Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Modem

2 min read

Anda bisa menggunakan komputer atau laptop untuk mencari berbagai informasi dari internet dengan bantuan modem. Apa yang dimaksud dengan modem?

Di bawah ini, Anda akan menemukan keterangan lengkap tentang pengertian modem, fungsinya, serta cara kerjanya.

Pengertian Modem Adalah

Pengertian-Modem-Adalah

Modem sebenarnya adalah sebuah singkatan dari kata modulator demodulator.

Untuk bisa memahami pengertian dari modem, berikut penjelasan dari modulator dan demodulator:

»  Modulator

Kata modulator di sini memaksudkan sebuah proses modulasi yang merupakan proses memberikan data pada sebuah sinyal informasi kepada sinyal pembawa.

Selanjutnya, data yang diberikan tersebut bisa dikirimkan ke seorang pengguna melalui sebuah media.

Proses modulasi tersebut juga bisa berarti sebagai proses untuk mengubah data komputer dari bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog.

»  Demodulator

Demodulator merupakan sebuah proses untuk mendapatkan kembali data yang sudah dikirimkan tadi. Proses ini mengubah kembali sinyal analog ke sinyal digital, sehingga komputer bisa membaca atau mengenali sinyal tersebut.

Jadi, modem merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang bekerja sebagai sebuah alat komunikasi. Modem juga bisa berarti media perantara untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet, sehingga Anda bisa menjelajahi dunia maya.

Pengertian Modem ADSL

Pengertian-Modem-ADSL

ADSL juga merupakan sebuah singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Modem ADSL merupakan suatu bentuk teknologi komunikasi data. Teknologi ini mampu mentransmisikan data dengan cepat.

Banyak modem ADSL merupakan modem eksternal atau berada di bagian luar komputer.

Modem jenis ini menggunakan kabel USB atau kabel khusus jaringan Ethernet untuk menghubungkannya dengan komputer. Meskipun demikian, ada pula modem ADSL internal namun sudah jarang ditemui.

Kecepatan yang dimiliki modem ADSL sangat bervariasi mulai dari beberatus kilobit per detiknya sampai dengan beberapa megabit per detiknya.

Hal ini membuat ADSL lebih unggul daripada modem konvensional yang kecepatannya terbatas antara 50 hingga 56 kilobit saja per detiknya.

Modem ADSL juga dilengkapi dengan sebuah splitter. Splitter ini berfungsi untuk menghilangkan gangguan yang ada ketika modem digunakan. Splitter lah yang membuat Anda bisa menggunakan telepon serta mengakses internet secara bersamaan.

Pengertian Modem Eksternal

Pengertian-Modem-Eksternal

Berdasarkan pemasangannya, modem dibagi menjadi dua jenis yang berbeda yaitu modem eksternal dan modem internal. Mengenai modem eksternal, ini adalah perangkat jaringan yang dipasang di bagian luar dari komputer.

Biasanya, modem eksternal dilengkapi dengan lampu yang mengindikasikan berbagai fungsi dari modem tersebut.

Modem jenis ini bisa Anda pindahkan dengan mudah dari satu komputer ke komputer Anda yang lain. Selain lampu indikasi, modem eksternal juga memiliki kelebihan yang lain.

Modem eksternal memiliki daya eksternal yang tidak akan membuat komputer Anda menjadi cepat panas.

Sayangnya, modem jenis ini biasanya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Berikutnya, Anda akan menemukan keterangan tentang pengertian modem internal.

Pengertian Modem Internal

Pengertian-Modem-Internal

Modem internal juga adalah sebuah perangkat jaringan. Akan tetapi, perangkat ini terpasang di papan ekspansi yang terhubung ke motherboard pada komputer Anda.

Modem internal tidak memiliki lampu indikasi yang memberitahu Anda tentang status modem dan fungsinya.

Keunggulan yang dimiliki oleh modem jenis ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan modem eksternal.

Di samping itu, setelah proses pemasangannya selesai, modem internal hanya memerlukan sedikit ruang saja di dalam sistem komputer Anda.

Setelah mengetahui pengertian dari berbagai jenis modem, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah fungsi dari sebuah modem.

Sudahkah Anda tahu fungsi dari modem? Jika belum, langsung saja simak informasi selanjutnya.

Fungsi Modem

Fungsi-Modem

Banyak pengguna komputer yang mengira bahwa satu-satunya fungsi dari modem adalah menyambungkan komputer ke internet.

Tetapi tentu saja fungsi yang sebenarnya dari perangkat keras ini tidak sesederhana itu. Berikut beberapa fungsi dari perangkat keras ini:

✓  Modem berfungsi sebagai pengubah sinyal dari sinyal digital ke sinyal analog atau sebaliknya selama proses pengiriman data berlangsung. Perubahan sinyal dalam komputer inilah yang membuatnya bisa tersambung ke internet.

✓  Modem berfungsi untuk menjalankan komunikasi serta pemeriksaan pada paket data. Hal ini juga berpengaruh pada proses terhubungnya komputer ke internet.

✓  Selama proses komunikasi melalui modem berlangsung, modem ini juga melakukan compress data untuk kemudian dikirimkan melalui sinyal.


Cara Kerja Modem

Cara-Kerja-Modem

Bagaimana dengan proses kerja sebuah modem? Berikut penjelasan lengkap mengenai bagaimana modem bekerja, sehingga komputer Anda bisa digunakan untuk menjelajahi internet:

✓  Ketika Anda menyambungkan komputer ke sebuah kabel telepon dan menggunakannya untuk terhubung dengan internet. Data dalam komputer yang berbentuk digital akan mulai diubah oleh perangkat keras modem ke bentuk analog.

✓  Data analog tersebut kemudian dikirim melalui media tertentu seperti kabel telepon ke komputer tujuan. Setelah data tersebut tiba di komputer tujuan, modem yang berada di komputer tujuan mengubah kembali data analog menjadi data digital untuk diproses.

Hal yang sama juga terjadi ketika Anda melakukan download atau unduh data. Data yang akan Anda download tadinya adalah sebuah data analog ketika berada di kabel telepon. Namun, ketika unduhan selesai dan masuk ke dalam komputer Anda, data akan diubah oleh modem menjadi data digital.

Proses di atas terjadi di seluruh penjuru dunia dan memungkinkan berbagai komputer yang terhubung ke internet bisa melakukan interaksi dengan komputer lain serta berbagi banyak informasi.


Simak juga: √ Pengertian Jaringan Komputer (Macam, Fungsi, Manfaat)


Bagikan keterangan mengenai pengertian modem, fungsi, dan cara kerja modem kepada teman-teman Anda, sehingga mereka pun bisa semakin menghargai fungsi dari modem.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Cara Cepat Belajar IT

Riski M.pd
2 min read

Sejarah Internet

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Internet

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Komputer

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Teknologi

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *