Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Ilmu

2 min read

Kata “ilmu” mungkin mengingatkan Anda pada banyak gambaran yang berbeda, seperti pelajaran sekolah, buku teks super tebal, jas laboratorium putih dan mikroskop, seragam universitas, seorang astronom yang mengintip melalui teleskop, persamaan Einstein tertulis di papan tulis, dll.

Semua gambaran tersebut mencerminkan beberapa aspek ilmu yang memiliki banyak sisi. Namun, apa sebenarnya pengertian ilmu?

Silahkan simak ulasan lengkapnya dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Ilmu

Pengertian-Ilmu-

Istilah ilmu berasal dari kata Latin Scientia / Scio / Scire yang berarti “pengetahuan”.


Dan dalam arti luas, ilmu adalah setiap basis pengetahuan sistematis atau praktik preskriptif yang mampu menghasilkan prediksi. Ilmu pengetahuan juga dapat dipahami sebagai teknik atau praktik yang sangat terampil.


Kata ilmu juga muncul dalam bahasa Arab, yang berasal dari kata Alima, yang juga memiliki arti “pengetahuan”. Definisi ilmu sebenarnya sangat beragam.

Beberapa pengertiannya secara umum adalah sebagai berikut:

♠   Ilmu adalah berbagai macam pengetahuan dan fenomena-fenomenanya dalam bentuk penjelasan dan prediksi yang dapat diuji.

♠   Ilmu didefinisikan sebagai pengamatan, identifikasi, deskripsi, investigasi eksperimental, dan penjelasan teoritis dari fenomena alam.

♠   Definisi ilmu adalah pengetahuan yang meliputi kebenaran umum dari operasi hukum umum, terutama yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah dan yang berkaitan dengan dunia fisik.

♠   Ilmu pengetahuan adalah cabang pengetahuan atau studi yang berurusan dengan kumpulan fakta atau kebenaran yang disusun secara sistematis dan menunjukkan operasi hukum umum: misalnya, ilmu matematika.

♠   Ilmu juga didefinisikan sebagai pengetahuan sistematik dari dunia fisik atau material yang diperoleh melalui pengamatan dan eksperimen.


Apa pun definisinya, tujuan ilmu hanya satu, yaitu menghasilkan model realitas yang berguna, yang mencakup kebenaran umum atau hukum dasar.

Ilmu dapat dibagi menjadi cabang-cabang yang berbeda berdasarkan subjek studinya, yang biasanya dikelompokkan menjadi tiga cabang utama sebagai berikut:

✓   Ilmu alam: cabang ilmu yang berkaitan dengan deskripsi, prediksi, dan pemahaman fenomena alam (mempelajari alam dalam arti luas) berdasarkan hukum alam dan dunia fisik. Contohnya: ilmu biologi, kimia, dan fisika.


✓   Ilmu sosial: cabang ilmu yang didedikasikan untuk studi tentang masyarakat dan hubungan antar individu dalam masyarakat tersebut. Cabang ilmu ini mempelajari bagaimana orang berinteraksi satu sama lain, berperilaku, berkembang sebagai budaya, dan mempengaruhi dunia. Contohnya adalah ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi, hukum, politik, bahasa, antropologi, dan banyak lagi.


✓   Ilmu-ilmu formal: cabang ilmu yang mempelajari konsep-konsep abstrak yang berkaitan dengan sistem formal, seperti ilmu matematika, ilmu logika, komputer teoritis, statistik, kecerdasan buatan, linguistik teoritis, teori sistem, teori keputusan, teori permainan, dan sebagainya.

Simak Juga: Pengertian Analisis

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Pengertian-Ilmu-Menurut-Para-Ahli

Seperti yang sudah disebutkan, jika Anda mencari definisi ilmu pengetahuan di Google, Anda akan melihat banyak arti berbeda menurut sejumlah pendapat dan tergantung dari bidang apa.

Hal ini karena ilmu pengetahuan adalah bidang yang sangat luas dengan begitu banyak hal yang terjadi, sehingga menciptakan definisi yang tidak sama.

Contohnya adalah definisi ilmu menurut beberapa ahli berikut:

1. Robert Ackerman

Robert Ackerman mendefinisikan istilah ilmu dalam satu bidang sebagai sebuah kajian tajam mengenai pendapat-pendapat ilmiah dan perbandingan terhadap parameter-parameter yang dikembangkan dari gagasan tertentu. Robert mengatakan bahwa ilmu pengetahuan didapatkan dari studi atau latihan.

2. Lewis White Beck

Lewis White Beck berpandangan bahwa istilah ilmu digunakan untuk sekelompok orang yang membicarakan dan mengevaluasi sistem-sistem ilmiah. Baginya, ilmu juga merupakan suatu jalan untuk mendapatkan pengetahuan baru.

3. Cornelius Benjamin

Menurut Cornelius, ilmu adalah cabang pendidikan fikrah yang merupakan kajian terstruktur mengenai berbagai pengetahuan, terutama tentang tata cara atau metode, persepsi, pendapat, serta berbagai informasi umum mengenai cabang-cabang pengetahuan intelektual. Cornelius berkata, “Intinya, ilmu adalah pencarian abadi untuk pemahaman yang cerdas dan terintegrasi dari dunia tempat kita hidup”.

4. Michael V. Berry

Bagi Michael V. Berry, definisi ilmu adalah pemeriksaan khusus tentang nalar interen dari hipotesis-hipotesis ilmiah dan hubungan-hubungan antara teori dengan percobaan (atau biasa disebut dengan istilah “metode ilmiah”).

5. Peter Caws

Peter Caws mengutarakan bahwa ilmu merupakan salah satu bentuk usaha dalam melakukan pencarian pengetahuan-pengetahuan baru yang bermanfaat bagi umat manusia.

6. Psillos dan Curd (2008)

Menurut pendapat Psillos dan Curd, ilmu adalah pemikiran yang berkaitan dengan perkara-perkara filosofis dan mendasar dari sebuah wawasan.

7. Dalton dkk. (2007)

Menurut Dalton dan rekan-rekannya, istilah ilmu mengacu pada kepercayaan/keyakinan seseorang akan dasar wawasan ilmiah dan esensi sistem dalam memperoleh suatu wawasan, serta mencari tahu hubungan antara ilmu dengan tingkah laku manusia.

8. Rudner (1966)

Sementara itu, Rudner menganggap bahwa filsafat ilmu adalah salah satu segmen dari epistemologi (teori pengetahuan) yang merupakan ajaran yang berpusat pada ciri khas pengetahuan ilmiah.

Simak Juga: Pengertian Jasa

Pengertian Ilmu Menurut Islam

Pengertian-Ilmu-Menurut-Islam

Para sarjana Muslim telah mengembangkan spektrum sudut pandang tentang filsafat ilmu dalam konteks Islam, yang berdasar pada Al-Quran dan hadist.

Dalam Islam, istilah ilmu sering didefinisikan sebagai pengejaran pengetahuan dan pemahaman tentang dunia sosial dan alam mengikuti metodologi sistematis dan berdasarkan bukti.


Menurut Islam, ilmu adalah sistem untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan empirisme, eksperimen, dan naturalisme metodologis, serta merupakan tubuh pengetahuan manusia yang terorganisir yang diperoleh dari penelitian. Banyak Muslim setuju bahwa mencari/mempelajari ilmu adalah tindakan kebajikan keagamaan, bahkan tugas kolektif komunitas Muslim.


Simak Juga: Pengertian Teknologi

Ilmu di lingkungan sekolah terkadang tampak seperti kumpulan fakta-fakta statis dan rumit yang tercantum dalam buku teks.

Namun, ada juga ilmu-ilmu lain tak tertulis yang mengasyikan untuk dipelajari. Mempelajari berbagai macam ilmu adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dan mengetahui tentang pengertian ilmu pada artikel ini juga termasuk pengetahuan baru.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh Surat Resmi

Danar
4 min read

Pengertian Kinerja

Danar
3 min read

Pengertian Jasa

Danar
3 min read

Struktur Cerpen

Danar
5 min read

Pengertian Analisis

Danar
3 min read

Contoh Kwitansi

Danar
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *