Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Pengertian Fiber Optik

2 min read

Apa maksudnya fiber optik? Bisa jadi pertanyan itulah yang membawa Anda kemari dan membuat Anda penasaran untuk mengetahui pengertian fiber optik lebih dalam.

Beruntung Anda berada di tempat yang tepat. Anda akan menemukan berbagai keterangan penting tentang fiber optik di bawah ini.

Pengertian Fiber Optik Adalah

Pengertian-Fiber-Optik-Adalah

Fiber optik merupakan sebuah jenis kabel khusus yang dibuat dari plastik atau kaca yang benar-benar halus.

Kabel ini kemudian digunakan sebagai sebuah media transmisi, karena kemampuannya untuk mentransmisikan sebuah sinyal cahaya dengan kecepatan yang tinggi.

Ukuran dari fiber optik benar-benar halus dan kecil.

Fiber optik memiliki diameter 120 mikrometer saja. Ukuran ini membuatnya lebih kecil dibandingkan satu helai rambut Anda.

Dengan memanfaatkan pembiasan cahaya, kabel ini mampu menyediakan kecepatan transmisi tinggi.

Dunia telekomunikasi dewasa ini seringkali menggunakan serat optik atau fiber optik ini.

Pasalnya, kabel jaringan yang satu ini mempunyai kecepatan akses tinggi yang sangat bermanfaat dalam saluran komunikasi.

Pengertian Fiber Optik Menurut Para Ahli

Pengertian-Fiber-Optik-Menurut-Para-Ahli

Berdasarkan keterangan Agrawal (2002 : 2), serat optik atau fiber optik merupakan sebuah untaian tipis yang terbuat dari plastik atau kaca.

Untaian tersebut mampu menghubungkan sebuah sumber cahaya dengan tujuannya.

Dalam sebuah sistem komunikasi, serat optik atau fiber optik ini akan menghubungkan transmitter dengan receiver, sehingga komunikasi bisa dilakukan. Fiber optik biasanya menggunakan LED atau laser sebagai sumber cahayanya.

Pengertian Fiber Optik Single Mode

Pengertian-Fiber-Optik-Single-Mode

Fiber optik memiliki dua jenis berbeda. Dasar yang membedakan kedua jenis fiber optik tersebut adalah mode transmisi yang digunakannya.

Jenis pertama merupakan single mode sedangkan jenis kedua disebut dengan multimode.

Apa yang membedakan keduanya?

✓  Serat Optik Jenis Single Mode

Jenis yang pertama ini merupakan kabel jaringan fiber optik yang dilengkapi dengan transmisi tunggal. Ini berarti kabel jaringan tersebut hanya mampu menyebarkan cahaya dengan menggunakan satu inti selama suatu waktu.

Inti dari fiber optik jenis single mode memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu berdiameter 9 mikrometer saja. Inti tersebutlah yang kemudian mentransmisikan suatu gelombang cahaya yang berasal dari sinar infrared atau inframerah, yang panjang gelombangnya antara 1300 dan 1550 nanometer.

✓  Serat Optik Jenis Multimode

Tidak seperti jenis yang sebelumnya, serat optik yang satu ini adalah sebuah kabel yang mampu mentransmisikan cahaya dalam jumlah banyak secara bersamaan.

Hal ini dimungkinkan oleh inti yang berukuran besar yaitu berdiameter 625 mikrometer.

Biasanya, jenis kabel multimode digunakan dalam keperluan komersial, sehingga dapat diakses oleh banyak orang sekaligus.

Serat optik multimode akan mengirimkan sinar infrared dengan panjang gelombang antara 850 hingga 1300 nanometer.

Selain kedua jenis kabel serat optik di atas, ada beberapa tipe dari serat kabel optik yang sering digunakan, seperti tight buffer, breakout cable, self-supporting atau aerial cable, hybrid dan composite cable, armored cable, simplex cable, zip cord cable, dan low smoke zero halogen atau LSZH.

Kelebihan Dan Kekurangan Fiber Optik

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Fiber-Optik

Selain mengetahui pengertian fiber optik, Anda juga perlu mengetahui kekurangan serta kelebihan fiber optic, sehingga Anda bisa memahami perbedaan kabel jenis ini dengan jenis kabel yang lain.

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh kabel fiber optik:

✓  Mempunyai kecepatan transmisi tinggi yang ditandai dengan kapasitas hingga 1 GB per detik.

✓  Terbuat dari bahan plastik dan kaca yang berarti kabel fiber optik mampu bertahan menghadapi karat.

✓  Mampu mentransmisikan data hingga jarak yang jauh meskipun tidak menggunakan bantuan dari penguat sinyal.

✓  Memiliki kabel yang fleksibel dan ukuran yang sangat kecil.

✓  Serat optik tidak memiliki aliran listrik di dalamnya, sehingga kecil kemungkinan terjadinya korsleting dan kebakaran.

✓  Kabel fiber optik menggunakan gelombang cahaya yang membuatnya tidak akan terganggu oleh gelombang radio maupun berbagai gelombang elektromagnetik lainnya.

✓  Karena sifatnya yang minim distorsi, kabel serat optik mempunyai keamanan yang tinggi.

Selain memiliki 7 kelebihan, kabel serat optik sayangnya juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Namun, kekurangan yang dimilikinya tidak sebanyak kelebihan yang disediakan oleh kabel serat optik.

Kekurangannya adalah:

✓  Memerlukan sumber cahaya kuat.

✓  Memiliki biaya pemasangan dan perawatan lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai jenis kabel yang lain.

✓  Pemasangan kabel serat optik harus mengikuti jalur berbelok demi memaksimalkan kelancaran dan kecepatan transmisi cahaya.

Cara Kerja Fiber Optik

Cara-Kerja-Fiber-Optik

Cara kerja kabel serat optik tidak sama dengan cara kerja berbagai jenis kabel yang umum digunakan.

Kebanyakan kabel mentransmisikan data dengan memanfaatkan aliran listrik. Namun, kabel serat optik mengonversikan aliran listrik menjadi aliran cahaya, sehingga proses transmisi bisa berjalan lancar.

Penggunaan aliran cahaya tersebut memungkinkan proses transmisi yang tidak akan terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik.

Kabel serat optik menggunakan serat kaca untuk menyusun kabel dan mendapatkan pantulan cahaya yang tinggi,sehingga data bisa ditransmisikan sejauh mungkin.

Meskipun data ditransmisikan ke jarak yang sangat jauh, kecepatan transmisinya bisa sangat cepat karena pantulan yang diperoleh melalui cahaya berjalan di serat kaca pada sudut yang sangat rendah.

Pantulan cahaya memiliki efisiensi yang bagus berkat kemurnian bahan serat optik.

Semakin murni kaya yang digunakan sebagai bahan kabel serat optik, maka semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik. Penyerapan yang minim tersebut mempu menghasilkan refleksi cahaya yang lebih tinggi.


Simak juga: √ Pengertian Sistem Operasi (Jenis, Contoh, Fungsi & Macam)


Setelah memahami seluruh penjelasan mengenai pengertian fiber optik, jenis-jenisnya, serta kekurangan dan kelebihan fiber optik, Anda bisa mempertimbangkan penggunaannya dalam kegiatan komersial mengingat kualitas jaringan yang disediakannya sangat tahan lama dan super cepat.


Baca juga artikel dari: Farmbos


Danar P. Seorang lulusan sarjana komputer dari salah satu universitas terbaik di yogyakarta, yang gemar berbagi melalui tulisannya, baik tentang pendidikan, ekonomi maupun teknologi.

Apa Itu Deep Web?

Danar P.
3 min read

Pengertian Flashdisk

Danar P.
2 min read

Pengertian Webcam

Danar P.
2 min read

Pengertian LAN MAN WAN

Danar P.
2 min read

Pengertian Aplikasi

Danar P.
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *