Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Jaringan Komputer

2 min read

Jika dahulu komputer hanya digunakan untuk kepentingan pendidikan dan pemerintahan, saat ini keadaannya sudah berbeda. Hampir semua aktivitas manusia dibantu olehnya, baik itu bekerja, pendaftaran, pembayaran dan lain-lain.

Namun pernahkah Anda berpikir mengenai pengertian jaringan komputer secara lengkap, jenis, manfaat dan fungsinya?

Untuk mengetahui lengkapnya silahkan simak ulasannya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

Pengertian-Jaringan-Komputer-Secara-Umum

Dinamakan jaringan, itu artinya ada hubungan atau keterikatan lebih dari satu benda.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem untuk memfasilitasi beberapa komputer agar dapat berbagi sumber daya seperti printer dan CPU. Tujuannya agar dapat berkomunikasi dan mengakses informasi yang dibutuhkan.

Pengertian lainnya adalah sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam satu set teknologi.

Di dalamnya terdapat sekumpulan alat (termasuk hardware) tambahan, tugasnya untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, saling bertukar informasi dan data.

Jaringan komputer dibagi menjadi tiga pihak.

Pertama adalah yang meminta layanan, kedua pemberi layanan disebut dengan klien dan pengirim yaitu server.

Desain tersebut hampir digunakan seluruh aplikasi pada jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian-Jaringan-Komputer-Menurut-Para-Ahli

Para ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi juga turut memberikan pengertian tentang jaringan komputer, berikut ini penjelasannya:

1. Izaas El Said

Izaas adalah pakar jaringan komputer, ia mendefinisikannya sebagai sebuah sistem yang membuat sekumpulan komputer saling terhubung. Tujuannya untuk berbagi sumber daya dan informasi.

2. Madcoms

Menurut Madcoms, pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan dari beberapa peralatan penunjang dan komputer. Semuanya saling terhubung dalam sebuah kesatuan dan saling terkoneksi.

3. Melwin Syafrizal

Syafrizal merupakan pakar dari AMIKOM Yogyakarta, ia memberikan pengertian bahwa jaringan komputer merupakan himpunan interkoneksi antara dua atau lebih komputer autonomous. Bisa terhubung satu dengan lainnya jika menggunakan media dengan transmisi kabel atau wireless.

4. Ensiklopedia

Jaringan komputer adalah sebuah sistem, terdiri dari beberapa komputer yang sengaja didesain untuk berbagi sumber daya, mengakses informasi secara bersama-sama dan berkomunikasi antara satu dengan lainnya.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam-Jaringan-Komputer

Jaringan komputer bisa ditinjau dari beberapa aspek dan diklasifikasikan berdasarkan jenisnya.

Pertama yang akan dibahas adalah berdasarkan luas jangkauannya seperti:

1. LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup sebagian kecil wilayah. Contohnya adalah rumah, sekolah, kampus, gedung atau kantor.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Beberapa LAN bergabung menjadi satu yang disebut dengan MAN. Jangkauannya mencapai 10-50 km, merupakan pilihan yang tepat jika ingin membangun kantor-kantor dalam satu kota, atau pabrik dengan instansi pusat yang ada dalam jangkauannya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah sangat besar. Contohnya yaitu jaringan antar negara, wilayah atau kota. WAN membutuhkan saluran komunikasi publik dan router agar bisa beroperasi.

4. Internet

Internet adalah jaringan komputer yang sifatnya mendunia. Memungkinkan kegiatan transfer data atau file menjadi lebih mudah dan cepat.

Nah jika dilihat berdasarkan fungsinya, maka dibagi menjadi beberapa poin di bawah ini:

5. Client Server

Merupakan jaringan komputer yang harus ada perangkat khusus di dalamnya. Komputer server dan client harus ada di dalam jaringan client-server dengan fungsinya masing-masing.

Server bertugas untuk menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan client adalah pihak yang menggunakan sumberdaya tersebut.

6. Peer to Peer

Peer to Peer merupakan jaringan komputer, yang mana seluruh perangkatnya memiliki basis yang sama. Dalam artian semua komputer bisa bertindak sebagai client ataupun server dalam waktu bersamaan.

Terakhir adalah media transmisi yang dibagi menjadi dua macam:

7. Wire Network

Wire Network merupakan jaringan komputer dengan media kabel sebagai penghantarnya yang peranannya sangat penting untuk mengangkut data atau informasi. Terdapat beberapa pilihan kabel yang bisa digunakan, diantaranya adalah Twisted Pair (TP), fiber optic atau coaxial.

8. Wireless (tanpa kabel)

Wireless adalah jaringan komputer dengan media transmisi tanpa kabel. Sebagai gantinya menggunakan gelombang radio, bluetooth, inframerah, microwave dan lain sebagainya. Wireless bermanfaat untuk kebutuhan mobilitas data yang cukup tinggi dan banyak.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat-Jaringan-Komputer

Di era modern ini yang mana manusia ingin semuanya berjalan lebih cepat, maka jaringan komputer merupakan alat yang banyak manfaatnya seperti:

✓  Dapat digunakan untuk sharing sumberdaya (data, peripheral dan program lainnya).

✓  Dapat digunakan sebagai media komunikasi multimedia yang efektif.

✓  Dapat digunakan untuk memanajemen sumber daya secara lebih efisien dan cepat.

✓  Digunakan untuk penyampaian informasi yang lebih terpadu dan terpusat, sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

✓  Digunakan untuk menjaga keamanan data dengan hak akses yang terbatas.

✓  Lebih menghemat biaya pemeliharaan, pengembangan dan transportasi

✓  Mampu mempertahankan informasi agar tetap kredibel dan update.


Fungsi Jaringan Komputer

Fungsi-Jaringan-Komputer

Secara singkat, fungsi jaringan komputer melindungi data dan informasi sehingga meminimalisir resiko kehilangan.

Tapi ternyata tidak hanya itu, jaringan komputer juga berfungsi sebagai :

✓  Peningkat transfer data sehingga lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya

✓  Penjaga segala informasi dan data agar tidak hilang

✓  Penghemat uang karena kegiatan dan pengiriman berkas sehari-hari menjadi lebih efektif. Cukup dengan menghadap komputer dan membuka surat elektronik, maka Anda sudah bisa mengirimkan atau menerima dokumen yang dibutuhkan.


Simak juga: √ 9 Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak Dengan Mudah


Pengertian jaringan komputer di atas memang cukup simpel yaitu kumpulan dari beberapa komputer yang saling terkait dan bertukar informasi. Dibagi menjadi beberapa jenis baik dari segi luas jangkauan, fungsi dan media transformasi.

Manfaatnya sudah jelas, Anda bisa menyimpan data dengan aman, pengiriman berkas lebih efektif dan menjaga rahasia yang sangat penting.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Apa Itu Deep Web?

Danar P.
3 min read

Pengertian Flashdisk

Danar P.
2 min read

Pengertian Webcam

Danar P.
2 min read

Pengertian LAN MAN WAN

Danar P.
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar P.
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *