Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Negara

3 min read

Saat ditanya “Anda berasal dari negara mana?” tentu dengan cepat dapat menjawab “Indonesia”. Bagaimana jika ditanya “Apakah definisi negara Indonesia?” kemungkinan akan ada spasi panjang sebelum menjawab.

Pengertian Indonesia dan pengertian negara secara umum, tidak akan mudah terjawab tanpa memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut.

Jika Anda masih merasa belum paham apa maksud dari negara, silahkan simak ulasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Negara Secara Umum

Pengertian-Negara-Secara-Umum

Negara secara umum merupakan badan/organisasi yang mempunyai kedudukan paling tinggi, terdiri dari kelompok suatu masyarakat pada suatu wilayah yang berdaulat.

Sebagai badan teratas, negara bukan hanya mengatur melainkan berupaya memberikan perlindungan dan mencapai kesejahteraan bersama.

Sebelum resmi terbentuk sebagai negara, terdapat beberapa unsur yang menjadi syarat, yakni:


✓  Wilayah dimaknai sebagai teritorial yang dikuasai, meliputi darat, udara, dan laut.

✓  Rakyat merupakan sekelompok orang yang mendiami teritorial tersebut dan memiliki semangat untuk bersatu dan tujuan yang sama.

✓  Pemerintah adalah pihak yang memiliki kekuasaan atas negara, sehingga kehidupan bermasyarakat lebih teratur dan mampu mewujudkan cita-cita yang sudah dirumuskan.

✓  Pengakuan secara de jure merujuk pada penerimaan wilayah tertentu agar menjadi sebuah negara secara hukum internasional.

✓  Pengakuan secara de facto adalah penerimaan yang berasal dari negara lain. Pengakuan ini dibutuhkan oleh negara yang belum stabil sehingga tidak mampu mengurus pengakuan de jure.


Dalam penyelenggaraannya, negara mempunyai fungsi dan tujuan.

Secara singkat, negara menjalankan 4 fungsi utama antara lain menjunjung keadilan atas hukum untuk semua masyarakat, melaksanakan pertahanan dan keamanan, menciptakan kemakmuran serta kesejahteraan, dan menjalankan kebijakan tanpa memihak.

Sedangkan tujuan umum dari pembentukan negara adalah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara menyeluruh.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian-Negara-Menurut-Para-Ahli

Banyak ahli dari berbagai bidang seperti Ilmu Tata Negara dan Ilmu Politik yang mendefinisikan negara berdasarkan cara pandang mereka.

Berikut beberapa tokoh terkenal yang mengemukakan pendapatnya:

1. Roelof Krannenburg

Menurut Prof. Kranenburg, negara adalah organisasi kekuasaan yang dibuat oleh sekelompok manusia yang disebut dengan bangsa. Pembentukan negara tersebut bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan baik penguasa maupun rakyat.

2. George Jellinek

Seorang ahli tata negara dari Jerman, George Jellinek, juga memiliki definisi sendiri. Berdasarkan sudut pandangnya, negara adalah wilayah tertentu yang ditinggali oleh sekumpulan orang dan memberlakukan kekuasaan untuk mengatur dan memerintah.

3. Mac Iver

Negara dari kacamata seorang Mac Iver adalah organisasi politik yang berisi perkumpulan manusia. Tiap dari mereka selalu berusaha menjaga tatanan dan ketertiban demi kepentingan bersama.

4. Woodrow Wilson

Politikus dari Amerika, Woodrow Wilson, berpendapat singkat saja mengenai negara. Menurutnya, negara memiliki hukum dan aturan yang berlaku di wilayah tertentu.

5. Marsillius

Pengertian negara menurut Marsillius menyangkut tujuan untuk menjaga perdamaian. Negara dianggap sebagai organisasi kemasyarakatan yang berusaha memenuhi tujuan mulia tersebut dengan tetap berpegang teguh dasar kehidupan.

6. Miriam Budiardjo

Definisi negara juga datang dari pakar Ilmu Politik Indonesia. Terdapat dua poin yang ditekankan oleh Prof. Miriam Budiardjo. Pertama adalah negara sebagai wilayah yang ada di bawah pemerintahan para pejabat. Kedua, rakyat wilayah tersebut dibuat patuh terhadap peraturan perundang-undangan.

7. Max Weber

Negara menurut pandangan Max Weber adalah asosiasi yang memiliki sistem hukum untuk mengatur kehidupan masyarakat. Sistem tersebut dijalankan oleh pemerintah dan memiliki sifat yang memaksa.

Pengertian Negara Indonesia

Pengertian-Negara-Indonesia

Sebagai WNI, sudahkah Anda mengetahui definisi negara Indonesia? Pengertian secara umum pasti sudah banyak yang mengetahui yaitu negara kesatuan berbentuk pemerintahan republik yang terletak di wilayah Asia Tenggara.

Tetapi, penjelasan lain yang lebih detail juga perlu diketahui seperti:


✓  Negara Indonesia adalah negara yang dihuni oleh penduduk sebanyak lebih dari 268 juta jiwa berdasarkan data pada tahun 2020.

✓  Negara Indonesia merupakan negara yang mendapat titel seribu pulau. Jumlah total pulaunya mencapai lebih dari 13 ribu dan menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan nomor wahid di dunia.

✓  Negara Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk yang didominasi oleh pemeluk agama Islam. Total populasinya sebanyak 220 juta lebih pada tahun 2020.

✓  Negara Indonesia adalah termasuk negara multikultural karena dihuni oleh suku bangsa yang berjumlah ribuan lebih. Walaupun begitu, mereka menjadi satu kesatuan yang hidup dalam NKRI dan memegang teguh ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

✓  Negara Indonesia adalah negara yang menjalankan sistem demokrasi. Dicirikan dengan rakyat yang memiliki hak secara penuh dan langsung untuk memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD, anggota DPD, kepala daerah dan wakil kepala daerah.

✓  Negara Indonesia merupakan negara yang di atasnya melintang garis khatulistiwa. Lokasinya strategis, karena terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia juga dihimpit oleh dua benua (Asia dan Australia).


Kesimpulan Pengertian Negara

Kesimpulan-Pengertian-Negara

Berdasarkan sumber yang beragam, apa yang dapat disimpulkan? Negara adalah wilayah dengan tata aturannya sendiri yang berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat yang menghuni batas wilayah tersebut.

Baru dapat disebut sebagai negara apabila memiliki unsur utama meliputi wilayah, penduduk tetap, pemerintahan yang memiliki kedaulatan, dan pengakuan yang berasal dari dunia internasional.

Terciptanya kehidupan yang makmur dan sejahtera adalah tujuan dari penyelenggaraan negara.

Negara yang ada di dunia terbagi menjadi beberapa bentuk. Indonesia masuk dalam kategori negara kesatuan yang mempraktikkan jenis pemerintahan republik.

Oleh sebab itu, disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Simak juga: Pengertian Rekonsiliasi (Lengkap) Umum & Menurut Para Ahli


Pengetahuan mengenai pengertian negara semakin bertambah, bukan? Berbagai sudut pandang dari para ahli sebenarnya mengerucut pada hal yang sama, hanya saja rangkaian kalimatnya berbeda.

Dengan memiliki pemahaman yang baik, maka akan berdampak positif pada kecintaan terhadap Tanah Air. Tak kenal maka tak sayang, dan semakin mengenal maka akan semakin bersemangat menjalankan peran sebagai warga negara.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Sejarah Akuntansi

Danar
2 min read

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Danar
3 min read

Batas Wilayah Indonesia

Danar
3 min read

Zaman Neolitikum

Danar
3 min read

Zaman Megalitikum

Danar
3 min read

Zaman Paleolitikum

Danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *