Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Kinerja

3 min read

Umumnya, setiap lembaga, kantor, perusahaan, dan organisasi sangat memperhatikan SDM yang dimilikinya, dan biasanya melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja SDM tersebut.

Hal ini karena kinerja SDM merupakan salah satu faktor penentu bagi suatu lembaga/perusahaan dalam mencapai tujuan.

Tapi apa sih sebenarnya pengertian kinerja itu sendiri? Silahkan simak ulasan lengkapnya dari Cryptowi dibawah ini.

Pengertian Kinerja Adalah

Pengertian-Kinerja-Adalah


Kinerja adalah kependekan dari “kinetika energi kerja”, yang berasal dari kata “performance” (bahasa Inggris). Kata performance sendiri merujuk pada dua hal, yaitu job performance dan actual performance. Keduanya memiliki arti yang hampir sama, yaitu penyelesaian suatu tugas dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan.


Simak Juga: Pengertian Jasa

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian-Kinerja-Menurut-Para-Ahli

Ada banyak pengertian kinerja yang bisa Anda temukan di internet.

Beberapa di antaranya terlihat sama, namun ada juga yang dikemas dalam kalimat/kata berbeda.

Contohnya adalah pengertian kinerja menurut beberapa ahli berikut:

1. Sjafri Mangkuprawira dan Musa Hubeis

Menurut kedua ahli ini, definisi kinerja adalah hasil akhir dari operasi pekerjaan tertentu yang dilakukan secara terencana di tempat dan pada waktu tertentu oleh pegawai dan organisasi yang bersangkutan.

2. Anwar Prabu Mangkunegara

Anwar Prabu Mangkunegara mendefinisikan kinerja sebagai sebuah hasil kerja (baik secara kuantitas maupun kualitas) dari seorang pegawai dalam menangani tugas-tugasnya sesuai dengan kewajiban yang telah diberikan.

3. Gary Dessler (2000:41)

Gary Dessler menyebutkan kinerja sama dengan prestasi kerja, yang hasil akhirnya dihitung dengan membandingkan hasil pekerjaan dengan tolok ukur yang sudah ditetapkan.

4. Paul Hersey dan Kenneth Blanchard

Pengertian kinerja menurut Paul dan Kenneth adalah suatu hasil yang didapat dari kemampuan dan motivasi yang dimiliki seseorang dalam membereskan pekerjaan atau tugas-tugasnya.

5. Harold D. Stolovitch

Penjelasan Harold D. Stolovitch tentang kinerja adalah seperangkat hasil yang didapat dari tindakan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang diminta.

6. Erica J. Keeps

Erica J. Keeps mengartikan kinerja sebagai pencapaian tugas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, yang mencakup akurasi, kelengkapan, biaya, dan kecepatan.

7. James L. Gibson, John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly

Menurut tiga ahli ini, pengertian kinerja adalah kemampuan seseorang dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan tingkat keberhasilannya tinggi dalam melaksanakan suatu tugas.

Simak Juga: Pengertian Ilmu

Pengertian Kinerja karyawan

Pengertian-Kinerja-karyawan

Definisi kinerja karyawan mengacu pada bagaimana seorang pekerja (karyawan) berperilaku di tempat kerja dan seberapa baik ia melakukan tugas/pekerjaan yang diberikan.

Perilaku di sini dijabarkan sebagai efektivitas, kualitas, dan efisiensi kerja di tingkat tugas.

Setiap perusahaan/organisasi biasanya menetapkan target kinerja untuk karyawan, dengan harapan agar bisnisnya dapat menawarkan nilai bagus kepada pelanggan/konsumen, meminimalkan pengeluaran, dan beroperasi secara efisien.

Menetapkan target atau standar kinerja sangat penting dilakukan karena kinerja individu dapat mempengaruhi kinerja tim dan perusahaan.

Misalnya, jika Anda memiliki karyawan yang tidak dapat mengikuti atau yang melakukan pekerjaan di bawah standar, maka pekerja lain mungkin harus membantunya atau pekerjaan tersebut harus dikerjakan ulang.

Kinerja buruk seperti ini akan membuat perusahaan kesulitan memuaskan pelanggan, yang tentu akan berdampak negatif pada keuntungan, reputasi perusahaan, dan mungkin penjualan.

Sedangkan kinerja tinggi dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dan hasil yang tinggi secara konsisten dari waktu ke waktu.

Menurut David C. Mcclelland, karakteristik pekerja yang memiliki kinerja tinggi adalah:

✓   Memiliki rasa tanggung jawab dan kepemimpinan yang tinggi

✓   Dapat memotivasi diri sendiri dan karyawan lain agar melakukan yang terbaik untuk proyek-proyek yang ada.

✓   Memiliki tujuan yang jelas, terukur, dan berorientasi pada tindakan (tidak sekedar bicara).

✓   Siap menghadapi segala konsekuensi dari setiap keputusan yang diambil.

✓   Memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni.

✓   Memanfaatkan setiap kesempatan/peluang yang ada


Simak Juga: Pengertian Analisis

Indikator Kinerja Secara Umum

Indikator-Kinerja-Secara-Umum

Menurut seorang profesor sekaligus penulis cerdas Amerika yang bernama Stephen P. Robbins, indikator kinerja secara umum adalah sebagai berikut:

✓   Komunikasi: komunikasi yang akurat, tepat, dan profesional adalah indikator penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dan keterampilan komunikasi yang bagus ditunjukkan oleh kemampuan untuk mengeluarkan arahan yang jelas dan ringkas, responsif, dan sangat minim melakukan kesalahan bahasa (tertulis maupun lisan).

✓   Kualitas: karyawan dapat menyelesaikan tugas dan proyek tepat waktu dan setara dengan standar yang diinginkan atau diminta.

✓   Ketepatan waktu: karyawan menunjukkan dedikasi yang besar untuk pekerjaan dengan tidak melampaui deadline tugas atau datang terlambat.

✓   Kuantitas: jumlah pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh seorang individu.

✓   Efektivitas: kemampuan menggunakan sumber daya yang ada secara optimal.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja

Faktor-yang-Mempengaruhi-Kinerja

Bagaimana kinerja karyawan Anda setiap hari dalam bisnis Anda akan berdampak pada keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda.

Dan sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah:

✓   Lingkungan Kerja: harus dirancang dengan baik untuk mendukung karyawan memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, dan keahliannya. Setiap pegawai harus diperlakukan sebagai individu dan bukan mesin.

✓   Motivasi: dorongan untuk seseorang melakukan suatu tindakan. Motivasi memiliki efek berganda, yaitu pada peningkatan kemampuan dan hasil kerja.

✓   Kompetensi: selain motivasi, kompetensi juga merupakan kontributor penting bagi kinerja individu. Kompetensi berarti sejauh mana seseorang menganggap dirinya mampu melakukan pekerjaan.

✓   Kemampuan: persepsi seseorang tentang pengetahuan dan keterampilannya untuk melakukan pekerjaan.

✓   Sumber daya: sumber daya organisasi/perusahaan dapat berupa fisik (infrastruktur, tata letak pabrik, dll.), atau psikologis (pelatihan, pengembangan, kompensasi, hubungan pekerja-manajemen, kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dll.).

✓   Faktor tim: anggota tim yang saling mendukung atau malah menjatuhkan sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.


Istilah kinerja memang kerap digunakan dalam berbagai percakapan, oleh berbagai kalangan dan hampir di semua bidang, tapi sepertinya tidak semua orang benar-benar mengerti maknanya. Agar lebih mudah mengingat, pengertian kinerja secara singkat adalah suatu prestasi kerja yang dicapai oleh seseorang.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Surat Resmi

Danar
4 min read

Pengertian Jasa

Danar
3 min read

Struktur Cerpen

Danar
5 min read

Pengertian Ilmu

Danar
2 min read

Pengertian Analisis

Danar
3 min read

Contoh Kwitansi

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *