Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Pendidikan

2 min read

Pendidikan formal dan non formal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Saking pentingnya, pemerintah di berbagai negara memberikan standar tertentu kepada setiap warganya untuk memperoleh pendidikan.

Misalnya di Indonesia, pendidikan wajib adalah selama 12 tahun. Meski istilah “pendidikan” sudah sangat sering digunakan, namun tidak banyak yang tahu apa pengertian pendidikan.

Banyak orang yang mengartikan istilah “pendidikan” sama dengan sekolah, seperti sekolah dasar, SMP, SMA, atau perguruan tinggi. Ada juga yang langsung terpikir dengan profesi tertentu seperti guru atau tutor.

Kira-kira, apa ya arti sebenarnya dari pendidikan? Berikut penjelasan lengkapnya dari Cryptowi.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Pengertian-Pendidikan-Secara-Umum

Kata “pendidikan” berasal dari bahasa Inggris “education”, yang secara etimologi berakar dari bahasa Latin “Eductum”. Arti dari Eductum sendiri adalah sesuatu yang sedang berkembang.

Sedangkan dalam bentuk kalimat, definisi dari pendidikan adalah proses mempelajari keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan diri.

Dalam arti yang lebih luas, pendidikan membantu orang untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu dan mendukung orang tersebut untuk memikirkan tentang apa yang mereka pelajari.

Melalui pendidikan, pengetahuan tentang masyarakat, negara, dan dunia dapat diteruskan dari generasi ke generasi.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli

Sebenarnya, pengertian dari pendidikan cukup beragam, tergantung pada siapa yang mendefinisikannya, di bidang apa, bagaimana sudut pandangnya, dan seberapa luas wawasannya.

Contohnya adalah definisi pendidikan menurut sejumlah orang berikut ini:

1. Mark K. Smith

Pendidikan adalah penanaman pembelajaran yang bijaksana, penuh harapan, dan penuh hormat, yang dilakukan dengan keyakinan bahwa semua orang berhak memperoleh kesempatan untuk mempelajari berbagai pengetahuan dalam hidupnya.

2. Paulo Freire (1973)

Menurut Paulo, pendidikan adalah proses dan hasil. Sebagai suatu proses, pendidikan adalah bagian dari kehidupan di dunia dan bagian dari cara kerja tubuh manusia. Sedangkan sebagai hasilnya, pendidikan adalah pemahaman atau apresiasi baru terhadap sesuatu.

3. Dr. John Dewey (1916)

Bagi John Dewey, pendidikan terjadi tidak hanya sebagai aktivitas sosial tapi juga terjadi di dalam tubuh manusia. John juga mengatakan bahwa pendidikan merupakan suatu pengalaman dalam sepanjang kehidupan manusia yang dapat membantu pertumbuhan kedewasaan manusia.

4. Lieberman (2013: 282)

Pendidikan adalah proses mengembangkan pemahaman dan penilaian, serta memungkinkan tindakan yang dapat mempengaruhi hidup seseorang.

5. Illeris (2002)

Pendidikan adalah tindakan atau proses untuk menyampaikan dan memperoleh pengetahuan umum, mengembangkan kekuatan penalaran serta penilaian, dan umumnya mempersiapkan diri sendiri atau orang lain secara intelektual untuk kehidupan yang lebih matang di masa depan.

6. Mary Warnock (1986: 182)

Pendidikan adalah sistem belajar mengajar yang bertujuan untuk mensosialisasikan individu dan memaksimalkan perkembangannya. Meskipun mungkin umumnya terkait dengan pengetahuan, kedua istilah ini tidak boleh disalahartikan. Pendidikan terkait dengan aturan moral, sedangkan pengetahuan lebih luas dari itu.

7. Macquarrie (1978: 11)

Pendidikan adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan metode pembelajaran di sekolah atau lingkungan seperti sekolah sebagai lawan dari berbagai cara sosialisasi non formal dan informal, seperti pendidikan melalui hubungan orang tua-anak.

8. Moltman (1967)

Pendidikan dapat diartikan sebagai transmisi nilai-nilai dan akumulasi pengetahuan suatu masyarakat dengan tujuan membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia serta tumbuh menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang berkontribusi pada bangsa dan negara.

9. J. Langeveld

Pendidikan adalah suatu proses membimbing individu yang belum dewasa menuju arah kedewasaan dan agar lebih mandiri serta bertanggung jawab.

10. Halpin (2003: 19)

Pendidikan adalah proses untuk menyebarkan atau memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, seperti untuk suatu profesi.

11. Herman H. Horn

Pendidikan adalah keterampilan akademis dan non akademis yang diperoleh oleh seseorang dari sejak ia lahir hingga meninggal.

12. Stella van Petten Henderson

Pendidikan adalah sesuatu yang membawa perubahan alami dan abadi dalam penalaran dan kemampuan individu untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.

Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Pengertian-Pendidikan-Menurut-KBBI


Definisi pendidikan menurut KBBI adalah proses menerima atau memberikan instruksi yang sistematis untuk mengubah perilaku atau sikap seseorang atau sekelompok orang melalui pengajaran di sekolah atau universitas.


Simak juga: Pendidikan Karakter: Pengertian, Tujuan, Macam, Manfaat


Pengertian Pendidikan Jasmani

Pengertian-Pendidikan-Jasmani

Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai instruksi formal dalam olahraga dan pemilihan makan sesuai nutrisi dan takaran yang tepat.

Instruksi dalam latihan fisik biasanya mencakup senam, gerakan atletik, dan berbagai permainan olahraga.

Ada banyak manfaat yang diterima siswa dari pelajaran pendidikan jasmani di sekolah, seperti:

✓   Siswa dapat menyadari pentingnya gaya hidup sehat.

✓   Membantu siswa dalam membuat keputusan yang cerdas tentang kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan diri sendiri.

✓   Jika dilakukan secara teratur, siswa dapat memperoleh kesehatan secara keseluruhan, yang mencakup kebugaran, mengembangkan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh, meningkatkan proses pencernaan, dan meningkatkan proses fisiologis.

✓   Membangun kepercayaan diri.

✓   Mengembangkan keterampilan motorik.

✓   Meredakan stress.


Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Pengertian-Pendidikan-Kewarganegaraan

Dalam definisi terluasnya, pendidikan kewarganegaraan adalah semua proses yang dapat mempengaruhi keyakinan, komitmen, kemampuan, dan tindakan seseorang sebagai anggota atau calon anggota masyarakat.

Keluarga, pemerintah, agama, dan media massa adalah beberapa institusi yang terlibat dalam pendidikan kewarganegaraan.

Pendidikan kewarganegaraan juga dapat diartikan sebagai upaya memberdayakan manusia untuk menjadi warga negara yang terinformasi dengan baik dan secara aktif dapat mengubah dunia di sekitar kita.

Tiga elemen pendidikan kewarganegaraan adalah tanggung jawab pribadi, partisipasi, dan keadilan.


Simak juga: √ Pengertian Kreativitas (Lengkap) Secara Umum & Para Ahli


Seringkali dikatakan bahwa pendidikan tidak mengenal batas usia, karena prosesnya sendiri bisa terjadi sepanjang waktu selama hidup Anda.

Karena itu, pendidikan bukan sekedar proses belajar mengajar di sekolah, melainkan proses belajar di sepanjang hidup yang terjadi secara formal maupun non formal.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Kajian Pustaka

Danar
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *