Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian LAN MAN WAN

2 min read

Ada berapa jaringan komputer yang Anda ketahui? Jenis dari jaringan komputer sangatlah banyak dan setiap jaringan berbeda dengan yang lain.

Pada bahasan kali ini, Anda akan memahami maksud dari pengertian LAN, pengertian MAN, serta pengertian WAN.

Pengertian LAN Adalah

Pengertian-LAN-Adalah

Diantara sekian banyak jenis jaringan komputer, yang paling utama adalah ketiga jaringan yang akan Anda lihat dibawah ini.

Ketiga jaringan tersebut memiliki perbedaan dan persamaan. Satu hal yang membedakannya adalah cakupan geografis setiap jaringan.

Jaringan LAN merupakan Local Area Network yang menghubungkan perangkat sehingga workstation dan komputer pribadi bisa berbagi program, data, serta alat. Kelompok perangkat dan komputer dihubungkan secara bersamaan menggunakan stack switch atau switch.

Transmisi data yang disediakan oleh jaringan LAN sangatlah cepat karena komputer yang saling berhubungan jumlahnya terbatas. Jaringan jenis ini memanfaatkan perangkat keras yang harganya murah seperti kabel Ethernet, hub, dan adaptor jaringan.

Ukuran jaringan LAN biasanya terbatas hanya beberapa kilometer saja dan dimiliki oleh pribadi. LAN biasa digunakan di rumah, kantor, gedung, sekolah, dan rumah sakit. Jaringan ini mudah untuk dibuat dan dirawat.

Pengertian MAN

Pengertian-MAN

Metropolitan Area Network atau MAN memiliki cakupan area lebih besar dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Jaringan ini menghubungkan beberapa komputer terpisah yang berada di satu kota atau beda kota. MAN bisa berfungsi sebagai penyedia layanan internet atau ISP.

Jaringan ini diciptakan untuk para pelanggan yang memerlukan konektivitas dengan kecepatan tinggi. Pembuatan dan perawatan jaringan ini lebih sulit dilakukan daripada LAN. Penundaan propagasi serta kecepatan untuk transfer data dari MAN lebih lambat daripada LAN.

Jaringan MAN biasanya menggunakan perangkat untuk melakukan transmisi data seperti kabel atau kawat dan modem. Salah satu contoh penggunaan MAN adalah jaringan yang digunakan oleh perusahaan telepon dalam memberikan DSL kepada para pelanggannya.

Pengertian WAN

Pengertian-WAN

WAN adalah Wide Area Network yang merupakan sebuah jaringan komputer dengan cakupan geografis luas. Meski demikian, cakupan geografisnya terbatas dalam batasan negara. Jaringan WAN bisa berupa jaringan LAN yang terhubung ke jaringan LAN lain melalui gelombang radio atau telepon.

Jaringan WAN biasanya terbatas pada organisasi atau perusahaan tetapi bisa juga diakses oleh publik. WAN memiliki kecepatan yang tinggi serta relatif mahal. WAN sendiri terbagi ke dalam dua jenis yang berbeda yaitu Point to Point WAN dan Switched WAN.

Perancangan dan perawatan WAN sama sulitnya dengan MAN. Jaringan WAN menggunakan media komunikasi berupa satellite link atau PSTN. Kesalahan dan kebisingan seringkali terjadi pada jaringan WAN karena transmisinya berjarak cukup jauh.

Fungsi LAN

Fungsi-LAN

Tidak adil jika Anda hanya mempelajari pengertian LAN serta kedua jaringan lain yaitu MAN dan WAN.

Jaringan LAN memiliki beberapa fungsi.

Berikut beberapa fungsi jaringan LAN yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Menghubungkan beberapa komputer

Jaringan ini bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer secara langsung. Atau, Anda bisa menggunakan HUB atau switch melalui media kabel serta wireless untuk menghubungkan beberapa komputer tersebut.

2. Memindahkan data antar komputer

Dengan adanya LAN, Anda tidak lagi membutuhkan card reader, harddisk, flashdisk, atau hardware lain karena Anda bisa menggunakan LAN untuk memindahkan file dengan cara memanfaatkan metode Sharing.

Metode Sharing juga bisa Anda manfaatkan untuk memindahkan dokumen atau file dari smartphone ke komputer tanpa perlu menyambungkan kabel data.

3. Menggunakan printer bersamaan pada waktu yang sama

Anda juga bisa melakukan sharing printer dengan memanfaatkan jaringan LAN sehingga printer tersebut bisa dimanfaatkan oleh beberapa komputer secara bersamaan. Untuk melakukan sharing printer, Anda bisa menggunakan cara yang mirip dengan sharing folder.

4. Memanfaatkan Lan untuk chatting tanpa koneksi internet

Anda bisa menggunakan jaringan LAN untuk chatting secara offline tanpa memerlukan koneksi internet. Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bawaan dari Windows seperti winchat.exe atau aplikasi LAN chat yang gratis dan ringan.

5. Remote komputer

Berbagai aplikasi remote komputer seperti TeamViewer tidak bisa digunakan tanpa adanya jaringan internet. Dengan menggunakan jaringan LAN, Anda bisa melakukan remote komputer tanpa perlu koneksi internet dengan memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection.

Contoh LAN

Contoh-LAN

Selain pengertian LAN dan fungsi dari LAN. Berikut beberapa contoh penggunaan LAN untuk Anda ketahui:

Digunakan di gedung perkantoran yang penggunanya tidak terlampau banyak.

Diaplikasikan di banyak warnet dengan pemanfaatan topologi star sehingga komputer para klien bisa terhubung ke komputer server dan klien dan server bisa berkomunikasi dan berbagi data dengan mudah.

Digunakan di laboratorium komputer di beberapa sekolah agar komputer guru bisa terhubung dengan komputer para murid dan memudahkan proses belajar mengajar.


Simak juga: Perangkat Lunak: Definisi, Jenis, Fungsi, Contoh


Anda tentu juga bisa menggunakan jaringan LAN di rumah Anda sehingga komputer anak-anak Anda bisa terhubung dengan komputer Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Website

Riski M.pd
1 min read

Pengertian Repeater

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Access Point

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Hub

Riski M.pd
2 min read

Perangkat Lunak

Riski M.pd
3 min read

Pengertian ROM

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *