Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Pengertian Iklan

4 min read

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata iklan, dengan kemajuan teknologi saat ini iklan makin banyak berseliweran disekitar kita baik yang ditayangkan dan disiarkan melalui media elektronik maupun non elektronik.

Iklan ini dibuat dengan tujuan tertentu, baik untuk menarik calon konsumen hingga demi kebutuhan tertentu.

Supaya bisa lebih paham, sebaiknya simak ulasan pengertian iklan dari menurut beberapa ahli berikut ini.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Pengertian-Iklan-Menurut-Para-Ahli

1. Rhenald Khasai

Rhenald mengemukakan pendapatnya bahwa iklan adalah suatu pesan yang disampaikan untuk menawarkan suatu produk, baik barang maupun jasa, yang ditujukan untuk khalayak luas melalui media.

2. Rachmat Kriyanto

Pengertian iklan adalah pesan mengenai suatu produk yang disampaikan lewat media dengan biaya tertentu untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

3. Suhandang

Iklan merupakan salah satu teknik komunikasi massa untuk menyebarkan informasi mengenai suatu barang atau jasa yang dikenakan biaya tertentu.

4. Gilson dan Berkman

Iklan adalah media komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi atau membujuk masyarakat yang berguna untuk pemasaran suatu produk tertentu.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Iklan merupakan berita atau pesan yang dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk mendorong dan membujuk masyarakat agar tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan disampaikan melalui media komunikasi masa seperti surat kabar, majalah, tayangan televisi, siaran radio, maupun dengan ditempel pada tempat-tempat umum.

Dari pendapat yang dikemukakan beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian iklan dan contohnya adalah media untuk menyampaikan penawaran suatu produk atau jasa yang bersifat persuasif melalui media massa, contohnya iklan komersial atau iklan niaga, poster, reklame, baliho, dan lain-lain.

Baca Juga: √ Pengertian Penelitian

Iklan dan Contohnya

Iklan-dan-Contohnya

Setelah mengetahui pengertian iklan, Anda juga perlu mengetahui tentang jenis dan contoh iklan.

Berikut adalah contoh iklan.

1. Iklan Slogan

Iklan slogan adalah salah satu contoh iklan yang menggunakan kalimat pendek dan singkat yang digunakan sebagai dasar tuntunan dan pegangan hidup.

Slogan atau yang biasa disebut dengan motto atau semboyan adalah salah satu contoh iklan yang mengutamakan penggunaan kalimat yang hemat dan padat, namun memiliki pesan mendalam.

Iklan slogan biasanya tidak menggunakan gambar ilustrasi atau visualisasi yang menarik, namun hanya berupa tulisan saja.

Contoh dari iklan slogan misalnya slogan “Hemat Pangkal Kaya” yang berarti kita harus hemat dan jangan menghambur-hamburkan uang atau slogan “Dua Anak Cukup!” yang berarti memiliki dua anak saja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

2. Iklan Poster

Iklan poster adalah iklan yang terdiri dari kalimat pesan dan gambar ilustrasi yang berisi tentang pengenalan suatu produk, pemberitahuan mengenai suatu hal, yang bertujuan untuk memberitahukan dan membujuk masyarakat.

Poster dapat Anda temui di tempat-tempat umum. Poster biasanya dipajang atau ditempelkan pada tiang listrik atau tembok.

Untuk bisa menarik perhatian masyarakat, poster dibuat semenarik mungkin dengan memadukan bahasa yang menarik, singkat, padat, dan jelas, serta visualisasi atau gambar ilustrasi yang indah dan sesuai dengan isi iklan.

Contoh iklan poster misalnya iklan pertunjukan teater, festival seni dan kebudayaan, konser musik, lomba menggambar dan mewarnai, dan lain-lain.

Tujuan Iklan

Tujuan-Iklan

  • Untuk mengenalkan dan memberikan informasi suatu produk barang atau jasa kepada masyarakat
  • Untuk membujuk masyarakat agar tertarik untuk menggunakan dan membeli produk yang diiklankan
  • Untuk meningkatkan pemasaran atau penjualan suatu produk
Baca Juga: √ Pengertian Stakeholder

Fungsi Iklan

Fungsi-Iklan

  • Sebagai tempat atau wadah mengenai informasi produk, baik barang maupun jasa yang ditawarkan melalui iklan
  • Sebagai alat komunikasi untuk mengenalkan, menyebarluaskan, dan memasarkan suatu produk, sehingga pihak pemasang iklan, pembuat iklan, dan konsumen diuntungkan dari iklan tersebut.

Melalui iklan Anda dimudahkan dalam mengakses dan memperoleh informasi mengenai suatu barang atau jasa. Iklan juga akan membantu Anda memperoleh informasi terbaru mengenai suatu program, kegiatan, atau acara tertentu yang disiarkan melalui media massa yang ada.

Baca Juga: √ Pengertian Supervisor

Ciri Ciri Iklan

Ciri-Ciri-Iklan

Ciri-ciri iklan yang efektif adalah yang memiliki fitur berikut:

1. Jangkauan maksimum

Iklan harus dilakukan sedemikian rupa dan melalui media sedemikian rupa sehingga orang yang mungkin menjadi pelanggan pada satu waktu mencapai jumlah maksimum.

Oleh karena itu penimbunan di jalan raya nasional, atau publisitas tentang kereta api atau bus angkutan umum adalah media yang baik untuk tujuan ini.

2. Ekonomis

Anggaran yang dihabiskan untuk iklan harus terbukti ekonomis dengan pesan yang tersebar luas menghasilkan hasil yang baik dalam bentuk semakin banyak permintaan dan penjualan.

3. Menarik Pelanggan

Kata-kata, frasa yang digunakan, ide-ide yang menampilkan produk atau layanan harus dapat menarik perhatian publik dan menarik pelanggan sebanyak mungkin setiap saat.

4. Dapat meyakinkan orang

Salah satu tujuan penting dari periklanan adalah untuk membuat orang percaya pada apa yang Anda katakan atau sampaikan melalui iklan.

Itu harus memiliki efek persuasif, menimbulkan keingintahuan di benak pelanggan untuk melihat, mencoba produk yang Anda tampilkan melalui iklan dan harus berhasil meyakinkan prospek tentang fitur dan utilitas yang baik.

Jadi iklan harus mampu meyakinkan orang-orang melalui statistik, atau pengalaman yang diriwayatkan oleh pelanggan yang puas atau mendapatkan pengakuan dalam bentuk beberapa penghargaan untuk fitur terbaiknya.

5. Layak dipercaya

Iklan harus berbicara hanya tentang kebenaran produk. Tidak membuat gambar yang salah, tidak relevan atau sama sekali berbeda dari produk asli.

6. Mengikuti praktik periklanan standar

Sementara kehati-hatian iklan harus dilakukan untuk memastikan bahwa itu layak dalam segala hal, iklan tidak boleh menyebabkan kerusakan sosial apa pun atau mengakibatkan ledakan sentimen terhadap produk atau perusahaan atau cara publisitasnya. Standar etika yang ditetapkan dalam garis aturan iklan harus dipatuhi.

Materi Iklan

Materi-Iklan

Periklanan adalah taktik pemasaran yang melibatkan pembayaran ruang untuk mempromosikan produk, layanan, atau alasan. Pesan promosi yang sebenarnya disebut iklan.

Tujuan dari iklan adalah untuk menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar bersedia membayar untuk produk atau layanan perusahaan dan membujuk mereka untuk membeli.

Meskipun periklanan adalah satu-satunya cara untuk menjamin bahwa pesan Anda akan dilihat atau didengar, itu mahal jika dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya. Alasannya adalah, iklan lebih populer di perusahaan besar dan bermerek daripada hanya sekedar bisnis kecil.

Ketika mencoba memusatkan perhatian pada target untuk orang yang lebih cenderung membutuhkan atau menginginkan barang atau jasa Anda, Anda mungkin melihat karakteristik demografis, seperti:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tingkat pendidikan
  • Tingkat pendapatan

Dengan lebih jelas mendefinisikan siapa target pelanggan Anda, Anda dapat lebih memilih kendaraan iklan yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan target Anda dengan lebih sedikit uang.

Sementara itu, industri periklanan terbentuk dari perusahaan yang beriklan, agensi yang membuat iklan, media yang membawa iklan, dan sejumlah orang.

Seperti penyalin salinan, visualisator, manajer merek, peneliti, kepala kreatif dan perancang yang membawanya sejauh mungkin ke pelanggan atau penerima. Perusahaan yang perlu mengiklankan dirinya atau produknya menyewa agen periklanan.

Perusahaan memberi pengarahan kepada agensi mengenai merek, citra, cita-cita dan nilai-nilai di baliknya, segmen target, dan sebagainya. Agensi mengubah ide dan konsep untuk membuat visual, teks, tata letak dan tema untuk berkomunikasi dengan pengguna.

Setelah persetujuan dari klien, iklan ditayangkan sesuai pemesanan yang dilakukan oleh unit pembelian media agensi. Iklan selalu ada, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya. Di dunia sekarang ini, iklan menggunakan setiap media yang memungkinkan untuk menyampaikan pesannya.

Jenis Iklan

Jenis-Iklan

1. Iklan yang berorientasi produk

Ini adalah bentuk periklanan yang paling umum. Iklan berorientasi produk mengacu pada semua jenis iklan yang mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

Contoh: iklan televisi McDonald yang mempromosikan burger baru.

Selain informasi tentang suatu produk, jenis iklan ini juga dapat menawarkan perbandingan langsung atau tidak langsung antara produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing. Ini disebut sebagai iklan komparatif.

Contoh iklan komparatif adalah iklan Apple yang membandingkan komputer Mac dengan komputer PC.

2. Iklan gambar

Iklan gambar mengacu pada iklan yang mempromosikan perusahaan itu sendiri secara keseluruhan, bukan produk tertentu.

3. Advokasi iklan

(Juga dikenal sebagai: iklan urusan publik, iklan masalah publik, iklan sudut pandang, iklan opini, iklan musuh, dan iklan kontroversi). Iklan advokasi mengacu pada iklan yang membahas masalah tertentu yang menjadi perhatian publik.

Iklan advokasi biasanya diproduksi oleh organisasi nirlaba dan dibuat dengan maksud mempengaruhi opini publik tentang masalah politik atau sosial tertentu.

Iklan advokasi sesekali juga digunakan oleh bisnis. Misalnya bisnis dapat membuat iklan advokasi baik dalam perjanjian atau ketidaksetujuan dengan undang-undang yang dapat mempengaruhi bisnis mereka

4. Iklan layanan publik

Iklan layanan publik Juga dikenal sebagai pengumuman layanan masyarakat atau pengumuman layanan komunitas.

Iklan layanan masyarakat mengacu pada iklan yang menginformasikan dan mendidik khalayak tentang masalah sosial tertentu daripada sekedar mempromosikan produk.

Iklan layanan masyarakat juga mengacu pada iklan yang dibuat dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mereka umumnya dibuat oleh organisasi nirlaba dan membahas masalah sosial atau politik tertentu.

Iklan layanan publik berbeda dari iklan advokasi karena mereka diizinkan berjalan secara gratis oleh media.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan palang merah yang mempromosikan donor darah.

Demikian ulasan dengan detail mengenai pengertian iklan dan fungsinya dari Cryptowi, semoga dapat bermanfaat.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar Seorang yang Senang dan Giat dalam Belajar ❤ Terutama di Dunia Pendidikan ❤ Yang Mempunyai Hobi Membaca dan Suka Berbagi ❤.

Contoh SOP

Danar
2 min read

Pengertian Puasa

Danar
2 min read

Contoh Review Jurnal

Dhinda
13 min read

Contoh Kajian Pustaka

Danar
3 min read

Contoh Batasan Masalah

Danar
2 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Danar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *