Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Metode

3 min read

Pernah Anda mendengar atau membaca kata “metode” ? Sepertinya sudah sering ya? Karena istilah ini memang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang, mulai dari lingkungan sekolah, tempat kerja, hingga bidang kedokteran dan penelitian.

Tapi kira-kira, apa sebenarnya yang maksud dari pengertian metode? Jika Anda termasuk salah satu orang yang belum tahu artinya, berikut penjelasannya dari Cryptowi.

Pengertian Metode Secara Umum

Pengertian-Metode-Secara-Umum

 


Masyarakat umum mengartikan metode sebagai suatu jalan atau cara yang perlu dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan yang  diinginkan.


Pengertian Metode Menurut Para Ahli

Pengertian-Metode-Menurut-Para-Ahli

Selain pengertian di atas, istilah metode juga memiliki arti lain seperti berikut ini:

1. Max Siporin (1975)

Metode adalah suatu kegiatan bersyarat yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas dan mencapai tujuan tertentu.

2. Rosdy Ruslan (2008)

Metode adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan tujuan menemukan jawaban dan keabsahan dari suatu objek yang sedang diteliti.

3. Pius Partanto

Metode adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara yang sistematis dan teratur.

4. Hamid Darmadi (Profesor di bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Metode adalah suatu bentuk prosedur tertentu yang harus dilakukan untuk mencapai atau mendekati suatu tujuan.

5. Dahlan Barry

Metode adalah cara melakukan sesuatu, terutama cara yang sistematis dan menyiratkan pengaturan logis yang teratur (biasanya dalam bentuk langkah-langkah) untuk mencapai tujuan tertentu.

6. Hebert Bisno

Metode adalah teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik sehingga bisa diterima dan digunakan oleh masyarakat luas atau sekelompok orang di bidang tertentu guna mencapai suatu tujuan.

7. Heri Rahyubi

Pengertian metode dalam dunia pembelajaran adalah suatu cara yang dilakukan pengajar/pendidik dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan mencapai proses pembelajaran yang baik.

8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Metode adalah sebuah cara teratur yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diharapkan.

9. Departemen Sosial RI

Metode adalah cara tertentu dalam menjalankan suatu pekerjaan dengan tujuan mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Pasaribu Simanjuntak

Metode adalah cara atau prosedur yang teratur, logis, atau sistematis dalam pengajaran, penyelidikan, percobaan, presentasi, dll.

11. Anthony (1963)

Metode adalah rencana keseluruhan yang disajikan dengan bahasa yang teratur, tidak ada bagian yang bertentangan, dan semuanya didasarkan pada pendekatan yang dipilih.

12. Richards & Rodgers (1986)

Metode adalah implementasi praktis dari suatu pendekatan.

13. Jeremy Harmer (2001)

Metode adalah seperangkat teknik yang teratur.

Pengertian Metode Penelitian

Pengertian-Metode-Penelitian


Definisi metode penelitian secara umum adalah strategi, proses, atau teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data atau bukti untuk analisis, dengan tujuan mengungkap informasi baru atau menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik.


Pengertian lain dari metode penelitian adalah:

1. Menurut Prof.D.Walwyn (2017)

Metode penelitian dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk memecahkan atau menjawab masalah penelitian secara sistematis.

Dengan kata lain, metode penelitian merupakan proses mempelajari bagaimana suatu penelitian dilakukan secara ilmiah, mulai dari berbagai langkah yang umumnya ditempuh oleh seorang peneliti hingga logika yang mendasarinya.

2. Menurut Dr. A. Nyika (2017)

Metode penelitian mengacu pada alat yang digunakan seseorang untuk melakukan penelitian, bisa berupa kualitatif, kuantitatif, atau campuran.

Metode kuantitatif meneliti data numerik dan sering kali membutuhkan penggunaan alat statistik untuk menganalisis data yang dikumpulkan.

Metode ini memungkinkan untuk pengukuran variabel dan hubungan di antara keduanya.

Jenis datanya sendiri dapat direpresentasikan dalam bentuk tabel atau grafik. Sedangkan data kualitatif bersifat non-numerik dan berfokus pada pembentukan pola.

Adapun metode campuran terdiri dari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang memungkinkan penjelasan tentang hasil yang tidak diharapkan.

Pengertian Metode Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian-Metode-Secara-Bahasa-Dan-Istilah

Secara bahasa, kata metode berasal dari Bahasa Yunani “methodos”, yang berarti penyelidikan, pengejaran pengetahuan, cara penuntutan penyelidikan, atau hal semacamnya.

Sedangkan menurut istilah, metode didefinisikan sebagai penyajian materi secara keseluruhan dan berjangka panjang berdasarkan pendekatan. Penyajiannya sudah ditentukan sebelumnya dan dibuat secara sistematis.

Perbedaan Antara Metode Dan Metodologi

Perbedaan-Antara-Metode-Dan-Metodologi

Metode dan metodologi adalah dua istilah yang sering disalahartikan. Keduanya memang terdengar dan terlihat mirip, tapi artinya cukup berbeda.

Metode adalah alat, strategi, teknik, atau prosedur khusus yang Anda gunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Alat atau strategi ini bisa berupa kuesioner, survey, wawancara, observasi peserta, feedback atau review, dan sebagainya.

Sedangkan metodologi mengacu pada strategi menyeluruh dan dasar pemikiran dari proyek penelitian Anda, yang melibatkan mempelajari metode yang digunakan di bidang Anda dan teori atau prinsip yang menyertainya.

Secara etimologi, kata “metodologi” mengacu pada “metode” + “ologi”. Umumnya, kata ologi memiliki arti disiplin studi atau cabang ilmu.

Jadi secara teknis, metodologi adalah studi tentang metode. Sederhananya, metodologi adalah studi tentang “bagaimana sebuah penelitian dilakukan”.

Agar lebih jelas, Anda bisa melihat tabel di bawah ini:

Metode Metodologi 
Metode berusaha menjawab “Apa yang peneliti gunakan untuk menyelesaikan penelitiannya”.Metodologi berusaha menjawab “Bagaimana peneliti menyelesaikan penelitiannya”.
Metode adalah teknik dan alat yang Anda gunakan untuk meneliti subjek atau topik.Metodologi menjelaskan dan membenarkan teknik dan alat yang dapat digunakan untuk melanjutkan penelitian Anda.
Metode melibatkan tugas melakukan eksperimen, tes, survey, wawancara, dan sejenisnya, serta memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari melalui metodologi penelitian.Metodologi penelitian melibatkan pembelajaran berbagai teknik untuk melakukan penelitian dan memperoleh pengetahuan untuk melakukan tes, eksperimen, survey, dan analisis kritis.
Metode bertujuan untuk menemukan solusi atas masalah penelitian.Metodologi memastikan penggunaan prosedur yang benar untuk memecahkan masalah.
Metode adalah akhir dari setiap penelitian ilmiah atau non-ilmiah.Metodologi membuka jalan untuk memilih metode yang sesuai dan dengan demikian merupakan awal dari setiap penelitian.

Simak juga: [Lengkap] Pengertian Tema Secara Umum & Menurut Para Ahli

Metode adalah istilah umum yang sering digunakan oleh banyak orang. Namun, banyak yang gagal untuk secara khusus memahami pengertian metode. Bahkan, ada yang menganggap bahwa metode dan metodologi adalah sama, padahal keduanya sangat berbeda, namun saling berkaitan.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Observasi

Danar
3 min read

Pengertian Implementasi

Danar
3 min read

Pengertian Komunikasi

Danar
3 min read

Pengertian Pendidikan

Danar
2 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *