Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Flashdisk

2 min read

Anda pasti sering menggunakan benda kecil bernama flashdisk. Namun, tahukah Anda pengertian flashdisk, sejarahnya, fungsi flashdisk, cara kerjanya, serta manfaat flashdisk?

Pada kesempatan kali ini Cryptowi akan mengulasnya dengan detail, sehingga Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan di atas.

Pengertian Flashdisk Adalah

Pengertian-Flashdisk-Adalah

Flashdisk merupakan sebuah perangkat keras yang dikategorikan sebagai alat penyimpanan data untuk sementara. Flashdisk ini mirip dengan RAM yang juga menyimpan data untuk sementara. Flashdisk berukuran kecil, sehingga mudah untuk dibawa ke manapun Anda pergi.

Alat penyimpanan data ini hadir dalam berbagai pilihan kapasitas, baik kapasitas penyimpanan rendah maupun kapasitas penyimpanan tinggi.

Perangkat penyimpanan data ini bisa diintegrasikan dengan sebuah port USB yang terdapat di komputer dan laptop Anda.

Tidak seperti optical disk, flashdisk berukuran lebih kecil serta bersifat removable yang berarti bisa Anda lepas dan pasang lagi.

Selain itu, data di dalam flashdisk bisa ditulis ulang atau dihapus melalui berbagai sistem operasi seperti Windows atau Mac OS.

Pengertian Flashdisk Menurut Para Ahli

Pengertian-Flashdisk-Menurut-Para-Ahli

Menurut para ahli di bidang komputer, flashdisk adalah sebuah perangkat jenis memori flash dengan tipe NAND yang mampu menyimpan banyak jenis data.

Flashdisk terintegrasi dengan USB atau universal connectivity serial bus. Dalam bahasa Inggris, flashdisk disebut sebagai USB flash drive.

Flashdisk memiliki metode penyimpanan yang memanfaatkan sistem non-volatile. Hal ini berarti flash disk mampu menyimpan berbagai data tanpa adanya bantuan listrik.

Anda bisa menggunakan perangkat penyimpanan ini untuk keperluan kerja atau keperluan pribadi Anda sendiri.

Pengertian Flashdisk OTG

Pengertian-Flashdisk-OTG

Apa itu flashdisk OTG? Kata OTG merupakan singkatan dari On-The-Go. OTG adalah standarisasi perangkat yang dilakukan, sehingga perangkat tersebut bisa tersambung dengan flashdisk. Hal ini memungkinkan perangkat tersebut untuk membaca data secara langsung dari flashdisk.

Jika sebelumnya flashdisk hanya bisa dibuka di perangkat komputer dan laptop, berkat bantuan OTG flashdisk bisa dibuka di perangkat seluler seperti smartphone.

Sekarang ini, banyak smartphone yang canggih dirancang untuk mendukung fasilitas OTG.

Sejarah Flashdisk

Sejarah-Flashdisk

Mengenai sejarah ditemukan dan berkembangnya flashdisk, berikut beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui tentang sejarah dari flashdisk:

✓  Pada permulaan tahun 1980, teknologi yang bernama flash memory diciptakan oleh seorang ahli teknologi dari Jepang, Fujio Masuoka.

✓  Pada tahun 1999, sebuah perusahaan bernama M-System dari Israel mendapatkan hak paten yang pertama untuk pembuatan flashdisk.

✓  Pada tahun 2000, IBM menjadi produsen flashdisk pertama di Amerika Serikat. Pada waktu itu, flashdisk yang IBM jual berkapasitas 8 MB saja.

✓  Pada tahun 2002, flashdisk dan teknologinya mulai berkembang dan mulai mempunyai kecepatan transfer yang lebih tinggi, yaitu hingga 480 Megabit per detik berkat interface USB 2.0.

✓  Pada tahun 2010, interface yang baru mulai muncul yaitu USB 3.0. Dengan interface terbaru ini, flashdisk mampu menjalankan pemindaian data dengan kecepatan sampai 5 Gigabit per detik.

✓  Pada tahun 2015, Kingston memberikan perkembangan yang luar biasa kepada flashdisk dengan menyediakan flashdisk berkapasitas 1 Terabyte.

Mengetahui pengertian flashdisk dan sejarahnya saja tidaklah cukup.

Anda juga perlu mempelajari berbagai hal lain tentang flashdisk, seperti fungsinya, cara kerjanya, serta manfaatnya.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu membaca pembahasan di bawah ini hingga tuntas.

Fungsi Flashdisk

Fungsi-Flashdisk

Berikut berbagai fungsi yang dimiliki oleh sebuah flashdisk berukuran kecil:

1. Penyimpanan dan Pemindah Data

Selain menyimpan berbagai data milik Anda, seperti foto, musik, film, dan dokumen, flashdisk juga bisa dimanfaatkan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer yang lain. Tidak seperti CD atau disket, flashdisk benar-benar mudah digunakan untuk memindahkan data.

2. Sebagai Recovery Drive

Gunakan sebuah flashdisk yang memiliki kapasitas memadai sebagai sebuah recovery drive. Hal ini akan sangat berguna jika suatu saat nanti komputer Anda tiba-tiba mengalami kerusakan.

Ikuti petunjuk yang disediakan oleh Microsoft untuk menjadikan flashdisk sebagai recovery drive. Pastikan Anda menggunakan flashdisk yang kapasitas minimalnya adalah 16 GB.

3. Melakukan Scan untuk Mendeteksi Adanya Virus di Komputer

Anda bisa melakukan hal ini dengan memanfaatkan aplikasi antivirus portable yang Anda simpan di flashdisk. Tidak perlu lagi memasang antivirus tersebut di komputer. Dengan antivirus portable, scan virus bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Cara Kerja Flashdisk

Cara-Kerja-Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan atau memori yang sifatnya non-volatile. Non-volatile sendiri artinya sesuatu yang memerlukan daya atau power untuk bisa berfungsi. Ini berarti, flashdisk memerlukan daya dari alat lain agar bisa digunakan untuk menyimpan dan mengedit data.

Namun, ini tidak berarti bahwa ketika tidak mendapatkan daya dari komputer, maka flashdisk akan menjadi rusak. Meskipun sudah terlepas dari komputer, flashdisk tetap akan menyimpan data dengan aman. Flashdisk akan langsung bisa digunakan ketika terhubung dengan USB interface pada komputer.

Manfaat Flashdisk

Manfaat-Flashdisk

Ada banyak manfaat yang flashdisk miliki di balik ukurannya yang mini tersebut.

Beberapa manfaatnya adalah:

1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Alat untuk Pemasangan Sistem Operasi

Anda bisa menggunakan flashdisk sebagai sebuah media bootable. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah memasang sistem operasi pada komputer, meskipun Anda tidak mempunyai CD sistem operasi tersebut.

2. Bisa Digunakan untuk Menjalankan Berbagai Aplikasi Portable

Selain antivirus, Anda bisa memasukkan aplikasi portable lain ke dalam flashdisk dan menjalankannya di komputer manapun, tanpa perlu melakukan pemasangan aplikasi terlebih dahulu.


Simak juga: √ Pengertian Jaringan Komputer (Macam, Fungsi, Manfaat)


Dengan memahami pengertian flashdisk dan cara kerja serta manfaatnya, Anda mendapatkan tambahan informasi mengenai flashdisk, seperti bahwa alat kecil ini bisa memiliki berbagai fungsi. Bagikan manfaat yang Anda dapatkan ini kepada teman-teman Anda.


Riski M.pd Seorang lulusan magister pendidikan dari salah satu universitas negeri terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian ROM

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Router

Riski M.pd
2 min read

Apa Itu Deep Web?

Riski M.pd
3 min read

Pengertian LAN MAN WAN

Riski M.pd
2 min read

Pengertian Webcam

Riski M.pd
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *