Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Persediaan

3 min read

Persediaan (inventory) merupakan istilah untuk barang tersedia yang akan dijual dan bahan mentah yang digunakan untuk menghasilkan barang tersedia yang dijual.

Misalnya, jika Anda adalah pedagang sayur keliling yang menggunakan motor untuk berjualan, maka sayuran adalah inventory Anda.

Agar lebih memahami pengertian persediaan, berikut penjelasan lengkapnya dari Cryptowi.

Pengertian Persediaan Secara Umum

Pengertian-Persediaan-Secara-Umum


Definisi paling umum dari istilah “persediaan” adalah semua barang dagangan dan bahan yang dimiliki oleh pebisnis untuk dijual di pasar demi mendapatkan keuntungan.

Barang-barang ini dipelihara di dalam atau di dekat lokasi bisnis, sehingga perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan atau melakukan produksi dengan cepat.


Simak juga: √ Pengertian Kinerja: Secara Umum, Ahli, Karyawan #Lengkap


Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli

Pengertian-Persediaan-Menurut-Para-Ahli

Definisi persediaan cukup beragam tergantung pada industrinya dan siapa yang mendefinisikannya.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ristono

Inventory adalah sejumlah barang yang perlu disimpan untuk dijual atau digunakan di waktu yang akan datang.

2. Sartono

Persediaan merupakan salah satu jenis aktiva suatu perusahaan yang jumlahnya cukup besar.

3. Ikatan Akuntan Indonesia

Persediaan adalah barang tersedia yang akan dijual, barang dalam perjalanan atau proses produksi, dan bahan mentah atau perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi.

4. Alexandri

Persediaan adalah barang tersedia untuk dijual dan bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan barang tersedia untuk dijual.

5. Dalam industri manufaktur

Persediaan tidak hanya berupa produk akhir yang diproduksi dan siap dijual, tapi juga bahan baku yang digunakan dalam produksi dan barang setengah jadi di gudang atau di lantai pabrik.

6. Industri jasa

Dalam industri jasa, sebagian besar persediaan bersifat tidak berwujud, tapi dalam bentuk langkah-langkah yang terlibat sebelum menyelesaikan penjualan.

7. Warren

Persediaan adalah berbagai barang dagang yang dapat digunakan dalam proses produksi, dapat disimpan untuk kemudian dijual atau digunakan untuk tujuan tertentu.

6. Kieso

Persediaan adalah istilah akuntansi yang mengacu pada barang yang berada dalam berbagai tahap untuk dijual, termasuk barang jadi, barang dalam proses pembuatan, dan bahkan bahan mentah untuk digunakan dalam proses produksi.

7. Herjanto

Persediaan adalah barang yang telah Anda beli dengan tujuan untuk dijual kembali kepada pelanggan. Item tersebut dapat dijual kembali tanpa perubahan, atau dapat digabungkan menjadi produk baru.

8. Nasution dan Prasetyawan

Persediaan adalah rangkaian barang jadi atau barang yang digunakan dalam produksi yang dipegang oleh suatu perusahaan.

9. Sofyan Assauri

Persediaan diklasifikasikan sebagai aset lancar di neraca perusahaan, dan berfungsi sebagai penyangga antara produksi dan pemenuhan pesanan.

Pengertian Persediaan dalam Akuntansi

Pengertian-Persediaan-dalam-Akuntansi


Dalam bidang akuntansi, persediaan berhubungan dengan penilaian dan akuntansi untuk perubahan aset yang diinventarisasi.

Persediaan perusahaan biasanya melibatkan barang dalam tiga tahap produksi, yaitu barang mentah, barang dalam proses, dan barang jadi yang siap untuk dijual.


Pengertian Persediaan Barang Dagang

Pengertian-Persediaan-Barang-Dagang


Persediaan barang dagang adalah harga pokok barang yang ada dan tersedia untuk dijual pada waktu tertentu.

Persediaan barang dagang merupakan aset lancar dengan saldo debit normal, yang berarti debit akan meningkat dan kredit akan berkurang.


Simak juga: √ Pengertian Analisis: Secara Umum dan Menurut Para Ahli


Pengertian Manajemen Persediaan

Pengertian-Manajemen-Persediaan


Manajemen persediaan adalah bagian dari perusahaan yang bertugas memproses pesanan, penyimpanan, dan penggunaan persediaan perusahaan.

Tugas ini termasuk pengelolaan bahan mentah, komponen dan produk jadi, serta pergudangan dan pemrosesan barang-barang tersebut.


Fungsi Persediaan

Fungsi-Persediaan

Fungsi utama dari persediaan adalah menyediakan pasokan bahan yang berkelanjutan.

Agar fungsi ini berjalan secara efektif, bisnis Anda harus berusaha menemukan titik temu antara terlalu banyak dan terlalu sedikit, dan tanpa pernah kehabisan stok.

Maksudnya, jika Anda membeli dan menyimpan terlalu banyak persediaan, arus kas Anda mungkin akan terganggu karena uang Anda terikat pada barang-barang yang tidak terpakai atau tidak terjual.

Namun, jumlah persediaan yang terlalu sedikit juga bisa membuat Anda tidak bisa memenuhi permintaan pasar dan mungkin membuat pelanggan pindah ke tempat lain.

Jenis-Jenis Persediaan

Jenis-Jenis-Persediaan

Secara umum, jenis persediaan dapat dikelompokkan menjadi lima jenis berikut ini:

1. Bahan Baku

Bahan baku adalah item persediaan yang digunakan dalam proses konversi pabrik untuk menghasilkan komponen, sub-rakitan, atau produk jadi.

Item persediaan ini dapat berupa komoditas atau bahan yang diekstraksi oleh perusahaan atau anak perusahaan.

Bahan baku juga bisa objek atau elemen yang telah dibeli perusahaan dari luar organisasi.

Contohnya adalah biji-bijian, mineral, minyak bumi, bahan kimia, kertas, kayu, cat, baja, mur dan baut, bahan makanan, dan sebagainya.

2. Proses Kerja

Jika bahan mentah telah dikirim untuk diproses tapi sedang menunggu pemeriksaan, maka tahap ini disebut sebagai proses kerja (work-in-process).

Contohnya: pabrik pembuat kue telah memasak bahan mentah dan kue telah dicetak, tapi belum menjalani pemeriksaan kualitas, maka semua kue yang sedang antri ini disebut work-in-process.

3. Barang Jadi

Barang jadi adalah barang akhir yang siap dijual ke pelanggan. Barang-barang ini telah melewati semua tahapan produksi dan pengecekan kualitas.

4. Inventory Transit

Inventory transit adalah barang yang sedang diangkut dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan truk, mobil, kereta api, atau kendaraan lainnya.

5. Persediaan Antisipasi

Beberapa perusahaan sering membeli dan menahan persediaan yang melebihi kebutuhan saat ini untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian di masa depan, misalnya karena kenaikan harga, kenaikan permintaan musiman, atau mungkin pemogokan tenaga kerja.

Taktik ini biasanya digunakan oleh pengecer, yang secara rutin mengumpulkan persediaan berbulan-bulan sebelum permintaan akan produk mereka menjadi sangat tinggi pada hari-hari tertentu, misalnya saat Natal atau musim kembali ke sekolah.


Simak juga: Contoh Proposal Usaha


Berdasarkan semua pengertian persediaan dalam daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa persediaan adalah suatu aset (berwujud atau tidak berwujud), aset yang dapat direalisasikan untuk menghasilkan pendapatan/memiliki nilai untuk ditukar, atau aset yang sedang dalam proses tapi dimaksudkan untuk dijual di pasar.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Aset

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Rekonsiliasi

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Buku Besar

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Modal

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Audit

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Profitabilitas

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *