Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Router

2 min read

Koneksi internet menjadi kebutuhan utama di era digital ini, dimana selain menggunakan kartu provider Anda juga bisa menggunakan sebuah router. Pengertian router sendiri adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan sekaligus.

Dengan menggunakan router Anda bisa menjalankan internet di berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, handphone, ataupun perangkat lainnya.

Namun, bagi Anda yang masih belum paham seputar alat yang satu ini, maka Anda bisa menyimak ulasan lengkap tentang router yang ada di bawah ini.

Pengertian Router Adalah

Pengertian-Router-Adalah

Secara garis besar router dapat diartikan sebagai rumah jaringan, dimana ia dapat menyalurkan koneksi dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Umumnya router dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari koneksi wifi, jaringan server perusahaan, kontroler, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Penggunaan router yang beragam juga didasarkan banyaknya tipe router yang ada, misalnya saja router server, router mikrotik, hingga router wireless. Setiap tipe router memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Pengertian Router Server

Pengertian-Router-Server

Apabila Anda sering melihat komputer di kantor atau perusahaan yang terhubung satu sama lain, maka hal itu adalah salah satu kegunaan router server. Ia berfungsi mengirim data, baik secara wireless ataupun jaringan kabel.

Bukan hanya mengirim data antar komputer saja, namun router server dapat mentransfer data ke berbagai perangkat lain, seperti print ataupun proyektor.

Adanya router ini akan sangat membantu dalam pekerjaan pekerjaan kantoran yang memang butuh koneksi perangkat satu sama lain.

Pengertian Router Mikrotik

Pengertian-Router-Mikrotik

Pengertian router mikrotik adalah sebuah hardware yang digunakan untuk mentransmisi data, dimana konfigurasi router ini melalui perangkat lunak yang ada di komputer. Penggunaannya sendiri banyak digunakan untuk warnet, provider hotspot, hingga komputer berskala perusahaan.

Bedanya router mikrotik dengan router biasa terletak di sistem operasinya. Di sini Anda lebih dapat mengontrol penggunaan jaringan data, baik management bandwidth, statefull firewall, remote, time to hotspot, dan masih banyak lainnya.

Jenis-Jenis Router

Jenis-Jenis-Router

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis router saat ini, tentunya setiap router memiliki fungsinya masing-masing.

Bila Anda ingin menggunakan salah satunya, maka ketahuilah terlebih dahulu jenis router yang akan Anda gunakan.

1. Router Statis

Router yang paling sering digunakan ialah router statis, jenis ini dinilai lebih stabil dan bisa dikontrol dengan baik. Mengingat ia masih menggunakan cara manual dengan seorang administrator, sehingga koneksi bisa terus dijaga setiap saat.

Namun, penggunaan yang manual tentu saja tidak cocok untuk beberapa kebutuhan, seperti jaringan data berskala besar, misalnya provider hotspot atau server perusahaan. Router statis lebih sesuai untuk diterapkan pada warnet, tempat game, ataupun kebutuhan kecil lainnya.

2. Router Dinamis

Selanjutnya terdapat router berjenis dinamis, simpelnya ia adalah router semi otomatis.

Walaupun tidak dijaga setiap saat, namun router ini masih menggunakan konfigurasi dari seorang administrator. Tujuannya untuk menyetel ulang atau mengubahnya sesuai kebutuhan.

Router dinamis sudah diterapkan di berbagai tempat, seperti provider hotspot, server perusahaan, ataupun pelayanan publik berbasis online.

Penggunaan tersebut dinilai lebih sesuai, mengingat kebutuhan seperti ini harus sudah otomatis, namun tetap masih dalam kontrol seorang administrator.

3. Router Wireless

Akhir-akhir ini yang mulai banyak diterapkan ialah router wireless. Seperti namanya router tersebut bekerja dengan basis nirkabel.

Dengan begitu, penggunaannya lebih leluasa dan dapat terhubung oleh siapa saja, singkatnya ia bisa mentransfer data melalui udara dan tanpa menggunakan kabel sama sekali.

Penggunaannya sendiri juga lebih luas dari pada router lainnya, misalnya saja untuk koneksi wifi, hotspot, antena sinyal, dan lain sebagainya.

Selain itu, ia bisa berjalan dengan otomatis dan dapat digunakan setiap waktu, dimana penggunaannya tidak membutuhkan kontrol dari seorang administrator.

Cara Kerja Router

Cara-Kerja-Router

Walaupun mempunyai jenis dan fungsi yang beragam, namun router sebenarnya mempunyai cara kerja yang sederhana.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak uraian berikut:

✓  Router umumnya akan terhubung lebih dari satu jaringan, dimana mereka akan terhubung melalui yang namanya IP Address.

✓  Selanjutnya jaringan akan diterima dan didistribusikan secara DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

✓  Selain itu, bisa juga secara static atau dengan koneksi Bridge (jembatan jaringan).

✓  Bahkan sekarang juga sudah bisa secara wireless menggunakan koneksi DSL (Digital Subscriber Line).

✓  Router akan menyambungkan server pusat dengan subnet yang ada di bawahnya, bisa subnet A, subnet B, subnet C, dan seterusnya.

✓  Proses distribusi data akan dilakukan menggunakan alamat yang sudah terhubung satu sama lain.


Simak juga:Perangkat Lunak -Definisi, Jenis, Fungsi, Contoh


Anda sangat perlu untuk mengetahui pengertian router, jenis router, fungsi router, hingga cara kerjanya. Hal ini karena router menjadi alat yang sangat penting, mengingat semua jaringan terkumpul menjadi satu di sini.

Bila ia mengalami masalah, tentunya semua akan terkena dampaknya. Hal inilah yang membuat Anda harus benar-benar mengerti bila ingin menggunakan router tersebut.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian ROM

Riski M.pd
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Flashdisk

Riski M.pd
2 min read

Pengertian LAN MAN WAN

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Webcam

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *