakukan gerakan scan, alat ini menangkap cahaya kemudian mencerminkannya pada bagian yang Anda pindai. Ketelitian yang dimiliki ketika memindai objek adalah 1/90.000 inci.

✓  Lampu pada scanner akan menyala lalu motor stepper mulai melakukan perputaran agar lampu bergerak di atas objek yang Anda pindai.

✓  Cahaya lampu tersebut dipancarkan pada objek dan segera dipantulkan ke bagian area yang kosong. Pantulan yang sudah dihasilkan kemudian diteruskan oleh cermin pada scanner ke bagian lensa scanner.

✓  Pantulan cahaya akan terus bergerak ke arah sensor CCD.

✓  Selanjutnya, sensor CCD mengukur intensitas cahaya berikut panjang gelombang yang terpantul kemudian mengubahnya menjadi sebuah tegangan listrik berbentuk analog.

✓  Alat pengubah yang disebut ADC atau Analog to Digital kemudian akan mengubah tegangan analog menjadi sinyal digital.

✓  Sinyal digital dari sensor CCD tersebut kemudian dikirimkan ke bagian logic board serta dikirimkan kembali ke komputer berupa data digital.

Begitulah proses lengkap yang dilakukan oleh scanner setiap kali Anda melakukan duplikasi data menggunakan scanner. Melalui komputer, Anda bahkan bisa memilih data full color atau hitam putih pada duplikasi digital dari objek yang Anda pindai menggunakan scanner.


Simak juga: √ Pengertian Webcam Dan Jenis-Jenis Serta Fungsinya


Keterangan lengkap mengenai pengertian scanner di atas tentu akan sangat bermanfaat bagi orang lain juga. Jangan ragu untuk membagikan informasi di atas khususnya kepada teman-teman yang berencana mencari perangkat input yang praktis dan sangat berguna.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Cepat Belajar IT

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Internet

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Internet

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Komputer

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Teknologi

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *