Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Profitabilitas

2 min read

Profitabilitas dan profit adalah dua istilah yang terlihat sama dan saling terkait. Keduanya merupakan metrik akuntansi dalam menganalisis kesuksesan finansial suatu perusahaan, namun terdapat perbedaan yang mencolok di antara keduanya.

Perusahaan yang sehat secara finansial atau siap untuk tumbuh dapat dilihat dari profitabilitasnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam terkait profitabilitas, silahakan perhatikan pengertian profitabilitas dan cara menghitungnya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Profitabilitas Secara Umum

Pengertian-Profitabilitas-Secara-Umum

Secara umum dan sederhana, arti profitabilitas adalah kemampuan suatu badan usaha/bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Sedangkan keuntungan atau laba/profit adalah angka absolut/jumlah sisa pendapatan usaha setelah dikurangi semua biaya operasional, seperti proses produksi, gaji karyawan, dan biaya lain yang berkaitan dengan kegiatan usaha (laba = pendapatan-biaya operasional).

Profitabilitas suatu perusahaan dapat diukur atau dilihat dengan berbagai cara, tapi yang paling umum adalah dengan membandingkan aktiva, laba, dan jumlah modal dalam laporan neraca.

Profitabilitas merupakan salah satu dari empat blok bangunan untuk menganalisis laporan keuangan dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tiga blok lainnya adalah efisiensi, solvabilitas, dan prospek pasar.

Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli

Pengertian-Profitabilitas-Menurut-Para-Ahli

Istilah profitabilitas dapat didefinisikan dalam berbagai versi seperti berikut ini:

1. Hoss Belyadi

Profitabilitas adalah kemampuan bisnis untuk menghasilkan laba pada tingkat penjualan, periode, modal, aset, dan saham tertentu.

2. Fatemeh

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menggunakan sumber daya guna menghasilkan pendapatan yang melebihi biaya awalnya. Dua aspek kunci profitabilitas adalah pendapatan dan pengeluaran.

3. Gernot H. Gessinger

Profitabilitas yaitu ukuran relatif dari seberapa banyak keuntungan yang didapat suatu perusahaan/bisnis. Ada lima rasio profitabilitas, yaitu margin kotor, laba bersih, pengembalian aset, pengembalian modal yang digunakan, dan pengembalian ekuitas.

4. Sebastian Engell

Profitabilitas ialah kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan sumber dayanya sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan pendapatan lebih dari biaya operasional yang harus dibayarkan.

5. Agus Sartono

Profitabilitas adalah jumlah laba yang dihasilkan perusahaan setelah melakukan penjualan, dan berhubungan dengan total aktiva serta jumlah modal.

6. Kasmir (2011)

Profitabilitas adalah metrik keuangan yang digunakan oleh analis dan investor untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan (laba) relatif setelah dikurangi biaya operasi dan ekuitas pemegang saham selama periode waktu tertentu.

7. Susan Irawati (2006)

Profitabilitas menunjukkan seberapa baik perusahaan menggunakan asetnya untuk menghasilkan keuntungan dan nilai bagi pemegang saham.

8. Mamduh M. Hanafi (2012)

Profit adalah berapa banyak uang yang Anda hasilkan setelah pengeluaran, sementara profitabilitas mengukur seberapa berkelanjutan kemampuan Anda untuk menghasilkan keuntungan dari waktu ke waktu.

9. Sudana (2012)

Profitabilitas merupakan kemampuan untuk memperoleh keuntungan dari semua kegiatan bisnis suatu organisasi, perusahaan, firma, atau usaha. Dengan kata lain, profitabilitas dapat menunjukkan seberapa efisien suatu perusahaan mendapatkan laba dengan menggunakan semua sumber daya yang ada.

10. Harward & Upton (1961)

Profitabilitas adalah kemampuan investasi tertentu untuk mendapatkan pengembalian dari penggunaannya.

11. Weston & Brigham (1977)

Profitabilitas dapat didefinisikan sebagai kemampuan investasi yang diberikan untuk mendapatkan kembali dari penggunaannya, profitabilitas adalah konsep relatif sedangkan profit adalah konotasi absolut.

12. Kulshrestha (1972)

Profitabilitas ialah berapa banyak pendapatan yang dihasilkan setelah melakukan penjualan dan dapat disimpan perusahaan guna mendapatkan keuntungan setelah membayar semua biaya operasional termasuk pajak.

13. Raheman dan Nasr (2007)

Profitabilitas yaitu persentase penjualan yang tersisa setelah Anda mengurangi biaya produksi barang yang terjual dari angka penjualan total.

14. Shaw

Profitabilitas adalah kemampuan bisnis untuk menghasilkan pengembalian investasi berdasarkan sumber dayanya dibandingkan dengan investasi alternatif.

15. Sejumlah kamus istilah populer

Profitabilitas ialah kemampuan perusahaan atau bisnis untuk menghasilkan pendapatan melebihi pengeluarannya dan biasanya diukur dengan menggunakan rasio, seperti margin laba kotor, margin laba bersih, ekuitas, dll.

Pengertian Profitabilitas Perusahaan

Pengertian-Profitabilitas-Perusahaan


Profitabilitas perusahaan dalam akuntansi adalah ketika total pendapatan perusahaan lebih dari total pengeluarannya.

Profitabilitas membantu perusahaan atau pemilik bisnis menentukan seberapa ‘sehat’ bisnisnya, seberapa cepat bisa berkembang dan bersaing di lapangan, serta mengidentifikasi area bisnis mana yang sudah baik dan masih perlu perbaikan.


Contoh Profitabilitas

Contoh-Profitabilitas

Menurut sejumlah definisi profitabilitas dalam daftar di atas, kuntungan dan profitabilitas dapat diukur dengan cara yang berbeda.

Perhatikan dua contoh sederhana dapat Anda lihat pada ulasan berikut:

➤  Contoh 1

Misalnya Anda memiliki toko buku independen. Bulan ini Anda memiliki pendapatan sebesar Rp5.000.000,00, dan sebesar Rp3.000.000,00 sebagai pengeluaran.

Artinya, keuntungan Anda bulan ini adalah Rp2.000.000,-. Jika Anda ingin melihat profitabilitas jangka panjang toko buku Anda, Anda dapat menggunakan metrik yang lebih spesifik seperti rasio margin keuntungan.

Anda dapat menghitung rasio margin laba bersih dengan membagi laba dengan pendapatan Anda.

Dalam kasus ini, laba bersih Anda adalah Rp2.000.000,00 dibagi dengan Rp5.000.000,00, hasilnya adalah 0,4 atau 40%. Sebagai aturan umum, margin keuntungan lebih dari 10% dianggap rata-rata.

Jadi toko buku Anda tidak hanya menghasilkan keuntungan tapi juga tampak menguntungkan untuk beberapa waktu ke depan.


➤  Contoh 2

Mengukur profitabilitas dengan margin laba bersih Rumusnya adalah:

Margin laba bersih = (laba bersih : penjualan bersih) x 100

Dikalikan 100 untuk membuat hasilnya menjadi persentase Misalkan Anda memiliki pendapatan bersih Rp1.000.000,oo dan penjualan bersih sebesar Rp5.000.000,00.

Maka margin laba bersih Anda      = (1.000.000 : 5.000.000) x 100

= 0,2 x 100

= 20%


Simak juga: Pengertian Persediaan (Lengkap) Secara Umum Dan Para Ahli


Berdasarkan sejumlah pengertian profitabilitas di atas, dapat dikatakan bahwa profitabilitas adalah tujuan utama dari semua usaha / bisnis.

Tanpa profitabilitas, bisnis tidak akan bertahan dalam jangka panjang. Karena itu, mengukur profitabilitas saat ini dan masa lalu serta memproyeksikannya di masa depan sangatlah penting.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Akuntansi

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Aset

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Rekonsiliasi

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Buku Besar

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Modal

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Audit

Riski M.pd
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *