Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Integritas

2 min read

Kata integritas pastinya sudah tidak asing lagi, sering disebut pada beberapa kesempatan, pidato kenegaraan dan pelajaran baik di sekolah atau perguruan tinggi.

Tapi banyak yang belum memahami esensinya dengan benar dikarenakan belum paham betul pengertian integritas beserta contohnya.

Oleh karena itu, Anda harus menyimak bacaan dari Cryptowi berikut ini dari awal hingga akhir.

Pengertian Integritas Adalah

Pengertian-Integritas-Adalah

Integritas sering kali dikaitkan dengan moral, prinsip atau kejujuran dalam diri seseorang. Semua itu harus dilakukan agar konsisten dalam menjalani segala aspek dalam kehidupan.

Sedangkan pengertian luasnya adalah kepribadian seseorang yang selalu bertindak secara utuh baik dalam perbuatan ataupun perkataan dan sesuai dengan kode etik atau nilai yang berlaku di masyarakat.

Kata integritas berasal dari bahasa latin “integer” yang mengandung makna mempertahankan prinsip, keteguhan sikap yang digunakan untuk landasan hidup dan senantiasa melekat pada diri seseorang sebagai nilai moral atau kode etik yang dipegang.

Secara keseluruhan mencakup sifat, keadaan, mutu yang menunjukkan kesatuan yang utuh, sehingga memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Berbicara integritas tidak hanya terpaku pada retorika saja tapi lebih dari itu dibutuhkan kredibilitas dan segudang karakter yang berpegang teguh pada nilai moral.

Tujuannya untuk membentuk seseorang menjadi pemimpin baik untuk dirinya sendiri atau orang lain.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Pengertian-Integritas-Menurut-Para-Ahli

Anda harus memahami dengan baik dan benar pengertian integritas. Oleh karena itu, perlu melihat sudut pandang dari para ahli dalam mendefinisikannya.

Yuk cek beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Henny Cloud

Henny Cloud memberikan sumbangan pemikiran bahwa integritas merupakan sesuatu yang berkaitan dengan keaktifan dan keutuhan seseorang sebagai gelar manusia. Ia harus mampu menjalankan fungsi dengan benar sesuai yang sudah dirancang sebelumnya.

2. Andrias Harefa

Menurut Andrias, integritas merupakan kunci dari sebuah kehidupan, dapat diamati secara langsung. Implementasi seseorang yang mempunyai integritas adalah jujur, berkomitmen dan melakukan sesuatu dengan konsisten.

3. Stephen R. Covey

Stephen memberikan pembeda antara integritas dan kejujuran, yang mana kejujuran adalah menyampaikan kebenaran sesuai dengan kenyataannya. Sedangkan integritas adalah pembuktian tindakan sesuai dengan ucapan yang sudah dilontarkan. Seseorang dengan integritas tinggi akan menjunjung kejujuran, keaslian dirinya, tanggung jawab dan dedikasi.

4. Jacobs

Jacobs memberikan definisi tentang integritas pada tahun 2004 yakni penekanan konsistensi pribadi, moral dan kejujuran.

5. Ippho Santoso

Integritas menurut Ippho adalah menyatunya perkataan, perbuatan dan pikiran untuk mendapatkan sebuah reputasi dan kepercayaan. Dilakukan secara utuh dan sepenuh-penuhnya.

6. Butler dan Cantrell

Menurut Butle dan Cantrell integritas adalah sebuah reputasi seseorang yang bisa dipercaya dalam konteks sebuah organisasi, lembaga atau instansi.

Pengertian Integritas Bangsa

Pengertian-Integritas-Bangsa

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan di atas, sebuah bangsa harus mempunyai integritas kepada negaranya.

Lalu apa sih maksud sebenarnya? Integritas bangsa diartikan sebagai sebuah kesatuan dari berbagai macam budaya atau kelompok sosial dalam sebuah wilayah.

Semua membaur menjadi satu dengan prinsip yang berbeda tapi tujuan yang sama.

Selain itu, integrasi bangsa merupakan sebuah cerminan kesatuan penduduk wilayah di mata dunia.

Pengertian lainnya adalah bersatunya masyarakat, kelompok, suku, golongan, komunitas untuk mencapai visi, misi atau tujuan tertentu.

Bagaimana tujuan tersebut dianggap baik dan bermanfaat bagi semua bangsa.

Secara konsep, integritas bangsa memang sudah baik, tapi pada implementasinya sering kali tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti munculnya kelompok dengan pemahaman yang berbeda, kurangnya kepercayaan pada pemerintah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Integritas

Contoh-Integritas

Banyak sekali contoh integritas yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Contoh integritas Dalam Diri

✓  Selalu datang tepat waktu, tidak terlambat dan membiasakan diri sebagai cerminan orang yang konsisten, komitmen dan menghargai waktu yang dimiliki oleh diri sendiri dan orang lain.

✓  Menyampaikan dengan jelas komitmen yang tidak bisa dilakukan, integritas memang berkaitan dengan kejujuran dan kesanggupan mengerjakan sesuatu hal. Jika memang tidak bisa maka harus disampaikan di awal agar orang di sekitar tidak merasa kecewa.

2. Integritas di Tempat Kerja

✓  Mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, menuntut kesempurnaan dan tidak setengah-setengah.

✓  Setia kepada perusahaan dan berjanji untuk melaksanakan segala aturan yang dibuat oleh pemimpin.

✓  Bertindak secara adil dan jujur dalam setiap kesempatan.

3. Integritas di ranah Negara

✓  Melaksanakan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh toleransi, adil dan bersatu.

✓  Menghormati semua agama, kelompok atau golongan yang ada di Indonesia.

✓  Setia pada pemerintah dengan mencoba menjadi rakyat yang baik, menyampaikan aspirasi dengan benar dan tidak membuat kejahatan.


Simak juga: √ Pengertian Administrasi (Lengkap) Secara Umum & Para Ahli


Sekarang Anda sudah paham kan apa pengertian integritas baik secara umum, menurut para ahli dan apa saja implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Jika sudah, laksanakan dengan baik agar terciptanya keharmonisan sehingga tujuan bisa tercapai.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Macam-Macam Ideologi

Danar
3 min read

Ideologi Pancasila

Danar
3 min read

Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Danar
2 min read

Demokrasi Pancasila

Danar
2 min read

Demokrasi Liberal

Danar
2 min read

Sejarah BPUPKI

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *