Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Internet

2 min read

Jaringan internet saat ini hampir dibutuhkan oleh semua orang, baik yang ada di pelosok ataupun yang ada di kota. Digunakan untuk banyak hal seperti sosial media, browsing pengetahuan, kelas online, rapat dan lain-lain.

Namun pernahkah Anda berpikir apa sih sebenarnya pengertian internet menurut para ahli, umum, sejarah serta perkembangannya?

Mari simak ulasan detailnya di Cryptowi berikut ini.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian-Internet-Menurut-Para-Ahli

Di era post modern saat ini, keberadaan internet terus dikembangkan, tidak hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia.

Beberapa ilmuwan turut memberikan sumbangan pikiran dalam definisi internet itu sendiri.

Siapa saja kira-kira? Simak beberapa poin di bawah ini:

1. Allan

Allan memberikan definisi terbaru tentang internet pada tahun 2005, Ia menyebutnya sebagai sekumpulan jaringan yang saling berkaitan dan terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Rangkaian itu memiliki kemampuan untuk menguraikan sekaligus membaca berbagai perintah komunikasi yang dikenal dengan nama IP dan TCP.

IP (internet protocol) sendiri didefinisikan sebagai spesifikasi sederhana mengenai dua atau lebih komputer yang saling menukar informasi.

Sederhananya, IP ini berupa kode-kode tertentu yang harus dimasukkan agar bisa terhubung ke jaringan.

2. Oetomo

Menurut Oetomo, internet merupakan singkatan dari international network, yaitu sebagai sebuah jaringan yang sangat besar, di dalamnya terdapat jaringan turunan/kecil yang juga saling terhubung antara satu dengan lainnya. Ia menjelaskan lebih lanjut lagi bahwa jaringan besar tersebut mencakup seluruh negara di dunia.

3. Strauss, El Ansary dan Frost

Mereka memberikan definisi tentang internet pada tahun 2003. Menurutnya, internet merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling berhubungan. Masing-masing memiliki file yang bisa diakses dan digunakan, contohnya adalah website, blog dan lain sebagainya.

4. Onno W. Purba

Definisi dari Onno W. Purba termasuk yang paling singkat. Ia menjelaskan bahwa internet merupakan sebuah media yang bertugas untuk membuat proses komunikasi menjadi lebih efisien.

Caranya disambungkan dengan beberapa aplikasi seperti Email, Web, dan VoIP. Dari beberapa definisi di atas apakah sudah bisa dipahami?

Pengertian Internet Secara Umum

Pengertian-Internet-Secara-Umum

Pengertian internet secara umum adalah jaringan yang menghubungkan sebuah media elektronik dengan alat lainnya.

Para ahli sepakat bahwasanya di dunia ini ada standar pendukung teknologi yang dipakai secara global yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (internet Protocol) yang mana keduanya berfungsi sebagai prosedur pertukaran paket.

Semua itu bisa digunakan oleh miliaran penduduk dunia. Sedangkan istilah internetworking berarti proses atau cara bagaimana rangkaian jaringan tersebut bisa diterapkan berdasarkan aturan yang telah berlaku.

Cara kerjanya yaitu menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia dan berperan sebagai pusat berkembangnya informasi.

Sejarah Internet

Sejarah-Internet

Sebagai pengguna internet, Anda juga harus paham bagaimana sejarah awalnya, dari mana mulai diciptakan dan siapa pencetusnya.

Dimulai pada tahun 1960, pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang sudah mendelegasikan ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk membentuk sebuah sistem jaringan bernama ARPANET sebagai bibit teknologi internet.

Baru kemudian pada tahun 1980, internet secara resmi dipakai oleh kalangan tertentu dengan tujuan menghubungkan berbagai universitas yang ada di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982 mulai muncul standar TCP/IP, semakin berkembang tahun 1984 yang ditandai munculnya domain.

Setelah itu, Amerika Serikat juga mendirikan NSFNET (National Science Foundation Network) sebagai pengganti ARPANET.

Perannya sebagai wadah riset terkait jaringan internasional dan menghubungkannya menjadi satu.

Kabar gembira hadir pada tahun 1990 yang mana informasi tidak hanya berupa teks saja melainkan WWW (World Wide Web) yang dikembangkan oleh CERN.

3 tahun kemudian, tepatnya 1993 InterNIC mulai didirikan serta melayani pendaftaran nama domain bagi siapapun yang ingin mengembangkan bisnis di bidang internet.

Lalu kira-kira kapan sih internet masuk ke Indonesia?

Perkembangan Internet

Perkembangan-Internet

Sebenarnya, internet masuk di Indonesia mulai tahun 1983 yang diperkenalkan oleh Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia, mereka menamainya dengan Uinet.

Pada waktu itu, para tokoh Indonesia mendirikan Paguyuban Network yang bekerjasama dengan para anggota pengembang teknologi.

Internet tersebar luas ketika Departemen Pendidikan mengembangkannya tidak hanya di UI tapi juga di ITB, UGM, ITS, IPB dan Universitas Hasanuddin.

Beberapa tokoh yang sudah disebutkan di sub pembahasan sebelumnya adalah pengembang paling legendaris mulai tahun 1992 hingga 1994. Saat ini banyak sekali temuan kreasi internet yang sudah bisa diakses melalui smartphone.

Lebih lanjut lagi, kecepatan akses data sudah ditingkatkan kecepatannya untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.

Masyarakat lebih bebas berselancar entah itu menonton video, sosial media, browsing, bekerja, belanja dan masih banyak lagi aktivitas yang tidak bisa disebutkan satu persatu.


Simak juga: √ Pengertian Program (Lengkap) Secara Umum Dan Para Ahli


Bagaimana apakah Anda sudah memahami dengan benar apa itu pengertian internet, sejarah dan perkembangannya di negara tercinta? Kira-kira apa yang akan Anda lakukan setelah mengetahuinya? Apakah ingin menjadi seorang developer website atau membuka bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet?


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Perangkat Lunak

Danar
3 min read

Pengertian Sistem Operasi

Danar
2 min read

Pengertian File

Danar
2 min read

Pengertian Data

Danar
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar
2 min read

Cara Memilih Hosting Terbaik

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *