Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Laporan

3 min read

Laporan adalah istilah umum yang sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tak hanya di lingkungan kerja tapi juga di tingkat sekolah dan bahkan RT/ RW.

Namun, tahukah Anda apa pengertian laporan? Dalam dunia akademis, ada beberapa tumpang tindih antara laporan dan esai. Kedua kata tersebut terkadang juga digunakan secara bergantian.

Secara umum, laporan lebih dibutuhkan untuk bisnis, mata pelajaran ilmiah, teknis, dan di tempat kerja. Laporan berkonsentrasi pada fakta, sementara esai menyajikan argumen dan penalaran. Agar lebih memahami istilah ini, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Laporan Secara Umum

Pengertian-Laporan-Secara-Umum


Laporan adalah suatu bentuk penulisan khusus yang disusun untuk mengidentifikasi dan memeriksa secara singkat sebuah masalah, peristiwa, atau temuan yang telah terjadi, seperti peristiwa yang telah terjadi dalam suatu organisasi atau temuan dari penyelidikan penelitian / percobaan.


Peristiwa ini juga dapat berkaitan dengan peristiwa atau masalah yang diidentifikasi dalam literatur. Sebuah laporan menginformasikan pembaca secara sederhana dan objektif tentang semua masalah yang relevan.

Ada tiga fitur yang menjadi ciri penulisan laporan pada tingkat yang sangat dasar, yaitu struktur yang sudah ditentukan sebelumnya, bagian independen, dan kesimpulan yang tidak bias.

Pengertian Laporan Menurut Para Ahli

Pengertian-Laporan-Menurut-Para-Ahli

Definisi laporan bisa berbeda-beda tergantung pada orang yang membuatnya.

Beberapa pengertian lain dari istilah laporan adalah sebagai berikut:

1. Menurut J.C. Denyern

Laporan adalah dokumen yang menyajikan informasi dalam format yang terorganisir untuk audiens tertentu dan dengan tujuan tertentu.

2. Dr. Prajudi Atmosudirjo

Laporan adalah dokumen pendek, tajam, dan ringkas yang ditulis untuk tujuan dan khalayak tertentu.

3. Alawiyah

Laporan merupakan informasi yang dibuat oleh seorang pejabat atau petugas untuk diberikan kepada pejabat atau petugas lain dalam suatu sistem administrasi.

4. Mulyadi

Definisi laporan menurut Mulyadi adalah informasi akuntansi dalam bentuk hasil cetak dari komputer dengan data aslinya tersimpan di komputer.

5. Keraf

Laporan adalah cara penulis atau pembuat laporan berkomunikasi dengan orang atau badan usaha yang bertanggung jawab untuk menerima laporan.

6. Rama & Jones

Laporan adalah sekumpulan data yang telah disusun sedemikian rupa dalam format yang baik sehingga mudah dipahami.

7. Soegito

Laporan adalah suatu informasi yang sesuai dengan fakta dan didukung dengan data-data lengkap yang disusun secara terorganisir.

8. Indah

Laporan adalah sebuah dokumen yang berisi informasi dalam bentuk narasi, grafik, atau tabel, yang disusun berulang dan teratur. Laporan dapat mengacu pada periode, peristiwa, kejadian, atau subjek tertentu, dan dapat dikomunikasikan atau disajikan dalam bentuk lisan atau teks.

9. Kamus Bahasa Inggris Oxford

Laporan adalah pernyataan hasil investigasi atau masalah apa pun yang memerlukan informasi pasti dan dibuat untuk membantu orang lain.

10. Moekijat

Laporan adalah jenis dokumen yang ditulis oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengumumkan hasil penyelidikan atau sesuatu kepada pihak yang berwenang.

Pengertian Laporan Kegiatan

Pengertian-Laporan-Kegiatan


Laporan kegiatan adalah gambaran umum dari suatu kegiatan selama periode waktu tertentu yang telah dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Laporan ini dapat dibuat dalam bentuk tulisan atau disampaikan secara lisan. Jika Anda pernah memberi tahu seorang teman tentang kegiatan traveling Anda saat akhir pekan, tanpa sadar Anda telah memberikan laporan lisan.


Sedangkan di lingkungan kerja, laporan kegiatan mengacu pada ringkasan kegiatan yang dilakukan para karyawan selama periode waktu tertentu (satu minggu atau satu bulan).

Laporan semacam ini memberikan rincian tentang kinerja karyawan, jumlah proyek yang berhasil diselesaikan dan sedang ditangani, pemasukan dan pengeluaran, jumlah klien atau pelanggan, dan sebagainya.

Pengertian Laporan Bulanan

Pengertian-Laporan-Bulanan

Persis seperti namanya, laporan bulanan adalah dokumen yang harus dibuat dan diserahkan kepada orang tertentu di setiap akhir bulan. Laporan jenis ini disusun berdasarkan data rekapan dari laporan mingguan.

Terkadang, laporan bulanan tidak hanya berisi laporan bulan ini tapi juga bulan sebelumnya.

Tujuan Laporan

Tujuan-Laporan

✓  Menyajikan informasi tentang sesuatu

✓  Membantu pencatatan dokumentasi

✓  Membantu direktur industri, bisnis, atau organisasi apa pun untuk membuat keputusan dan perencanaan cepat tentang bisnis tersebut

✓  Membantu komunikasi antar karyawan di dalam perusahaan untuk membahas masalah-masalah bisnis dan memberikan rincian tentang kegiatan sehari-hari

✓  Sebagai catatan masa lalu dan ringkasan keseluruhan keputusan

✓  Membantu memecahkan masalah

✓  Memandu perbaikan dan membuat rencana untuk waktu yang akan datang

Kegunaan Laporan

Kegunaan-Laporan

1. Sebagai Sumber Informasi Cepat

Pada situasi atau keadaan tertentu, seorang manajer atau pemimpin perusahaan terkadang harus membuat keputusan penting dalam waktu singkat.

Dalam kasus ini, diperlukan sumber otentik untuk mendapatkan informasi yang jelas sehingga keputusan terbaik bisa diambil. Jenis sumber cepat tersebut adalah laporan.

2. Analisis

Laporan sangat penting karena setiap kali terjadi masalah, sekelompok komite berusaha mencari alasan dari masalah tersebut dan memberikan seluruh skenario dan hasil dengan atau tanpa saran dalam bentuk penulisan laporan.

3. Sebagai Bahan Evaluasi

Perusahaan yang berbasis pada skala besar terlibat dalam banyak aktivitas berbeda.

Karena alasan ini, tidak mungkin bagi manajemen untuk mengawasi setiap orang di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, manajemen membuat laporan untuk mengawasi tindakan setiap departemen dan bahkan individu.

4. Meningkatkan Keterampilan

Menulis/membuat laporan akan membantu Anda meningkatkan keterampilan merancang, menilai, dan merumuskan suatu masalah.

Secara tidak langsung, keterampilan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan diri Anda.

5. Menjelaskan Fakta

Sebuah fakta bisa diungkap / diketahui setelah ada data/bukti akurat yang menyertainya, yang dalam hal ini tertulis dalam sebuah laporan.

Simak juga: Pengertian Kewirausahaan: Karakteristik, Tujuan, Manfaat

Meskipun pengertian laporan cukup beragam, tapi intinya adalah sama, yaitu menguraikan suatu topik, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Laporan dapat mencakup berbagai topik, tapi biasanya berfokus pada penyampaian informasi dengan tujuan yang jelas kepada khalayak tertentu. Laporan yang baik adalah yang akurat, objektif, dan lengkap.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Kreativitas

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Siswa

Riski M.pd
3 min read

Ide Pokok

Riski M.pd
2 min read

Pengertian SOP

Riski M.pd
3 min read

Pengertian Abstrak

Riski M.pd
3 min read

Pendidikan Karakter

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *