Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Manajemen

2 min read

Pernahkah Anda merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas? dan merasa bahwa pekerjaan tersebut tetap menumpuk walaupun waktu pengerjaannya sudah mendekati batas waktu atau deadline.

Mengatur waktu serta mengalokasikannya dalam menyelesaikan suatu tanggung jawab adalah hal yang penting, supaya segala pekerjaan atau tugas bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

Anda juga harus mempunyai kemampuan dalam memanajemen sesuatu dengan baik, untuk bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan kedisiplinan dan tanggung jawab. Agar bisa memahami lebih dalam, silahkan simak ulasan dari Cryptowi dibawah ini.

Pengertian Manajemen

Pengertian-Manajemen-lengkap

Dalam menerapkan ilmu manajemen di kehidupan kita maka tidak akan dapat dilakukan begitu saja, tanpa memahami terlebih dahulu apa dan bagaimana manajemen itu sendiri.

Pada umumnya Anda juga harus memahami pengertian dari ilmu manajemen tersebut, supaya nantinya bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari dengan cara yang tepat.


Pengertian manajemen adalah proses dari seseorang dalam mengatur segala hal yang dilakukannya, baik dilakukan oleh individu ataupun oleh suatu kelompok tertentu. Manajemen juga harus selalu dilakukan untuk meraih tujuan/target dengan cara yang kooperatif, dengan menggunakan sumber daya atau apa saja yang masih tersedia.


Sedangkan definisi dari ilmu manajemen adalah kemampuan untuk mengatur suatu hal, yang tujuannya adalah agar apa yang diinginkan bisa terpenuhi atau tercapai.

Setiap manusia telah banyak melakukan atau merealisasikan ilmu manajemen ini di kehidupan sehari-hari, hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya bahwa itu berkaitan dengan ilmu manajemen.

Berdasarkan etimologi, manajemen merupakan sebuah seni dalam mengatur serta melaksanakan, atau dengan kata lain manajemen ini merupakan suatu upaya dalam merencanakan, mengkoordinasikan, hingga mengatur sumber daya supaya tujuan hidup kita tercapai dengan cara yang lebih efektif dan juga efisien.

Pada saat seseorang menerapkan ilmu manajemen ini maka sesuatu hal yang saat itu sedang dikerjakan bisa selesai sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan, sehingga hal itu tidak akan menjadi hal yang percuma.

Tujuan kita pun akan dicapai dengan mudah karena sudah diorganisir sejak awal dengan baik.

Simak Juga: Pentingnya memahami Pendidikan Karakter

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian-Manajemen-Menurut-Para-Ahli

Berikut ini beberapa pengertian manajemen yang dikemukakan oleh para ahli di bidangnya :

1. George Robert Terry

Manajemen merupakan proses dari segala tindakan yang dilakukan, yang meliputi segala hal yang penting seperti misalnya pengawasan, perencanaan, pergerakan hingga pengorganisasian. Semua itu memiliki tujuan yang pasti, yaitu untuk memperoleh target dengan cara memanfaatkan segala hal yang tersedia termasuk sumber daya yang ada di dalamnya.

2. Ricky W. Griffin

Manajemen merupakan sebuah proses dalam segala hal seperti koordinasi, merencanakan sesuatu, kontrol pada suatu sumber daya, dan koordinasi yang tepat yang dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien.

Arti dari efektif adalah supaya segala hal yang telah direncanakan dapat dilakukan, dan arti dari efisien ini adalah manajemen bisa dilakukan secara tepat waktu, dengan cara yang cermat serta terorganisir dengan baik.

3. Lawrence A. Appley

Manajemen merupakan keahlian dari seseorang dalam mendorong orang lain agar mau atau bersedia dalam melakukan sesuatu. Bagi seseorang atau bisa juga bagi suatu kelompok, karena keahlian dalam manajemen ini sebenarnya harus dimiliki oleh setiap manusia.

4. Hilman

Manajemen merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mencapai target dengan melakukan suatu pengawasan melalui sebuah perantara yang ada. Maka tujuan individu/kelompok dapat tercapai sesuai harapan.

Unsur Penting Dalam Kegiatan Manajemen

Unsur-Penting-Dalam-Kegiatan-Manajemen

Supaya kinerja di dalam kegiatan manajemen apapun dapat tercapai dengan baik dan berjalan dengan lancar, maka ada beberapa unsur di dalam manajemen yang sangat penting.

Setiap unsur tersebut akan saling melengkapi dan posisinya pun masing-masing harus sama.

Berikut ini unsur yang ada di dalam kegiatan manajemen yang sifatnya penting :

1. Manusia

Manusia akan membuat suatu rencana serta tujuan yang ingin dicapai, di dalam suatu kegiatan manajemen. Kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik dan tepat jika tidak ada manusia di dalamnya.

2. Uang

Unsur penting lainnya di dalam kegiatan manajemen adalah uang, yang dimana uang ini menjadi perantara utama untuk meraih tujuan yang ada. Kegiatan manajemen juga memerlukan biaya operasional yang berupa uang, supaya bisa berjalan dengan baik.

3. Material

Faktor penting yang dipengaruhi oleh kualitas bisnis yang ada merupakan kualitas dari material yang telah dipilih. Apabila kualitasnya kurang baik maka tujuan dari kegiatan manajemen pun tak akan bisa diraih dengan tepat.

4. Mesin

Fungsi dari mesin/teknologi ini adalah supaya segala kegiatan/pekerjaan yang dilakukan oleh manusia bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Itulah sebabnya tujuan yang ada dapat dicapai dengan cara yang efektif.

Penerapan Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan-Manajemen-Dalam-Kehidupan-Sehari-hari

Setiap manusia tentu akan melakukan kegiatan manajemen di dalam kehidupan sehari-harinya, walaupun hal itu dilakukan secara tidak langsung.

Segala kebiasaan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya, secara tidak disadari akan menerapkan ilmu manajemen di dalamnya.

Misalnya saja pada saat Anda mengatur keuangan atau kehidupan ekonomi Anda.

Dalam hal itu tentu Anda akan menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari penghasilan.

Bukan hanya dalam kehidupan ekonomi saja, tapi juga dalam bidang yang lainnya, misalnya ketika Anda membuat manajemen waktu yang tepat dalam melakukan segala kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Sesuai dengan pengertian manajemen itu sendiri, yang dimana manusia harus melakukan pengaturan akan hidupnya dalam setiap hal yang terjadi. Sehingga ilmunya pun bisa diterapkan dengan baik, dan tujuan hidup pun tercapai dengan cara efektif dan efisien.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Observasi

Danar
3 min read

Pengertian Implementasi

Danar
3 min read

Pengertian Komunikasi

Danar
3 min read

Pengertian Pendidikan

Danar
2 min read

Majas Hiperbola

Danar
2 min read

Contoh Jurnal

Danar
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *