Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Literasi

3 min read

Belakangan ini, pemerintah kerap mengadakan sayembara penulisan bahan bacaan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari Gerakan Literasi Nasional.

Mungkin, banyak masyarakat yang hanya mendengar tanpa mengetahui dengan baik apa itu pengertian literasi.

Bagaimana dengan Anda sendiri, sudahkah paham atau bahkan telah menjadi pegiat? Simak bahasan lengkapnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Literasi Secara Umum

Pengertian-Literasi-Secara-Umum

Apakah Anda pernah mendengar tentang ‘melek aksara’? Istilah tersebut dipopulerkan sebagai padanan untuk kata ‘literacy’ dalam bahasa Inggris.

Namun, sekarang ini kata asing tersebut sudah diserap dengan penyesuaian ejaan dalam bahasa Indonesia, sehingga menjadi ‘literasi’.

Literasi bukan lagi soal mengajak masyarakat agar tidak buta huruf. Konsep literasi secara umum sudah berkembang mulai dari kemampuan dalam membaca, menulis, berkomunikasi, hingga mempraktekkan apa yang dipahami untuk memecahkan persoalan dalam masyarakat.

Kemampuan literasi yang tinggi akan membuat masyarakat lebih kreatif, kritis, dan solutif. Anda dapat melihat, menyimak dan menganalisa segala informasi yang didapat, sehingga tidak mudah termakan hoaks.

Pintu awal untuk mengembangkan budaya literasi adalah dengan meningkatkan minat membaca.

Tidak mengherankan kalau pemerintah sudah lama mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) pada ranah sekolah, keluarga, dan masyarakat secara umum.

Tujuan utama dari GLN yaitu mendorong masyarakat agar gemar membaca dan menulis sebagai bekal untuk melangkah ke tahap literasi selanjutnya.

Berdasarkan World Economic Forum, terdapat 6 literasi dasar antara lain baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya serta kewargaan.


Simak juga: Pengertian Toleransi (Lengkap) Secara Umum & Dalam Islam


Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Literasi-Menurut-Para-Ahli

Definisi literasi tidak terpaku pada satu sumber saja. Dengan membaca beberapa rujukan justru dapat membantu untuk lebih memahami apa itu literasi.

Berikut pengertian literasi yang dirangkai oleh para ahli:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  

Kemdikbud memaknai literasi bukan hanya sebatas membaca. Cakupannya lebih luas dari itu karena meliputi kemampuan untuk mengakses, memahami, dan menerapkan suatu pengetahuan dengan baik melalui aktifitas, seperti menulis, menyimak, dan berbicara.

Membaca merupakan langkah awal yang diharapkan memberikan cara pandang baru. Dengan begitu, seseorang dapat termotivasi untuk menggunakan secara cerdas ataupun menghasilkan suatu karya.

2. UNESCO

Literasi dari kacamata UNESCO adalah keterampilan membaca dan menulis yang menjadi hak setiap orang.

Keterampilan tersebut menjadi dasar untuk belajar yang nantinya membantu meningkatkan kualitas hidup.

3. National Institute for Literacy (NIFL)

Para ahli di NIFL juga mengartikan literasi secara mendalam. Mereka beranggapan bahwa literasi adalah kemampuan yang ada dalam tiap individu untuk membaca, menulis, menghitung, berbicara hingga memecahkan suatu persoalan dalam lingkungan keluarga, kerja, ataupun masyarakat.

4. Education Development Center (EDC)

Definisi lain dari literasi datang dari EDC. Para pakar di EDC memaknai literasi sebagai kemampuan seseorang untuk memanfaatkan potensi yang ada dalam diri guna memahami apa yang tertulis dan apa yang dihadapi langsung dalam keseharian.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Literasi juga memiliki pengertian yang dituangkan dalam KBBI. Pertama adalah kemampuan untuk menulis dan membaca. Kedua adalah kemampuan dari tiap individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Pengertian Literasi Buku

Pengertian-Literasi-Buku

Literasi terbagi menjadi banyak jenis, salah satunya adalah literasi buku. Sudahkah Anda mengetahui maksudnya?

Hakikat dari literasi yaitu kemampuan untuk memahami, menganalisis, mempraktekkan, dan mentransformasi informasi yang didapat.

Dapat dikatakan bahwa buku adalah salah satu sumber informasi. Dengan begitu, pengertian literasi buku bukan hanya sekedar membaca melainkan memahami isi buku dan mampu menjelaskannya kepada orang lain.

Lebih komprehensif lagi, bacaan tersebut diharapkan dapat memunculkan perspektif baru dan mendorong orang tersebut untuk menulis buah pikirannya sendiri.

Contoh paling sederhana dari literasi buku adalah saat Anda membaca petunjuk pemakaian. Penjelasan dan instruksi yang tertulis, tidak akan berhasil jika salah dalam memahami.

Saat budaya literasi buku sudah terbentuk, maka Anda akan mudah memahami instruksi dan menerapkannya dengan baik.

Pengertian Literasi Hukum

Pengertian-Literasi-Hukum

Setiap negara termasuk Indonesia pasti memiliki hukum yang memuat norma dan sanksi untuk mengatur kehidupan warga negara. Karena eksistensinya sangat penting, maka setiap warga perlu meningkatkan literasi hukum.

Sederhananya, literasi hukum adalah kemampuan seseorang untuk memahami keseluruhan peraturan, menjalankan norma dan menghindari sanksi yang jelas tertulis.

Tidak hanya itu, dalam berliterasi hukum, seseorang juga diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada orang yang masih awam.

Masyarakat yang sudah ‘melek hukum’ tentu akan paham aturan. Tindakan kriminalisasi baik dengan atau tanpa sengaja dapat diminimalisir secara signifikan.

Mereka akan menyadari dan saling mengingatkan, sehingga kehidupan lebih tertib.

Selain masyarakat, kalangan jaksa, hakim, penyidik, dan penasihat hukum juga wajib meningkatkan literasi hukum.

Dengan memiliki pemahaman yang komprehensif, maka berbagai macam kasus dapat ditangani secara adil dan profesional.

Pengertian Literasi Sosial

Pengertian-Literasi-Sosial

Istilah ‘sosial’ identik dengan hubungan antar manusia dalam kehidupan. Proses yang paling penting agar hubungan terbentuk dinamis dan berkelanjutan adalah interaksi.

Dengan begitu, literasi sosial dapat dimaknai sebagai kemampuan individu untuk memahami, menyimak, dan berpikir mengenai kehidupan dalam masyarakat yang melibatkan dirinya.

Nantinya, pemahaman yang menyeluruh akan memunculkan keterampilan untuk menjalani, menganalisis dan menyelesaikan persoalan yang ada di kehidupan bersosial.

Literasi sosial penting dipupuk sejak dini. Tujuannya adalah agar anak mengetahui bahwa dirinya tidak hidup sendiri dan perlu berinteraksi dengan orang lain.

Apabila literasi buku menuntut Anda untuk memahami informasi yang tertulis, literasi sosial pun sama.

Hanya saja, informasi yang perlu dipahami tidak selalu tertulis tetapi hidup dalam masyarakat baik berupa tingkah laku, perkataan ataupun kebiasaan.


Simak juga: Pengertian Laporan ( Secara Umum & Menurut Para Ahli )


Pengertian literasi secara umum dan khusus penting untuk diketahui. Tujuan yang mendasar adalah agar masyarakat mampu mengambil inti dari informasi yang didapat.

Selanjutnya, saat literasi yang dimiliki semakin komprehensif, tentu tujuannya semakin tinggi. Salah satunya adalah memberikan kontribusi yang nyata di tengah masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dikuasai.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Majas Paradoks

Riski M.pd
3 min read

Contoh Cerpen

Riski M.pd
9 min read

Contoh Artikel

Riski M.pd
8 min read

Contoh Slogan

Riski M.pd
3 min read

Contoh Teks Eksposisi

Riski M.pd
7 min read

Pengertian Akomodasi

Riski M.pd
2 min read

2 Replies to “Pengertian Literasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *