Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Penelitian

5 min read

Simak ulasan berikut ini √ pengertian penelitian √ secara umum √ menurut para ahli √ ilmiah √ pendidikan √ sosial.


Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja Anda sering mendengar istilah penelitian.

Penelitian ini merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mencari kebenaran dari sesuatu.

Penelitian juga dilakukan dengan berbagai macam metode yang ada, sehingga memperoleh hasil yang diinginkan.

Ingin mengenal lebih dalam tentang pengertian penelitian? silahkan simak ulasan dari Cryptowi dibawah ini.

Pengertian Penelitian Secara Umum

Pengertian-Penelitian-Secara-Umum

Secara umum, penelitian dapat diartikan sebagai kegiatan pencarian kembali atau mencari hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Penelitian juga bertujuan untuk memperoleh hasil yang diinginkan agar bisa diimplementasikan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai.

Tentu saja pencarian hasil dari penelitian tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan menggunakan metode-metode yang telah ada.

Ada juga beberapa peneliti yang menggunakan metode dari hasil pengembangan metode-metode sebelumnya.

Kegiatan penelitian umumnya dilakukan dengan cara memahami sebab dan akibat dari suatu kejadian dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian-Penelitian-Menurut-Para-Ahli

Ada beberapa macam jenis pengertian penelitian menurut beberapa pendapat dari para ahli.

Adapun beberapa pendapat tersebut, antara lain adalah:

1. Soetrisno Hadi

Pengertian dari penelitian menurut Soestrisno Hadi merupakan beberapa rangkaian dari usaha guna memperoleh sesuatu.

Sesuatu tersebut nantinya berguna untuk mengisi kekosongan yang ada, ataupun hal yang belum ada sebelumnya.

Penelitian juga dapat pula dilakukan dengan cara mencari tahu dan menggali suatu hal yang sudah ada guna kepentingan untuk memperluas ilmu pengetahuan.

2. Sukardi

Sukardi berpendapat bahwa pengertian dari penelitian adalah sebuah poses dengan karakteristik yang sistematis, empiris dan dikontrol dengan baik.

Penelitian juga dilakukan atas dasar teori yang sudah ada lalu dikaji lebih dalam lagi guna mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Nantinya hasil penelitian tersebut diharapkan dapat berguna bagi kehidupan masyarakat luas.

3. John

Penelitian menurut pendapat John merupakan sebuah kegiatan dalam mencari fakta-fakta baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Adapun metode yang digunakan dalam mencari fakta tersebut haruslah metode yang objektif sehingga hasil yang didapatkan dapat sesuai dengan fakta yang ada dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian dari penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara ilmiah yang dilakukan secara sistematis.

Analisis dalam penelitian haruslah dilakukan secara metodelogis dan selalu konsisten.

Tujuan dari kegiatan penelitian adalah untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang sedang dicari oleh manusia.

5. Mohamad Ali

Tokoh ahli lainnya yang mejelaskan mengenai pengertian penelitian adalah Mohamad Ali.

Menurut beliau, penelitian merupakan cara dalam memahami sesuatu yang sedang terjadi.

Proses pemahaman tersebut dilakukan secara terstuktur dan sistematis dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada.

Proses pemahaman ini dilakukan dengan hati-hati agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

6. Hadi Sutrisno

Menurut Hadi Sutrisno, penelitian merupakan sebuah upaya yang berguna untuk menemukan sesuatu ataupun mengembangkan sesuatu yang sudah ada.

Selain itu, penelitian juga mencakup pengujian dari sesuatu yang telah ada.

Nantinya hasil penelitian tersebut akan dibandingkan dan dianalisis dengan beberapa hasil penelitian yang telah ada sebelumnya.

7. Sukmadinata

Sukmadinata berpendapat bahwa penelitian merupakan suatu proses kegiatan dalam mengumpulkan data.

Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan juga diolah secara sistematis.

Tujuan pengolahan data tersebut adalah untuk mendapatkan hasil yang logis dan bisa diterima oleh khalayak ramai

Pengertian Penelitian Ilmiah

Pengertian-Penelitian-Ilmiah

Apakah Anda pernah berfikir bahwa Anda bisa melakukan trik baru yang keren? Atau pernahkah Anda meminta seorang teman untuk mengoreksi esai Anda agar tidak terjadi kesalahan?

Nah, para peneliti ilmiah suka menemukan hal-hal baru yang keren, menulis tentang hal baru tersebut dan kemudian meminta teman-temannya untuk memeriksa ulang barangkali ada kesalahan.

Dan itulah sifat penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah adalah studi yang harus direncanakan secara sistematis sebelum dilakukan.

Bagian penting dari penelitian ilmiah adalah bahwa hipotesis harus dapat dipalsukan.

Hipotesis atau teori yang dapat dipalsukan adalah teori di mana eksperimen atau penemuan lain dapat membuktikan salah, tidak benar, dan kurang benar.

Ini adalah faktor kritis lain yang memisahkan sains dari dunia agama, astrologi, dan pseudosain.

Bagaimanapun, para peneliti ilmiah mencoba menjawab banyak pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana dunia bekerja.

Tetapi banyak dari pekerjaan mereka tidak benar-benar berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan di garis depan pikiran Anda.

Lebih jauh, mau atau pun tidak, para ilmuwan tidak hanya memberikan penjelasan tentang dunia di sekitar Anda.

Para ilmuwan menggunakan metode ilmiah, sebuah proses yang membantu membangun penggambaran yang akurat tentang alam semesta dan prosesnya untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin ada dalam benak Anda.

Artinya, para peneliti ilmiah mengamati dunia sekitar dan kemudian merumuskan penjelasan potensial untuk fenomena yang diamati tersebut, menguji hipotesis dengan eksperimen, dan menganalisis hasil untuk melihat apakah sebuah penelitian ilmiah yang telah dilakukan tersebut benar atau salah.

Secara keseluruhan, penelitian ilmiah membantu orang memunculkan pertanyaan dan metode yang rasional, obyektif, dapat diuji, dan tidak dapat disangkal yang membantu Anda menjelaskan dunia dan sifatnya yang terus berubah.

Sementara itu studi observasional adalah jenis utama dari penelitian ilmiah asli.

Studi observasional sering dikritik karena menyimpulkan sebab akibat dari korelasi ketika peneliti tidak memiliki usaha untuk melakukannya.

Pengertian Penelitian Pendidikan

Pengertian-Penelitian-Pendidikan

Ketika sampai pada penelitian pendidikan, itu adalah proses penyelidikan ilmiah untuk memecahkan masalah sektor pendidikan suatu negara.

Jadi penelitian pendidikan adalah bidang studi ilmiah yang meneliti proses pendidikan dan pembelajaran serta atribut manusia, interaksi, organisasi, dan lembaga yang membentuk hasil pendidikan.

Beasiswa di bidang ini berupaya menggambarkan, memahami, dan menjelaskan bagaimana pembelajaran berlangsung sepanjang kehidupan seseorang dan bagaimana konteks pendidikan formal dan informal memengaruhi semua bentuk pembelajaran.

Penelitian pendidikan mencakup spektrum penuh metode ketat yang sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Dan juga mendorong pengembangan alat dan metode baru.

Untuk membandingkan sekelompok siswa yang diberi dorongan dan kritik positif, sekelompok siswa yang diberi dorongan dan kritik negatif dan kelompok kontrol siswa tidak diberi dorongan, maka digunakan lah metode ilmiah.

Setelah menerima dorongan positif, kritik negatif, atau tidak ada dorongan, individu dalam kelompok ini kemudian akan dibandingkan pada variabel pembelajaran dependen yang penting seperti kinerja, upaya, dan motivasi mereka.

Setelah ini dilakukan, data akan memberikan jawaban yang pasti tentang apakah dorongan positif, kritik negatif, atau tidak ada hasil semangat dalam kinerja akademik terbaik.

Penelitian pendidikan yang menggunakan metode ilmiah untuk mengumpulkan data ilmiah dapat memberikan jawaban yang pasti tentang praktik terbaik dalam pengajaran.

Tujuan dari penelitian pendidikan adalah untuk mengembangkan pengetahuan baru tentang situasi belajar-mengajar dengan tujuan untuk meningkatkan praktik pendidikan.

Dengan mengumpulkan data ilmiah tentang topik-topik penting mengenai belajar, mengajar, motivasi, perkembangan, dan manajemen kelas dalam pendidikan, penelitian pendidikan dapat menetapkan praktik terbaik yang harus digunakan oleh guru, penasihat, administrator, dan siswa guna meningkatkan hasil pembelajaran.

Oleh karena itu, peneliti pendidikan harus fokus pada proyek penelitian praktis yang akan memiliki implikasi signifikan terhadap pendidikan.

Pengertian Penelitian Geografi

Pengertian-Penelitian-Geografi

Penelitian geografi berisi penelitian tentang pendidikan geografi, penelitian untuk pendidikan geografi, dan penelitian tentang geografi pendidikan.

Penelitian geografis di Amerika Latin telah aktif di Inggris, Amerika Serikat, Prancis, dan banyak negara Amerika Latin.

Area fokus utama termasuk analisis spasial dan sosial dari perkembangan dan globalisasi, analisis kritis dan Marxis tentang ketergantungan dan ekologi politik, studi tentang organisasi nonpemerintah dan gerakan masyarakat adat, studi tentang kota, dan studi interaksi manusia-lingkungan di berbagai skala spasial.

Sementara itu, geografi historis baik lanskap pra-Hiaspanik dan kolonial dan pola-pola spasial telah aktif, dan ada minat yang tumbuh pada metode teknologi modern serta persepsi dan representasi tempat dan ruang.

Penelitian geografi di Afrika memiliki banyak segi dan interdisipliner dalam pendekatan metodologis dan teoretisnya.

Dalam 30 tahun terakhir, disiplin ini telah merangkul atau menemukan pendekatan baru dalam penelitiannya di benua itu. Sebagian besar pekerjaannya adalah tentang geografi manusia.

Sejumlah bidang substantif yang kurang berkembang meliputi geografi fisik (geomorfologi dan biogeografi), kartografi historis, geografi politik dan budaya, dan geografi regional.

Namun, beberapa buku pelajaran yang sangat bagus dan komprehensif yang membahas daerah-daerah yang terbelakang ini, khususnya geografi budaya dan regional tampaknya telah menjembatani kesenjangan tersebut.

Beberapa buku ini melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menyatukan geografi regional Afrika secara sistematis dengan interpretasi tematik yang koheren tentang status regional, budaya, dan perkembangan benua.

Penelitian geografi menekankan tidak hanya pondasi ekonomi politik dari kemiskinan, tetapi juga cara hidup, pengalaman, dan diskursif (kembali) diproduksi.

Konstruksi kemiskinan dan representasi budaya orang miskin mencerminkan hierarki sosial dan diresapi dengan konvensi yang berlaku tentang gender, ras, etnis, dan kelas.

Intervensi signifikan dari penelitian geografi di bidang ini adalah interogasinya terhadap dasar-dasar sosiospasial dari representasi diskursif kemiskinan.


Baca juga: Pengertian Kewirausahaan


Pengertian Penelitian Sosial

Pengertian-Penelitian-Sosial

Yang telah kami dapatkan dari warta bahwasannya penelitian sosial adalah metode yang digunakan oleh para ilmuwan sosial dan peneliti untuk belajar tentang orang-orang dan masyarakat sehingga mereka dapat merancang produk untuk layanan yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Kelompok sosial-ekonomi setiap daerah selalu berbeda dan hal ini memicu perbedaan pola pikir tiap kelompok sosial dari suatu daerah.

Berbagai aspek perilaku manusia perlu diatasi untuk memahami pemikiran dan umpan balik mereka tentang dunia sosial, dan hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan penelitian sosial.

Setiap topik dapat memicu penelitian social, seperti fitur baru, tren pasar baru atau peningkatan teknologi lama.

Penelitian sosial dilakukan dengan mengikuti rencana tindakan sistematis yang mencakup metode observasi kualitatif dan kuantitatif.

1. Metode kualitatif

Metode ini mengandalkan komunikasi langsung dengan anggota pasar, observasi, analisis teks. Hasil dari metode ini lebih difokuskan pada akurasi daripada generalisasi untuk seluruh populasi.

2. Metode kuantitatif

Metode ini menggunakan teknik analisis statistik untuk mengevaluasi data yang dikumpulkan melalui survei, jajak pendapat, atau kuesioner.

Penelitian Sosial berisi elemen dari kedua metode ini untuk menganalisis berbagai kejadian sosial seperti penyelidikan situs bersejarah, sensus negara, analisis rinci penelitian yang dilakukan untuk memahami alasan peningkatan laporan penganiayaan di negara dll.

Sebuah survei untuk memantau kebahagiaan dalam populasi responden adalah salah satu aplikasi penelitian sosial yang paling banyak digunakan.

Template survei kebahagiaan dapat digunakan oleh para peneliti dan organisasi untuk mengukur seberapa bahagia seorang responden dan hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan pada responden tersebut.

Penelitian sosiologis, misalnya, yang mungkin menjadi perhatian utama bagi beberapa orang dapat dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari kategori umum atau rubrik yang ditetapkan sebagai ‘penelitian sosial’.

Dapat dikatakan bahwa, semua penelitian sosiologis adalah ‘penelitian sosial’ tetapi tidak semua ‘penelitian sosial’ akan memenuhi syarat sebagai penelitian sosiologis.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian merupakan kegiatan pengamatan yang dilakukan secara sistematis dan tersturktur. Adapun hasil dari penelitian tersebut biasanya digunakan untuk kepentingan masyarakat luas.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Surat Resmi

Danar
4 min read

Pengertian Kinerja

Danar
3 min read

Pengertian Jasa

Danar
3 min read

Struktur Cerpen

Danar
5 min read

Pengertian Ilmu

Danar
2 min read

Pengertian Analisis

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *