Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Komputer

2 min read

Komputer adalah alat yang saat ini sudah bukan menjadi barang yang langka dan hanya dimiliki oleh orang tertentu saja melainkan hampir semua orang memilikinya.

Secara garis besar, komputer adalah alat pengolah data dan informasi menggunakan rumus tertentu, desain khusus yang bisa memudahkan pekerjaan.

Untuk ulasan lebih lengkapnya, silahkan simak pengertian komputer yang telah di ulas oleh Cryptowi di bawah ini.

Pengertian Komputer Secara Umum

Pengertian-Komputer-Secara-Umum

Jika dilihat dari asal katanya, computere berarti alat yang digunakan untuk melakukan proses perhitungan menggunakan rumus aritmatika.

Mampu mengubah semua komponen yang ada sehingga menghasilkan output informasi yang bisa dikelola oleh manusia.

Terdiri dari tiga elemen yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna).

Pada prinsipnya, ada 4 fungsi dari komputer yaitu data processing (pengolahan data) yang mampu menghasilkan suara, objek, video, gambar ataupun grafik.

Kemudian data storage yaitu menyimpan dan mengambil data ke dalam sistem dan pengguna bisa membukanya kembali kapan saja.

Terakhir adalah data movement yang memungkinkan pemindahan antara satu komputer ke komputer atau alat lainnya yang mendukung.

Terakhir berfungsi sebagai kontrol yaitu pemasukan (input), proses dan pengeluaran (output).

Komputer mempunyai banyak komponen pendukung dan hanya menetap di satu tempat, berbeda dengan laptop yang bisa dibawa kemana-mana.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian-Komputer-Menurut-Para-Ahli

Para ahli terdahulu di bidang teknologi komunikasi dan informatika juga turut andil dalam pendefinisian komputer.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Robert H Blissmer

Blissmer mendefinisikan komputer sebagai sebuah alat elektronik yang bisa mengerjakan beberapa perintah atau tugas. Contohnya adalah mengolahnya menyediakan output dalam bentuk informasi, menyimpan perintah, hingga menerima input sesuai dengan programnya

2. Donald H. Sanders

Definisi dari Sanders sedikit lebih kompleks, komputer merupakan sistem elektronik yang dirancang secara tepat untuk memanipulasi data, otomatis menerima, menyimpan input dan memprosesnya sesuai dengan instruksi program yang sebelumnya sudah diorganisasikan sedemikian rupa.

3. Fouri

Hampir sama dengan kedua tokoh di atas, Fouri mendefinisikan komputer sebagai sebuah alat pemroses data yang bisa melakukan penghitungan dalam jumlah besar menggunakan logika dan aritmatika. Komputer berperan meminimalisir campur tangan manusia dalam pemrosesan datanya, namun tetap dibutuhkan dalam operasional.

4. Elias M. Awad

Pengertian komputer menurut Elias M. Awad adalah alat hitung yang bisa memproses daya dan menyajikannya dalam bentuk digital dan analog.

5. Larry dan Nancy Long

Mereka berdua memberikan definisi komputer sebagai alat yang cukup lengkap, mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah yang sudah terprogram sedemikain rupa, melakukan perhitungan, operasi logika dan menghasilkan output berupa informasi.

Bisa dibuktikan sendiri dengan excel yang bisa otomatis melakukan perhitungan hanya dengan memasukkan rumus sederhana. Jadi itu dia beberapa definisi yang dinyatakan oleh para ahli.

Perangkat Komputer

Perangkat-Komputer

Komputer mempunyai 3 jenis perangkat utama yaitu software, hardware dan brainware (manusia).

Namun yang paling urgent untuk dijelaskan adalah hardware, software serta beberapa slot yang bisa digunakan.

Perhatikan dengan baik dan benar agar lebih paham :

1. Perangkat Keras (Hardware), yang terdiri dari:

✓  CPU sebagai pemroses dan unit pengolahan data.

✓  RAM untuk menyimpan data sementara, fungsinya sama dengan handphone, semakin banyak aplikasi yang diinstal maka kapasitas RAM akan berkurang.

✓  Perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari pemrosesan CPU. Contohnya adalah monitor, proyektor, printer, sound, speaker, plotter dan lain sebagainya.

✓  Media penyimpanan semi permanen yang disebut dengan hard drive.

✓  Perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan dan memproses data seperti keyboard, tablet, mouse dan lainnya.

2. Perangkat Lunak (Software) yang fungsinya sebagai sistem pendukung atau operasi, menerjemahkan semua instruksi sehingga bisa diterima oleh hardware, terdiri dari:

✓  Sistem operasi yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh pembuat.

✓  Program dasar komputer sebagai penghubung antara pengguna dan hardware. Di Indonesia yang paling sering digunakan adalah Windows, Linux serta Mac OS. Tugasnya untuk mengeksekusi perintah program, pemrosesan memori, instalasi dan koordinasi input output.

✓  Program komputer bawaan yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman kinerja.

✓  Aplikasi tambahan yang sudah dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

3. Slot Komputer untuk menambah fitur dan beragam perintah lainnya yang diinginkan oleh pengguna. Contohnya adalah:

✓  USB yang bisa dimasukkan ke media plug and play dan bisa langsung memainkan file yang tersimpan di dalamnya. Baik itu foto, video atau dokumen.

✓  IDE/SCSI/SATA yaitu slot untuk hard drive

✓  AGP/PCIe untuk memasukkan kartu tambahan grafis dan ISA/PCI untuk kartu tambahan non grafis.


Simak juga: √ [Lengkap] Pengertian Database: Secara Umum & Para Ahli


Bagaimana apakah Anda sudah paham betul pengertian komputer beserta perangkatnya.

Kelebihan komputer adalah proses input dan output yang lebih cepat dibandingkan dengan laptop. Namun kekurangannya, ketika listrik mati maka laptop juga ikut mati. Penggunaannya tergantung kebutuhan, komputer biasanya digunakan oleh perusahaan sedangkan laptop perseorangan.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *