Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Implementasi

3 min read

Lebih dari sekedar aktivitas, implementasi merupakan kegiatan yang mengacu pada perencanaan yang dilaksanakan dengan serius menggunakan norma-norma tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Agar lebih memahami istilah ini, berikut berbagai pengertian implementasi menurut sejumlah ahli serta tujuan dan contohnya.

Pengertian Implementasi Adalah

Pengertian-Implementasi-Adalah

Implementasi adalah bentuk kata benda dari kata kerja bahasa Inggris “implement”, yang berarti “melaksanakan atau menyelesaikan”. Istilah ini biasanya sering digunakan untuk merujuk pada rencana atau tindakan organisasi, baik dalam bidang bisnis maupun pemerintahan.

Secara umum, definisi dari implementasi adalah gambaran suatu proses pengubahan rencana secara formal.

Rencana ini seringkali berupa konseptual yang sangat rinci dan akan mempengaruhi banyak orang.

Dalam kata lain, implementasi merupakan sarana untuk melaksanakan sesuatu dengan dampak yang menyertainya.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Implementasi-Menurut-Para-Ahli

Istilah implementasi diartikan secara berbeda oleh sejumlah ahli seperti berikut ini:

1. Wheelen

Implementasi adalah pelaksanaan atau praktik dari suatu rencana, metode, desain, ide, model, spesifikasi, standar, atau kebijakan apa pun untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, implementasi merupakan tindakan yang harus mengikuti pemikiran awal agar sesuatu benar-benar terjadi.

2. Hunger

Implementasi adalah proses membuat sesuatu menjadi aktif atau efektif.

3. Guy Kawasaki

Implementasi adalah perangkat pendukung untuk rencana strategis. Implementasi memetakan bagaimana mewujudkan rencana strategis Anda dengan memecahnya menjadi langkah-langkah yang dapat diidentifikasi, dan setiap langkah diberikan kepada anggota tim untuk diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.

4. Van Meter

Implementasi adalah proses memindahkan ide dari konsep menjadi kenyataan.

5. Mazmanian

Implementasi adalah menempatkan sebuah rencana ke dalam tindakan atau dimulai dengan penggunaan sesuatu.

6. Sabatier

Implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok swasta, instansi pemerintah, atau pejabat tertentu sesuai dengan keputusan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7. Van Horn

Implementasi adalah proses penerapan keputusan atau rencana eksekusi.

8. Prana Wastra

Implementasi adalah keputusan pengadilan atau keputusan formal dari negara untuk mengubah sesuatu yang sebelumnya sudah ditetapkan.

9. Wildavsky & Pressman (1873)

Implementasi sering digunakan di dunia teknologi untuk menggambarkan interaksi elemen dalam bahasa pemrograman, yaitu mengenali dan menggunakan elemen kode atau sumber daya pemrograman yang ditulis ke dalam program.

10. Totnanatzky (1982)

Implementasi adalah tindakan melaksanakan rencana, keputusan, atau metode, dengan langkah-langkah yang terdokumentasi untuk mencapai tujuan tertentu.

11. Whitten, Bentle, & Barlow

Rencana implementasi biasanya dibuat untuk mendukung rencana strategis suatu organisasi untuk mencapai tujuan atau membuat keputusan tertentu. Rencana strategis ini dibuat untuk memandu keputusan bisnis, usaha bisnis baru, proyek, atau inisiatif yang akan diterapkan di masa mendatang.

Setelah organisasi memetakan rencana strategis, rencana implementasi dibuat untuk memetakan bagaimana mewujudkan rencana strategis.

Rencana implementasi kemudian memecah tugas menjadi langkah-langkah yang dapat diidentifikasi, memberikan tugas dan tanggung jawab kepada orang-orang yang terlibat, kemudian membuat garis waktu yang pasti untuk keseluruhan proyek.

Pengertian Implementasi Pancasila

Pengertian-Implementasi-Pancasila


Implementasi pancasila adalah norma etik yang perlu diterapkan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Simak juga: √ Pengertian Komunikasi: Tujuan, Proses, Manfaat & Fungsi


Pengertian Implementasi Keperawatan

Pengertian-Implementasi-Keperawatan


Implementasi keperawatan adalah adalah serangkaian langkah yang melibatkan tindakan atau pelaksanaan aktual dari intervensi keperawatan dalam membantu / menangani pasien kesehatan.


Simak juga: √ [Lengkap] Pengertian Pendidikan: Secara Umum & Para Ahli


Contoh Implementasi Adalah

Contoh-Implementasi-Adalah

Contoh implementasi paling sederhana adalah dalam bidang kebijakan publik dan bisnis, seperti:

✓   Perusahaan / kantor yang memiliki / memperkerjakan karyawan harus memberikan fasilitas BPJS yang diterbitkan oleh pemerintah

✓   Pasien yang kurang mampu perlu diberikan obat generik oleh tenaga medis.

✓   Keluarga pra sejahtera berhak mendapatkan KIS (Kartu Indonesia Sehat) sebagai bagian dari Jaminan Kesehatan Nasional Pemerintah Indonesia.

✓   Strategis implementasi dalam konteks bisnis biasanya melibatkan pengembangan ide dan pelaksanaan rencana pemasaran baru untuk membantu meningkatkan penjualan produk perusahaan kepada konsumen.


Tujuan Implementasi

Tujuan-Implementasi

Tujuan umum dari rencana implementasi adalah untuk mengimplementasikan strategi organisasi secara efektif dan meletakkan proses langkah demi langkah untuk membawa proyek kepada kesuksesan.

Sedangkan tujuan implementasi secara khusus adalah sebagai berikut:

1. Membuat Kejelasan

Menulis rencana implementasi memberi Anda kejelasan pemikiran yang lebih baik dan meningkatkan pemahaman Anda sendiri tentang proyek yang sedang dikerjakan.

Ketika Anda dipaksa untuk memikirkan semuanya, Anda akan lebih mampu mendokumentasikan serta mengkomunikasikan rencana tersebut kepada anggota tim, manajemen atas, dan mengajak semua orang untuk bergabung.

2. Menjaga Rencana Tetap Pada Jalurnya

Rencana implementasi Anda menetapkan dengan tepat tugas apa yang perlu dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa yang perlu melakukannya, serta membuat semua orang tetap terlibat dan menghilangkan segala jenis kebingungan atau keraguan.

Ketika setiap orang mengetahui apa peran dan tanggung jawabnya, lebih mudah untuk membuat rencana tersebut tetap berada pada jalurnya.

3. Meningkatkan Kerjasama

Mengerjakan proyek membutuhkan kerjasama dan kolaborasi banyak karyawan. Semakin baik kerjasama antar anggota tim, semakin baik sinergi dan eksekusi secara keseluruhan.

Dengan membuat dan mengkomunikasikan rencana implementasi Anda, Anda tidak hanya dapat menetapkan tanggung jawab kepada anggota tim tapi juga dapat mendidik mereka tentang bagaimana pekerjaan mereka dapat mempengaruhi pekerjaan rekan-rekan dan bahkan mempengaruhi visi perusahaan.

4. Agar Memperoleh Dukungan Atasan

Rencana implementasi yang diteliti secara menyeluruh dan didefinisikan dengan baik dapat membuat Anda mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan dan mitra utama yang terlibat dalam proyek, dan apa pun pencapaian Anda dan dapat terus mendapatkan dukungan itu berkali-kali.


Simak juga: √ Pengertian Strategi (Lengkap) Secara Umum Dan Para Ahli


Perencanaan diperlukan untuk memetakan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda, dan pelaksanaan rencana tersebut akan berhasil dengan menerapkan implementasi. Artinya, suatu organisasi akan berhasil karena implementasi yang baik, bukan hanya rencana bisnis yang baik.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Kajian Pustaka

Danar
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *